Sukses

Bocoran Samsung Galaxy S24 Punya Fitur Ultra HDR, Apa Kelebihannya?

Seri Samsung Galaxy S24 akan mendukung tampilan HDR, kualitas foto yang diambil dengan kamera Samsung Galaxy S24 akan konsisten saat dilihat di galeri.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis Galaxy S23 series tahun ini, sudah banyak bocoran tentang edisi selanjutnya dari smartphone flagship Samsung, misalnya kabar kalau ponsel flagship Samsung selanjutnya bernama Galaxy S24.

Informasi tentang Samsung Galaxy S24 pun terungkap perlahan-lahan, termasuk spesifikasi utama seri Samsung Galaxy S24. 

Menurut bocoran terbaru yang beredar di internet, ada beberapa fitur baru yang akan diboyong Samsung Galaxy S24 yang kabarnya rilis awal 2024. 

Menurut tipster Ice Universe (@UniverseIce) dalam sebuah unggahan di platform X, seri Galaxy S24 akan mendukung tampilan HDR untuk foto di galeri.

Apa maksudnya? Mengutip Gadget 360, Minggu (5/11/2023), rupanya, fitur ini mirip dengan Ultra HDR yang diperkenalkan bersamaan dengan Android 14, 

Dengan fitur ini, kecerahan, kontras, dan rentang warna gambar dari hasil jepretan  kamera Samsung Galaxy S24 akan konsisten. Artinya, kualitas gambar tidak berubah meskipun dilihat dari galeri. Tentunya ini tidak seperti yang ditawarkan rentang layar SDR.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24 

Seri Galaxy S24 juga diperkirakan akan menggunakan chipset Exynos dan Qualcomm Snapdragon internal. Di mana Galaxy S24 Ultra menggunakan SoC Snapdragon 8 Gen 3, sedangkan untuk model dasar dan plus ditenagai oleh SoC deca-core Exynos 2500.

Selain itu, Samsung juga telah memperkenalkan sensor kamera 200MP yang ditingkatkan dengan teknologi ISOCELL Zoom Anyplace. Fitur baru ini akan menawarkan pelacakan bertenaga AI pada subjek apa pun saat merekam video.

Kamera Galaxy S24 kabarnya juga akan memungkinkan zoom 4x pada video 4K ke segala arah menggunakan teknologi Tetra-piksel. 

Galaxy S24 Ultra Bakal Punya 4 Kamera?

Pengaturan empat kamera pada model Galaxy S24 Ultra diperkirakan mencakup sensor utama Samsung ISOCELL HP2SX 200MP, kamera ultra wide-angle Sony IMX564 12MP, dan sensor 10MP dengan lensa telefoto dengan Zoom optik 3x. Selain itu, kamera telefoto 48MP lainnya didukung zoom optik 5x.

Ice Universe juga mengklaim dalam unggahan lain di Weibo, bahwa seri Samsung Galaxy S24 telah memasuki tahap produksi massal. Dan diperkirakan smartphone baru dari Samsung ini akan dirilis di pasaran pada pertengahan hingga akhir Januari 2024.

Namun, laporan Sammobile baru-baru ini membocorkan bahwa jajaran produk tersebut akan diluncurkan lebih awal. Menurut sumber internal, peluncurannya diperkirakan antara awal hingga pertengahan Januari 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Utama Samsung Galaxy S24 Bocor di Internet

Sementara itu, menurut daftar Geekbench, perangkat ini hadir dengan Exynos 2400 SoC baru, yang baru-baru ini dirilis oleh Samsung. Dibandingkan chip Exynos 2200, performa CPU-nya 70 persen lebih cepat, dan kekuatan pemrosesan AI-nya 14,7 kali lebih cepat. 

Chip Exynos 2400 yang disebut akan dipakai di Samsung Galaxy S24 ini memiliki 10 core, dua lebih banyak dari Snapdragon 8 Gen 3 octa-core. Chipset ini memiliki super core 3,21 GHz, dua core besar 2,9 GHz, tiga core menengah 2,59 GHz, dan empat core 1,96 GHz.

Hasil Geekbench 6 perangkat baru ini juga menunjukkan skor single-core 2011 dan skor multi-core 6086. Skor ini merupakan peningkatan yang baik dari Samsung Galaxy S23.

Sebagai informasi, hasil Geekbench Samsung S23 saat ini berada pada rata-rata 1.881 dan 4.985 untuk single dan multi-core. Namun, skor ini jauh di bawah iPhone 15, yang mencetak 2559 single-core dan 6375 multi-core.

Samsung Galaxy S24 versi global tampaknya merupakan smartphone yang bertenaga. Sebab, HP Samsung ini dikabarkan akan muncul dengan chipset Exynos 2400 baru dan RAM 8GB. 

Dari segi performa, skor Galaxy S24 lebih baik dari pendahulunya, Galaxy S23. Menurut kabar, Samsung akan memperkenalkan perangkat ini pada acara Galaxy Unpacked yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat pada awal tahun depan.

3 dari 4 halaman

HP Android Samsung Galaxy S24 Ultra Bakal Pakai RAM 12GB?

Masih soal bocoran Samsung Galaxy S24, dilansir GSM Arena, Rabu (18/10/2023), Galaxy S24 Ultra dengan RAM 12 GB muncul di Geekbench dengan hasil skor mengejutkan.

Walau pakai chipset baru Snapdragon, ternyata skor benchmark ponsel lebih rendah ketimbang model RAM 8 GB.

Pada varian dengan RAM 8 GB, Galaxy S24 Ultra ini mencatatkan skor 2234 di single-core dan 6807 untuk multi-core.

Sedangkan Galaxy S24 Ultra dengan RAM 12 GB mendapatkan skor, yakni 2059 di single-core dan 4506 multi-core.

Akan tetapi, perlu diketahui performa HP Android baru milik Samsung ini masih sebatas model awal dan pasti akan menjalani berbagai perubahan hingga rilis nanti.

Sebagai informasi, sama seperti pendahulunya, Samsung akan meluncurkan tiga model Galaxy S24, yakni Galaxy S24 reguler, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

4 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S24 Akan Dilengkapi Fitur Panggilan Darurat Satelit

Di samping itu, Samsung disebut-sebut akan melengkapi fitur panggilan darurat satelit ke dalam lini smartphone Android terbarunya, yakni Galaxy S24 series.

Informasi tentang Galaxy S24 series ini diungkap oleh President of System LSI Park Yong-in saat mengisi sesi presentasi di Semiconductor Expo 2023 (SEDEX).

Mengutip GSM Arena, Senin (30/10/2023), persiapan teknis implementasi teknologi panggilan darurat satelit sudah siap digunakan.

Banyak pihak meyakini, omongan Park Yong-in ini merujuk pada dukungan modem Exynos 5300 untuk berkomunikasi dua arah menggunakan satelit.

Namun, bagaimana bila perusahaan asal Korea ini menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 di Galaxy S24 Ultra? Bagaimana caranya model ini akan menggunakan fitur panggilan satelit ini?

Dalam kesempatan sama, dirinya juga mengungkap tentang rencana mendatang Samsung untuk meningkatkan performa grafis di HP Android mereka dengan memakai ray tracing.

Diketahui, ray tracing adalah fitur di mana GPU di ponsel dapat menghasilkan pantulan cahaya sehingga game pun terasa lebih nyata.

Adapun kemampuan ray tracing ini diungkap pertama kali oleh Samsung saat pengumuman Galaxy S22, yang sudah ditenagai Exynos 2200.

Selain itu, Park Yong-in juga berbicara tentang AI generatif di ponsel. Secara garis besar, asisten pribadi virtual di HP akan memiliki respons layaknya manusia dan masih banyak lagi.

Apakah Samsung benar-benar akan menyematkan fitur panggilan darurat satelit seperti iPhone 14 ini ke lini ponsel barunya nanti?

Hal ini akan terungkap saat Galaxy S24 series debut dalam acara pada bulan Januari 2024 mendatang, yakni Galaxy Unpacked 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini