Sukses

Microsoft Copilot Kini Bisa Membuat Lagu, Begini Caranya

Microsoft Copilot kini bisa digunakan untuk membuat lagu dengan integrasi aplikasi musik GenAI (AI Generatif) Suno, pengguna bisa berkreativitas, bersenang-senang, dan berkreasi membuat musik sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft Copilot kini bisa digunakan untuk membuat lagu, dibantu oleh aplikasi musik GenAI (AI Generatif) Suno.

Perusahaan mengungkapkan melalui postingan blog Microsoft Bing. Kemitraan ini membuka cakrawala baru untuk kreativitas, kesenangan, dan kreasi musik dapat diakses oleh semua orang.

Dilansir Tech Crunch, Jumat (22/12/2023), pengguna bisa memerintahkan Copilot untuk membuat lagu, seperti “Buat lagu pop tentang petualangan bersama keluarga”.

Dengan memasukkan perintah semacam itu, Suno akan menghasilkan musik sesuai perintah melalui plug-in.

Diketahui, dari satu kalimat, Suno dapat menghasilkan lagu lengkap — termasuk lirik, instrumental, dan suara nyanyian.

Adapun untuk mengakses Suno, pengguna Copilot dapat mengaksesnya melalui Microsoft Edge dengan mengunjungi Copilot.Microsoft.com.

Kemudian  masuk dengan akun Microsoft dan mengaktifkan plug-in Suno atau mengklik logo Suno yang bertuliskan “Buat musik dengan Suno.”

Pengalaman ini akan mulai diluncurkan kepada pengguna mulai hari ini, dan akan ditingkatkan dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara itu, Suno tidak mengungkapkan sumber data pelatihan AI di situs webnya. Perusahaan  juga tidak memblokir pengguna untuk memasukkan perintah untuk menciptakan musik seperti gaya artis tertentu. Hal ini berbeda dari beberapa GenAI musik lainnya.

Suno mengklaim bahwa mereka  berupaya memblokir permintaan tertentu. Misalnya, apabila modelnya tidak mengenali nama artis; dan mencegah pengguna mengunggah lirik lagu yang ada untuk membuat cover.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft Copilot Bakal Dilengkapi GPT-4 Turbo hingga DALL-E 3

Sebelumnya, dalam setahun terakhir, Microsoft telah mengintegrasikan alat kecerdasan buatan (AI) ke Bing Search, Windows, dan rangkaian layanan Office 365 yang mencakup Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan Teams. 

Dan baru-baru ini, perusahaan mengumumkan telah menyatukan layanan AI-nya, termasuk chatbot Bing Chat AI, di bawah satu payung Microsoft Copilot. Demikian dikutip dari Gadgets 360, Sabtu (9/12/2023).

Microsoft juga mengungkapkan sejumlah fitur baru yang akan hadir di Copilot pada tahun 2024.

Microsoft mengumumkan dalam blog-nya bahwa Copilot akan segera didukung oleh model terbaru OpenAI, GPT-4 Turbo. Dengan demikian, Copilot bisa melakukan tugas yang lebih kompleks dan lebih lama. 

Model tersebut saat ini sedang diuji dan akan diintegrasikan di seluruh layanan Copilot dalam beberapa minggu mendatang. Artinya, pendamping Copilot AI (sebelumnya Bing Chat) di Web, Windows, dan layanan Microsoft lainnya akan berjalan di GPT-4 Turbo.

Selain itu, Copilot juga mendapatkan model DALL-E 3 baru untuk pembuatan gambar. Kemampuan pembuatan gambar yang ditingkatkan ini telah diluncurkan dan dapat diakses melalui bing.com/create.

Bersamaan dengan itu, Microsoft mengumumkan bahwa pengguna Edge akan bisa menulis teks berdasarkan halaman Web. Dengan Inline Compose menu penulisan ulang, pengguna dapat memilih blok teks di Situs Web mana pun dan meminta Copilot untuk menulis ulang.

Perusahaan juga memperluas kemampuan pencarian visual dengan menggabungkan GPT-4 dengan vision pencarian gambar Bing dan data pencarian web.

Kemampuan baru ini dijuluki Multi-Modal dengan Search Grounding. Ini bisa menampilkan pemahaman gambar yang lebih baik untuk pertanyaan pengguna.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Kembangkan Fitur Deep Search dan Code Interpreter

Selain itu, perusahaan juga mengembangkan fitur Penerjemah Kode (Code Interpreter) dan alat Pencarian Mendalam (Deep Search) untuk Bing.

Fitur ini diklaim akan mampu melakukan penghitungan, pengkodean, analisis data, visualisasi, matematika, dan banyak lagi yang lebih akurat.

Sementara itu, perusahaan saat ini sedang mengumpulkan masukan mengenai Code Interpreter dan bermaksud untuk segera meluncurkannya secara luas.

Adapun untuk Deep Search, perusahaan mengklain bahwa fitur ini akan memberikan hasil pencarian yang dioptimalkan di Bing untuk topik yang kompleks. 

Deep Search tersedia dalam bentuk tombol di sebelah bilah Pencarian Bing. Disebutkan, alat ini akan memberikan hasil pencarian lebih relevan dengan memperluas kueri ke dalam deskripsi yang lebih komprehensif.

Sebelumnya, Microsoft juga sudah mengumumkan bahwa asisten AI Copilot akan hadir di Windows 10. Setelah sebelumnya Microsoft Copilot diintegrasi dengan Windows 11 sebagai bagian dari pembaruan pada bulan September 2023. Pembaruan ini juga menghadirkan fitur AI ke Paint dan Snipping Tool.

4 dari 4 halaman

Microsoft Mulai Uji Copilot di Windows 10

Untuk diketahui, pengguna Windows 10 kini bisa mencoba preview Copilot yang sebelumnya hanya tersedia di Windows 11.

Copilot di Windows 10 disebut mirip dengan tampilan di Windows 11. Ada tombol di sisi kanan taskbar yang memungkinkan pengguna mengakses chatbot AI (kecerdasan buatan) tersebut.  

Meski demikian, ada beberapa perbedaan dalam fiturnya. Beberapa skill atau tindakan Copilot untuk Windows 11, tidak tersedia di Windows 10.

Rencananya, preview Copilot di Windows 10 akan dirilis global secara bertahap di berbagai pasar termasuk Amerika Utara, sebagian Asia, dan Amerika Selatan. 

Dijelaskan, Microsoft Copilot ini akan tersedia untuk Windows 10 edisi Home dan Pro. Pengguna Windows 10 yang tertarik menjajal Copilot di versi 22H2 bisa mendapatkan akses melalui Release Preview Channel di Windows Insider Program for Business.

Adapun untuk mengetahui cara penggunaan Copilot di Windows 10, pengguna bisa melakukan langkah-langkah berikut.

  • Untuk mulai menggunakan Copilot, pengguna dapat mengklik ikon Copilot yang terletak di taskbar.
  • Langkah ini akan membuka jendela obrolan, memungkinkan pengguna memasukkan pertanyaan atau permintaan.
  • Kemudian, Copilot akan merespons dengan memberikan informasi atau saran terkait.
  • Pengguna juga memiliki opsi berinteraksi dengan Copilot menggunakan perintah suara dengan mengklik ikon mikrofon di dalam jendela obrolan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini