Sukses

Operator Geber Layanan Konvergensi: XL Satu Fiber Rilis di 3 Kota Baru, Indosat HiFi Gandeng Platform Streaming

Operator seluler Tanah Air kian gencar dengan layanan konvergensinya, misalnya XL yang merilis layanan konvergensi XL Satu Fiber di tiga kota baru serta Indosat dengan internet Indosat HiFi yang bekerja sama dengan platform streaming Catchplay+.

 

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Tanah Air kian fokus menggeber layanan konvergensi atau Fixed Mobile Convergence (FMC). Setelah kabar soal akuisisi hingga merger yang dilakukan, kini masing-masing operator seluler memperluas layanan FMC mereka.

Salah satunya, XL Axiata melalui XL Satu Fiber kini hadir di tiga kota baru di Sumatera, yakni Bandarlampung, Padang, dan Pekanbaru.

Dengan begitu, di Sumatera, layanan XL Satu Fiber sudah hadir di sembilan kota. Termasuk di antaranya Medan, Binjai, Deli Serdang, Banyuasin, Palembang, dan Batam.

Sekadar informasi, XL Satu Fiber kini jangkau lebih dari 235.000 homepass dan diperkirakan terus bertambah.

XL Axiata bahkan targetkan hingga akhir 2023 bakal ada 100 kota dan kabupaten yang dijangkau layanan FMC perusahaan.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan,”Kehadiran XL Satu Fiber di tiga kota besar di Sumatera ini untuk mendukung pencapaian visi perusahaan untuk menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia."

Ia meyakini layanan konvergensi XL di Sumatera akan memiliki prospek yang baik seiring permintaan atas layanan internet yang tumbuh. Apalagi menurut Desy, XL Axiata jadi operator pertama di Indonesia yang perkenalkan layanan konvergensi sejak 2021.

Dikatakan Group Head Home Product Marketing, Rendhita Istimarini Putri, tersedianya layanan XL Satu Fiber di Pekanbaru, Padang dan Bandar Lampung memungkinkan pelanggan dan masyarakat di masing-masing kota mengakses layanan internet rumah berbasis fixed broadband dan sekaligus mobile broadband dalam satu paket.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FMC XL Sudah Hadir di 70 Kota dan Kabupaten

XL Satu Fiber mengkonvergensikan layanan internet rumah dan kuota smartphone untuk sekeluarga yang memakai XL dan XL Prioritas dalam satu paket.

"Pelanggan menjadi bisa lebih fleksibel dalam mengakses internet baik di rumah maupun di luar rumah sehingga produktivitas mereka pun bisa lebih dimaksimalkan lagi," katanya.

Adapun tiga kota tersebut dipilih untuk perilisan layanan XL Satu Fiber karena permintaan yang cukup tinggi.

Secara nasional, Rendhita menyebut, saat ini XL Satu Fiber telah hadir di lebih dari 70 kota/kabupaten di Indonesia. Perusahaan menargetkan layanan konvergensi XL akan menjangkau 100 kota dan kabupaten di akhir 2023.

Paket XL Satu Fiber di tiga kota tersebut dibanderol mulai dari Rp 259 ribu per bulan (harga diskon) dan termahal untuk paket Family dengan harga Rp 399 ribu per bulan.

Untuk menyokong layanan konvergensinya XL juga hadirkan kemudahan bagi pelanggan mengakses konten.

Dengan menambah Rp 40 ribu di paket XL Satu mana pun, pelanggan bisa menikmati berbagai layanan mulai dari Vidio, Vision+, Catchplay+, Lionsgate Play, WeTV, Nussa, AirConsole, YouTube, dan Google Play Store untuk aplikasi-aplikasi menarik lainnya, yang bisa diakses di TV melalui STB XL HOME Entertainment Box.

3 dari 4 halaman

Indosat HiFi Gandeng Catchplay Plus

Di sisi lain, Indosat Ooredoo Hutchison dengan layanan konvergensinya yang bernama Indosat HiFi kini jalin kerja sama dengan platform streaming video Catchplay+. Tujuannya untuk hadirkan konten digital yang lebih variatif.

Pelanggan Indosat HiFi bisa mengakses tayangan film dan serial di Catchplay+ mulai 31 Oktober 2023.

Sekadar informasi, Indosat HiFi sendiri menjadi layanan internet kecepatan tinggi yang didukung 100 persen koneksi fiber optik. Indosat juga mengklaim dengan infrastruktur fiber optik ini Indosat HiFi tawarkan internet paling stabil dalam mengakses konten streaming.

Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, menyebut layanan Indosat HiFi dirilis tahun lalu.

 

4 dari 4 halaman

Indosat HiFi Terus Berinovasi

"Kami terus berinovasi melalui kerja sama dengan banyak partner untuk meningkatkan nilai tambah layanan kami. Salah satunya adalah melalui kerja sama dengan Catchplay+ sebagai layanan streaming global yang hadir di Indonesia sejak 2016 dan menawarkan pengalaman pengguna yang unik serta berbagai konten premium," kata Ritesh.

Konten yang dimaksud mulai dari film Hollywood, film independen, serial, dan drama. Ritesh berharap kolaborasi ini akan memberikan pengalaman digital yang unik bagi pelanggan.

Ia meyakini hal tersebut bakal memberi kontribusi penting bagi pertumbuhan bisnis Indosat maupun Catchplay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.