Sukses

Debat Capres 2024: Jingle Pemilu Tuai Pujian Warganet, Catchy dan Gemoy Banget

Debat capres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU, dan diawali dengan jingle pemilu yang menjadi viral di media sosial X Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Capres-Cawapres 2024 pada hari ini, Selasa (12/12/2023) malam ini mencuri perhatian banyak pihak, terutama warganet di ranah media sosial.

Meski debat Capres 2024 masih berjalan, ternyata banyak netizen X Twitter ramai membicarakan jingle Pemilu 2024.

Berjudul "Memilih untuk Indonesia", lagu ini ternyata dibuat dan dinyanyikan oleh Kikan, vokalis band Cokelat. Sontak, lagu ini langsung menuai pujian dari banyak warganet di X.

Tak hanya itu, ada juga pengguna X Twitter baru tahu tentang dirilisnya jingle Pemilu 2024. Seperti apa reaksi netizen? Simak cuitan mereka di bawah ini.

"Ternyata Pemilu 2024 ada jinglenya," tulis akun @m**** di platform media sosial milik Elon Musk itu.

"Jingle Pemilu 2024 kok bagus ya?," ucap @f****.

Akun @e**** menulis, "Jingle Pemilu 2024 ini gimmick khas Indonesia bgt sattt 🤣🤣🤣."

"Jingle Pemilu 2024 is quite catchy, especially this part “Kita memilih untuk Indonesia," ujar @H****.

Pengguna X Twitter dengan akun @L**** mencuitkan, "Jingle pemilu 2024 genrenya pop punk.. Wkwkwk."

"JINGLE PEMILU 2024 HAS NO BUSINESS TO HIT THAT HARD W*F. THAT DRUM BEAT AT THE BEGINNING... FOLLOWED BY THE RIFFS.... SICK A*, IT MIGHT AS WELL TOP MY NEXT YEAR'S SPOTIFY WRAPPED IF IT'S RELEASED THERE🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩 @CokelatBand👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻👏🏻," cuit @t****.

Informasi, makna lagu jingle pemilu 2024 ini sendiri memiliki makna yang erat kaitannya tentang semangat demokrasi.

Pesan dari lagu ini mempertegas bahwa pemilu merupakan panggilan untuk berpartisipasi dalam menentukan arah dari masa depan negara Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lirik Jingle Pemilu 2024

Mantan vokalis grup band Cokelat Kikan Namara, saat memainkan peran Dayang Sumbi. (Foto: Istimewa)

Tiba waktunya untuk gunakan hak pilih kita

Salurkan aspirasi bersama demi bangsa

Teguh percaya suara kita sangat berharga

Menentukan arah masa depan Indonesia

Langsung umum bebas rahasia

Jujur dan adil

Sebagai sarana integrasi bangsa

Ayo rakyat Indonesia

Bersatu langkahkan kaki

Menuju bilik suara Rabu 14 Februari

Ayo rakyat Indonesia

Beri kontribusi nyata

Raih asa bersama

Kita memilih untuk Indonesia

Tiba waktunya untuk gunakan hak pilih kita

Salurkan aspirasi bersama demi bangsa

Teguh percaya suara kita sangat berharga

Menentukan arah masa depan Indonesia

Langsung umum bebas rahasia

Jujur dan adil

Sebagai sarana integrasi bangsa

Ayo rakyat Indonesia

Bersatu langkahkan kaki

Menuju bilik suara Rabu 14 Februari

Ayo rakyat Indonesia

Beri kontribusi nyata

Raih asa bersama

Kita memilih untuk Indonesia

Kita memilih untuk Indonesia….

3 dari 4 halaman

Warganet Sudah Perang Tagar di Twitter

Ini menjadi kali pertama ketiga Calon Presiden memaparkan secara langsung visi dan misi mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Debat Capres 2024 pertama digelar pada Selasa (12/12/2023) malam ini memang sudah menarik perhatian publik, baik di dunia nyata hingga ranah media sosial.

Seperti pada debat Capres-Cawapres sebelumnya, masyarakat di Tanah Air dapat menyaksikan ketiga calon pasangan Presiden 2023, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pada sesi debat pertama Capres-Cawapres 2024 ini, hanya masing-masing calon presiden yang akan menyampaikan gagasan dan visi-misi sesuai tema.

Meski begitu, masing-masing Cawapres 2024 seperti Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD juga ikut menghadiri debat Capres-Cawapres hari ini.

Selain menyimak penampilan dan argumen dari tiga pasangan calon di berbagai saluran penyiaran, warganet ikut meramaikan acara debat Capres-Cawapres 2024 di media sosial, khususnya di X Twitter.

Terbukti, acara debat Capres-Cawapres 2024 dimulai "perang" tagar untuk pasangan Capres dan Cawapres pun sudah trending topic di Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com via Trends24, Selasa (12/12/2023), tagar dan keyword Jelas MasBowoGibran Tegas, #GanjarSikatKorupsi sudah trending di Twitter.

Sementara itu, tagar untuk pasangan nomor urut 1, yaitu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar masih "hilang" dari ranah media sosial milik Elon Musk itu.

4 dari 4 halaman

Cuitan Warganet Ramai di X Twitter

Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) saat debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Beragam tagar dan kata kunci terkait dengan ketiga Capres 2024 pun sudah ramai bermunculan, dan memenuhi lini masa Twitter.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

"Pokoknya ya cuma ganjar yang anti korupsi dan tegas sama pungli, yang lain mah mana berani, pokoknya ganjar aja #GanjarSikatKorupsi," kata @A**** di Twitter.

"Tidak main-main, mboten korupsi mboten ngapusi sudah dibuktikan di Jawa Tengah dan mengakar sampai masyarakat pedesaan #GanjarSikatKorupsi," ucap @B****.

Akun Twitter @J**** menulis, "Yes, kebijakan Jelas MasBowoGibran Tegas akan memastikan jalan yang lebih sederhana serta terjangkau untuk rakyat ketika menginginkan keadilan di pengadilan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti."

"Support pemberantasan koruptor. Jelas MasBowoGibran Tegas hendak meningkatkan transparansi pd sistem aturan dan ketentuan di kebijakkan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti," ujar @p****.

Perang tagar adalah salah satu cara untuk menunjukkan dukungan atau kritik terhadap capres dan cawapres yang sedang berdebat. Dengan menggunakan tagar tertentu, warganet dapat menyampaikan pendapat, saran, atau meme yang berkaitan dengan debat capres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.