Sukses

Perkembangan Kreator YouTube Bawa Dampak Positif Buat Ekonomi Indonesia

YouTube mengatakan dalam laporan terbarunya, berkembangnya ekosistem kreator dan partner di platform tersebut telah menghasilkan nilai ekonomi yang cukup besar bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Platform berbagi video YouTube mengatakan bahwa tumbuhnya ekosistem kreator mereka tidak hanya membawa perubahan buat masyarakat, tetapi juga memiliki dampak pada perekonomian.

Hal ini juga termuat dalam laporan YouTube Impact Report 2023, yang digarap YouTube bersama konsultan independen Oxford Economics.

Di laporan tersebut ditunjukkan bahwa pertumbuhan ekosistem kreator dan partner YouTube, telah menghasilkan nilai ekonomi yang cukup besar bagi ekonomi Indonesia.

Mengutip siaran persnya, Jumat (27/10/2023), YouTube mengungkapkan bahwa ada lebih dari 400 ribu kreator dan partner di Indonesia, yang mempekerjakan orang lain untuk menggarap channel-nya.

Selain itu, ada lima vertikal dalam ekonomi kreatif yang mendapatkan dampak dari berkembangnya basis kreator Youtube yaitu Usaha kecil dan Menengah, pendidikan, kreatif, musik, dan media.

Menurut platform di bawah naungan Google ini, saat ini kreator YouTube di Indonesia sudah dapat membangun bisnis hingga menghasilkan uang dengan delapan cara, tak cuma YouTube Partner Program (YPP) seperti tiga tahun lalu.

"Semakin banyak kreator Indonesia menemukan peluang dan audiens di YouTube," kata Gautam Anand, Vice President & Managing Director, YouTube Asia Pacific.

Gautam mengungkapkan, lebih dari 600 ribu kreator di Indonesia telah menerima pendapatan yang terkait dengan kehadiran mereka di YouTube.

Selain itu, lebih dari 6.000 channel YouTube di Indonesia telah menghasilkan uang dari produk monetisasi alternatif pada Desember 2022 saja, naik 170 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendapatan Iklan Jadi Sumber Penghasilan Penting

"Seiring kreator dan artis kita membangun generasi baru perusahaan media dengan jangkauan global, dampak mereka pada kesuksesan ekonomi secara menyeluruh jelas akan bertambah besar," kata Gautam.

"Kami terus berfokus untuk mengembangkan ekosistem kreatif ini dan membantu para kreator untuk sukses melalui berbagai program partner, inisiatif peningkatan kemampuan, dan opsi monetisasi lainnya," pungkasnya.

Kesuksesan dan tersedianya berbagai format konten juga dinilai menginspirasi orang lain untuk memakai YouTube, untuk memadukan berbagai format narasi kreatif, demi mengembangkan kanal dan bisnisnya.

Perusahaan mengatakan, sebanyak 86 persen kreator yang menghasilkan uang dari YouTube setuju bahwa pendapatan dari iklan pada konten YouTube mereka merupakan sumber penghasilan yang penting.

3 dari 4 halaman

YouTube Penting Buat Pertumbuhan Bisnis

Sementara, 73 persen UKM yang menggunakan YouTube setuju bahwa platform ini sangat penting untuk pertumbuhan bisnis mereka.

"Pada 2022, data internal kami menunjukkan jumlah channel yang menghasilkan Rp 100 juta per tahun telah naik sebesar 35 persen dari tahun ketahun," kata Olavina Harahap, Senior Product Marketing Manager, YouTube Southeast Asia.

"Namun, pelajaran yang kami petik adalah, keberhasilan para kreator ini tidak hanya dinikmati oleh mereka saja, tetapi juga orang lain di sekeliling mereka," imbuh Olavina.

Ia menyebut, laporan ini menunjukkan lebih dari 400 ribu kreator dan partner di Indonesia mempekerjakan orang lain untuk menggarap channel YouTube mereka.

Selain itu, 81 persen kreator yang menghasilkan uang dari YouTube setuju bahwa platform ini telah memunculkan peluang untuk orang-orang di komunitas mereka.

4 dari 4 halaman

Buat Industri Media dan Penonton Umum

YouTube juga mengatakan bahwa mereka juga menjalin kemitraan dengan industri berita di Indonesia. Menurut perusahaan, hampir 70 persen perusahaan media setuju bahwa YouTube merupakan sumber pendapatan yang penting bagi mereka.

Sementara, 73 persen perusahaan media yang memiliki channel setuju bahwa platform ini membantu mereka menjangkau audiens baru di seluruh dunia.

Tidak hanya oleh perusahaan media, dampak platofrm pun dirasakan oleh para kreator dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dalam laporan tersebut, tercatat 76 persen pengguna setuju YouTube menyediakan kesempatan belajar dan berkembang yang sama bagi semua orang.

Perusahaan media maupun musik yang memiliki channel YouTube pun setuju bahwa platform ini tidak hanya meningkatkan ketersediaan talenta kreatif di industri mereka, tetapi juga membantu mereka untuk tampil di hadapan penonton global.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.