Sukses

YouTube Music 2023 Recap Dirilis, Pengguna Bisa Dapat Album Art Khusus

YouTube Music merilis rangkuman aktivitas pengguna selama setahun terakhir melalui fitur 2023 Recap.

Liputan6.com, Jakarta - Tak mau ketinggalan dari platform lain, YouTube meluncurkan Recap untuk aplikasi streaming musik mereka, YouTube Music.

Recap di YouTube Music pada dasarnya sama seperti Spotify Wrapped atau Apple Music Replay, yang isinya adalah kilas balik aktivitas pengguna dalam setahun terakhir.

Dengan Recap di YouTube Music, pengguna akan bisa melihat statistik yang dipersonalisasi, berisi artis top, lagu, mood, genre, album, playlist, dan lain-lain, dari tahun ini.

Mengutip blog resmi YouTube, Jumat (1/12/2023), platform streaming Google ini juga menampilkan beberapa konten baru yang akan ditampilkan di 2023 Recap YouTube Music.

2023 Recap YouTube Music memperkenalkan album art yang dikustomisasi berdasarkan gambaran pengguna. Visual ala cover album musik ini dibuat berdasarkan lagu teratas, skor energi, dan mood terbaik tahun ini.

Pengguna juga akan mendapatkan gambaran tentang suasana hatinya sepanjang tahun ini, dengan melihat lagu-lagu yang banyak diputar di YouTube Music.

Selain itu, pengguna YouTube Music juga akan bisa menambahkan gambarnya sendiri dari Google Photos, ke aplikasi YouTube Music, untuk ditampilkan di 2023 Recap-nya.

Untuk mencoba YouTube Music 2023 Recap, pengguna bisa melihatnya di aplikasi YouTube Music mobile. Pastikan kamu sudah melakukan sign in dengan akun Google di sini.

YouTube Music Recap bisa diklik melalui banner yang ada. Pengguna bisa masuk ke profil, pilih "Your Recap", lalu klik "Get your Recap." Kemudian, hasilnya akan bisa dibagikan ke media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Wrapped 2023 Diluncurkan

Sebelumnya Spotify Wrapped juga sudah kembali hadir untuk para pengguna platform streaming audio tersebut. Wrapped sendiri merupakan rangkuman aktivitas pengguna Spotify selama setahun terakhir.

Untuk di tahun ini, Spotify Wrapped 2023 sudah bisa diakses seluruh pengguna, baik pengguna gratis maupun premium, sejak 29 November 2023.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah, pengguna tinggal perlu memperbarui aplikasi Spotify mereka ke versi terbaru, baik di Android dan iOS.

Begitu membuka aplikasi, akses ke Wrapped akan langsung muncul di laman depan. Pengguna Spotify tinggal mengetuk menu Your 2023 Wrapped untuk melihat rangkuman aktivitas mereka selama di platform ini.

Mengutip informasi dari situs resminya, Kamis (30/11/2023), Spotify juga menghadirkan pengalaman baru untuk Wrapped di tahun ini. Sebab, untuk pertama kalinya, pengguna kini bisa mengakses informasi Wrapped dari browser lewat akses Spotify.com/Wrapped.

3 dari 3 halaman

Apple Music Juga Rilis Replay

Selain Spotify, Apple Music juga merilis Replay sebagai rangkuman akhir tahun dari lagu, artis, album, dan lainnya yang paling sering pengguna dengar. Fitur ini sudah tersedia di laman Apple Music. 

Meskipun baru meluncur pada 2019, Apple telah memberikan update besar-besaran pada fitur ini sejak tahun lalu. Karenanya, fitur ini disebut makin mirip dengan Spotify Wrapped. 

Namun tidak seperti Spotify Wrapped, yang menawarkan satu set tangga lagu yang dapat dibagikan, statistik yang disajikan di Apple Music Replay dianggap masih kalah menarik untuk diunggah secara online. 

Selain itu, fitur ini tidak tersedia secara langsung di aplikasi Apple Music. Kendati demikian, pengguna masih bisa mendengarkan playlist Replay 2023 di aplikasi Apple Music.

Seperti tahun lalu, Apple Music Replay akan menampilkan daftar lagu dan artis favorit kamu sepanjang tahun, serta berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mendengarkannya. 

Dikutip dari The Verge, Kamis (30/11/2023), Apple Music Replay juga dilengkapi kemampuan memantau pencapaian, yang menunjukkan apakah kamu telah memenuhi target tertentu saat menggunakan layanan ini, seperti mendengarkan 1.000 lagu.

Untuk melihat Replay kamu tahun ini, buka replay.music.apple.com dan masuk dengan ID Apple kamu. Di situ, kamu bisa melihat semua statistik konten yang kamu dengarkan sepanjang tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.