Sukses

Mengupas Fitur Multifungsi di Cover Screen Galaxy Z Flip5: Bisa Bales WA, Nonton Netflix hingga Rekam Video 4K

Cover Screen Samsung Galaxy Z Flip5 yang berbasis widget memungkinkan pengguna mengakses semua aplikasi favorit (hingga 13 aplikasi).

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip5 menghadirkan inovasi Flex Window, cover screen besar yang memungkinkan pengguna mengakses sejumlah aplikasi atau informasi berguna tanpa harus membuka lipatan ponsel atau layar utama.

Cover screen-nya sendiri berukuran 3,4 inci (diagonal) dengan panel Super AMOLED (kecerahan hingga 1.600 nits), kecepatan refresh 60Hz, dan resolusi 306 ppi. Uniknya, cover screen pada Flip5 berbentuk seperti folder digital yang ikonik.

Meskipun layarnya tidak memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan One UI Samsung, namun user interface pada cover screen Galaxy Z Flip5 berbasis widget sehingga pengguna bisa mengakses semua aplikasi favorit (hingga 13 aplikasi).

Mulai dari memeriksa cuaca, mengakses aplikasi pesan WhatsApp (WA), membuka kamera, memutar musik lewat Spotify, melihat riwayat panggilan, mengecek kalender, menonton video atau film di Youtube, Vidio, dan Netflix hingga merekam video dengan kualitas sampai 4K.

Pengguna bahkan dapat men-swipe layar untuk beralih antar widget atau mencubit ke arah tengah untuk menampilkan semua widget yang aktif.

<p>Menonton film di cover screen Samsung Galaxy Z Flip5. Liputan6.com/Iskandar</p>

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan cover screen Galaxy Z Flip5 kini didesain bukan cuma menjadi lebih besar, tapi semakin multifungsi sehingga membuat keseharian pengguna menjadi lebih seamless.

"Di layar ini, kamu bisa tetap membalas WhatsApp ketika mungkin sedang hectic di perjalanan ke kantor atau bisa juga menonton Netflix di device yang compact ketika berada di pesawat saat akan business trip. Semua itu bisa dilakukan langsung dari Cover Screen dengan praktis,” papar Verry, dikutip dari situs resmi Samsung, Senin (20/11/2023).

Beberapa aplikasi pesan singkat seperti WA dan Samsung Message juga bisa diakses dengan cepat di cover screen.

Setelah pengguna melihat notifikasi pesan yang diterima, mereka bisa langsung membalas atau memberikan respons karena cover screen juga bisa memunculkan keyboard virtual QWERTY.

Chatting pun bisa dilakukan dengan lebih praktis tanpa perlu membuka perangkat Samsung Galaxy Z Flip5 5G, jadi lebih mudah saat harus mengabari teman, keluarga, atau rekan kantor di sela-sela kegiatan atau di tengah perjalanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Akses Aplikasi dengan Cepat di Cover Screen Pakai Good Lock

Ukuran cover screen yang besar pada Galaxy Z Flip5 tidak hanya memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam pengambilan konten foto dan video, tapi juga memudahkan untuk mengakses aplikasi secara cepat tanpa harus repot membuka ponsel.

Dengan ukuran cover screen 3,78 kali lebih besar dibanding generasi sebelumnya, pengguna bisa lebih leluasa menikmati berbagai konten dari aplikasi yang diinginkan, mulai dari Netflix, Gmail, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Untuk bisa menikmati konten langsung dari cover screen, kamu harus instal terlebih dahulu aplikasi Good Lock yang bisa kamu dapatkan di Samsung Store. Jika sudah terinstal, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Good Lock, lalu temukan modul MultiStar yang ada di kategori LifeUp, dan instal.
  • Setelah modul MultiStar terpasang, buka I love Galaxy Foldable, lalu klik menu Launcher Widget.
  • Jika Launcher Widget sudah terbuka, step berikutnya kamu scroll ke bawah, dan menemukan deretan aplikasi mana saja yang diinginkan untuk tampil di cover screen Galaxy Z Flip 5.
  • Kamu dapat memilih hingga 10 aplikasi dalam satu layar cover screen, namun jika dirasa kurang kamu bisa memilih lainnya dan aplikasi akan tampil di layar cover screen berikutnya.

 

3 dari 5 halaman

Jepret Berbagai Momen secara Hands-free

Dalam mengambil foto atau merekam video (hingga resolusi 4K), kamu juga bisa terbantu dengan hinge yang membuat Galaxy Z Flip5 bisa dilipat dari berbagai sudut.

Untuk mengatur komposisi video dengan mudah, kamu juga bisa menyalakan fitur Auto Framing yang sudah tersemat secara langsung di kamera Galaxy Z Flip5.

Fitur ini cocok bagi milenial atau Gen Z, di mana konten-konten populer di media sosial belakangan ini banyak menggunakan teknik storytelling atau bercerita di depan kamera.

Fitur Auto Framing memungkinkan kamera utama Galaxy Z Flip5 melacak pergerakan pengguna sehingga gambar yang diambil tidak akan out of frame.

Dengan fitur ini kamu bisa membuat video dengan leluasa tanpa harus khawatir wajah kamu tidak on-frame, karena sistem pada kamera Galaxy Z Flip5 akan secara otomatis mendeteksi pergerakan kamu.

Lensa kamera akan secara otomatis bergeser ketika kamu keluar dari komposisi dan akan melakukan zoom in atau zoom out secara otomatis ketika subjek mendekati lensa.

Fitur ini memaksimalkan pengalaman mengambil video dengan Flex Cam yang membuatnya tetap stabil, sehingga kamu tidak perlu khawatir video yang dihasilkan bergetar.

4 dari 5 halaman

Bikin Stiker Lucu Langsung dari HP

Galaxy Z Flip5 juga memungkinkan kamu untuk membuat stiker lucu berbasis augmented reality (AR). Teknologi yang menggabungkan antara 2D dan 3D ini telah dituangkan ke dalam bentuk filter di berbagai platform.

Di Galaxy Z Flip5, AR terangkum di dalam aplikasi bernama AR Zone. Di dalamnya, kamu bisa memilih emoji, stiker, atau pun membuat doodle sketch untuk melengkapi penampilan kamu saat akan mengambil video secara real-time.

Pengguna bisa mendapatkan AR Zone yang tersemat secara otomatis di kamera dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Galaxy Store. Jika sudah terinstal, nantinya AR Zone bisa diakses dengan memilih menu lainnya pada tampilan layar kamera.

Ada enam menu yang tersedia di AR Zone yang wajib kamu ketahui.

  1. AR Emoji Studio untuk mendesain emoji dalam bentuk potret diri
  2. AR Emoji Camera untuk mengambil foto dan video dengan emoji AR
  3. AR Emoji Stickers untuk membuat stiker emoji
  4. AR Doodles untuk menggambar doodle di kamera
  5. Deco Pic untuk membubuhkan stiker di foto maupun video
  6. Quick Measure untuk melakukan pengukuran dengan memanfaatkan AR di kamera.

Kamu hanya perlu menggeser pilihan menu pada kamera ke ‘lainnya’. Setelah itu, kamu bisa melihat tulisan AR Zone yang tersemat otomatis di pilihan menu kanan paling atas.

Setelah itu, pilih opsi menu yang akan dikreasikan. Misalnya, saat kamu memilih menu AR Doodle di mode Flex Mode, layar pada bagian bawah Galaxy Z Flip5 akan menampilkan icon pen yang bisa kamu gunakan untuk melukis sketch pada wajah atau pun foto lain yang ingin dijepret.

Menariknya, karena menggunakan teknologi AR, gambar yang kamu sematkan bisa mengikuti objek yang bergerak.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini