Sukses

Xiaomi Ungkap Gelombang Kedua Deretan HP yang Bakal Terima HyperOS, Cek Daftarnya

Xiaomi merilis daftar gelombang kedua perangkat yang akan menerima versi pengembang HyperOS di Cina pada Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi terus memperkuat posisinya dalam dunia teknologi dengan meluncurkan sistem operasi in-house, HyperOS, pada akhir Oktober dalam acara peluncuran seri Xiaomi 14. 

Setelah debutnya, Xiaomi segera menggulirkan update tersebut untuk beberapa perangkat, termasuk seri Xiaomi 13 dan seri Redmi K60. 

Memanfaatkan momentum positif ini, perusahaan kini mengumumkan gelombang kedua perangkat yang akan menerima versi pengembang HyperOS di Cina pada Desember 2023.

Gelombang kedua ini mencakup 11 perangkat, menunjukkan komitmen kuat Xiaomi untuk memperluas ekosistem HyperOS. 

Beberapa perangkat yang menarik perhatian dalam HyperOS CN ROM Developer Version adalah Xiaomi 12S Ultra, Xiaomi 12S Pro, dan Redmi K50 Ultra.

Daftar ini juga mencakup beragam model dari seri Xiaomi 12 dan seri Redmi K50, serta Xiaomi Pad 5 Pro 12.4.

Pengumuman awal ini menciptakan kehebohan di komunitas Xiaomi di Tiongkok, khususnya karena tidak adanya seri Xiaomi 12S dalam daftar.

Akibatnya, diskusi dan spekulasi pun bermunculan di forum. Namun, juru bicara Xiaomi Zhang GuoQuan dengan cepat memberikan klarifikasi melalui platform media sosial Cina, Weibo.

Mengutip GizChina, Selasa (28/11/2023), Zhang menjelaskan bahwa terjadi miskomunikasi dalam pengumuman tersebut dan menegaskan seri Xiaomi 12S tetap menjadi prioritas untuk upgrade HyperOS. 

Keterangan ini penting karena Xiaomi 12S merupakan smartphone pertama yang dirilis bersama Leica. Sebagai respons terhadap klarifikasi ini, pos pengumuman di komunitas Xiaomi China telah diperbarui untuk mencakup perangkat Xiaomi 12S.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini 5 HP Xiaomi yang Kebagian Pembaruan Stabil HyperOS Berbasis Android 14

Sebelumnya, Xiaomi diketahui akan segera merilis pembaruan stabil HyperOS, sistem operasi buatannya sendiri, untuk lima model perangkat kelas flagship mereka. 

Dikutip dari GizmoChina, Rabu (22/11/2023), kabar ini datang dari laporan GSMChina yang menyatakan bahwa pembaruan tersebut akan berbasis pada Android 14.

Beberapa seri ponsel yang akan mendapatkan pembaruan ini adalah Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13T, Xiaomi 12T, Xiaomi Pad 6 Max, dan Redmi K60 Pro. 

Untuk diketahui, semua perangkat ini awalnya dilengkapi dengan HyperOS yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri dan di-hosting di server resmi mereka.

Nantinya, pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap, dengan Xiaomi 13 Ultra menjadi yang pertama menerima update di pasar China. 

Sementara itu, Xiaomi 12T dan Xiaomi 13T dijadwalkan untuk mendapatkan pembaruan di pasar Eropa, dan wilayah lainnya akan menyusul dalam waktu yang akan datang.

Xiaomi juga telah membagikan roadmap untuk pembaruan HyperOS, memberikan gambaran jelas tentang jadwal rilis untuk perangkat di Tiongkok dan internasional. 

Pembaruan akan dilakukan secara bertahap, dengan perangkat internasional dijadwalkan untuk menerima HyperOS pada kuartal pertama 2024.

Sebelumnya, seri Redmi tidak masuk ke dalam daftar HP yang diuji coba oleh Xiaomi menggunakan HyperOS.

Adapun demikian, nyatanya seri ponsel milik Xiaomi ini tetap mendapatkan versi stabil HyperOS, dan tidak menutup kemungkinan akan merembet ke seri Redmi lainnya.

3 dari 5 halaman

Xiaomi Perkenalkan HyperOS ke Publik

Sebagai informasi, dikutip dari GSM Arena, HyperOS masih merupakan Android Open Source Project, tapi akan digabungkan dengan Vela, platform Xiaomi untuk IoT.

Lewat unggahan lain di Weibo, Lei Jun mengatakan bahwa OS baru pengganti MIUI ini akan menempatkan "manusia di pusat ekosistem", di mana mereka akan bisa terhubung dengan orang lain, mobil, dan rumah.

MIUI pertama kali dirilis pada 16 Agustus 2010, dengan basis pengguna tumbuh menjadi lebih dari satu miliar.

User interface yang menurut Xiaomi dulu rilis hanya punya empat fungsi umum, sekarang sudah menjadi layanan lintas perangkat untuk telepon dan peralatan rumah tangga.

Persiapan Xiaomi HyperOS dimulai pada tahun 2014 ketika tren IoT mulai bermunculan.

Perusahaan menetapkan langkah pertamanya pada tahun 2017 dan kemudian mulai mengembangkan ekosistem baru untuk perangkat dan aplikasi.

Tujuannya adalah untuk menghubungkan "puluhan miliar perangkat" di masa depan, dan langkah pertamanya adalah seri Xiaomi 14.

4 dari 5 halaman

Xiaomi 14 Usung HyperOS hingga Sensor Kamera Leica Baru

Untuk diketahui, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro akhirnya diumumkan. Sesuai janji, Xiaomi memperkenalkan HP Android miilik mereka dengan berbagai peningkatan.

Sesuai rumor, Xiaomi 14 series hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3, peningkatan di kamera utama Leica, dan tentunya pakai sistem operasi baru, yakni HyperOS.

Penasaran seperti apa spesifikasi, penampilan, dan harga Xiaomi 14 dan 14 Pro ini? Simak artikel berikut ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Jumat (27/10/2023).

Xiaomi 14

Tampil sebagai varian vanilla atau standar,  HP Xiaomi 14 hadir dalam dua varian material bodi. Satu bodi belakang berlapis kaca, dan lainnya menggunakan material nano-leather.

HP Android milik Xiaomi ini tampil dengan layar berukuran 6,36 inci, panel LTPO OLED, resolusi 1200x2670 piksel, dan mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Di sektor kamera, pecinta fotografi dapat puas memotret dan merekam berbagai objek menggunakan lensa utama HP Android berkemampuan 50MP, 50MP (telefoto), 50MP (ultrawide).

Sementara itu untuk urusan selfie, Xiaomi sudah memasang kamera 32MP mampu merekam video 4K hingga 30/60fps.

Dalam hal performa, perusahaan asal China itu sudah menanamkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3, RAM 8GB/12GB/16GB, dan memori 256GB/512GB/1TB.

Tak hanya itu, Xiaomi juga sudah melengkapi HP Xiaomi terbaru ini dengan baterai berkapasitas 4,610mAh dengan kemampuan pengisian daya 90W dengan kabel, dan 50W nirkabel. 

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.