Sukses

WhatsApp Luncurkan Fitur Call Relay untuk iOS dan Android, Apa Fungsinya?

Fitur baru Call Relay atau Relai Panggilan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna WhatsApp dalam beberapa hari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk memperkuat keamanan pengguna saat melakukan panggilan. Dari situs web WABetaInfo, dibocorkan fungsi fitur baru ini adalah untuk menambah lapisan keamanan ekstra pada panggilan WhatsApp.

Fitur baru yang disebut Relai Panggilan (Call Relay), dapat melindungi alamat IP dan lokasi pengguna dari penyerang (hacker). Fitur ini disediakan untuk perangkat iOS dan Android.

Mengutip News18, Senin (16/10/2023), pada WhatsApp hadir bagian “Lanjutan” pada layar pengaturan privasi. Bagian baru ini berisi opsi perlindungan alamat IP dalam panggilan, yang mencegah orang dalam panggilan mengetahui lokasi pengguna.

Fitur Relai Panggilan sangat bermanfaat untuk melindungi privasi pengguna, terutama dari panggilan nomor asing. Kendati demikian, fitur ini membawa sedikit dampak pada kualitas panggilan.

WABetaInfo menjelaskan kualitas panggilan akan terpengaruh fitur baru ini karena proses enkripsi dan perutean koneksi selama panggilan.

Meski demikian, pengguna tidak perlu khawatir akan masalah keamanan dengan fitur privasi terbaru dari WhatsApp ini.

Kabar terbaiknya, fitur yang dirancang untuk melindungi alamat IP pengguna selama panggilan, kini dapat diakses oleh penguji beta terpilih yang telah menginstal WhatsApp beta terbaru di Android melalui Google Play Store dan di iOS melalui aplikasi TestFlight.

Dikabarkan pula, fitur Relai Panggilan ini akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Garap Fitur Group Chat Event

Sebelumnya, WhatsApp juga diketahui sedang mengembangkan fitur baru di aplikasinya. Diinformasikan WABetaInfo, sebuah fitur baru untuk grup obrolan akan segera hadir, yakni fitur Group Chat Event

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini muncul di aplikasi chat untuk Android itu di versi beta 2.23.21.12, dan sudah dapat diakses di Google Play Store, sebagaimana dikutip dari WABetaInfo, Jumat (13/10/2023).

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan acara dan mengoordinasikan diskusi dalam obrolan grup. Dengan demikian, ini dapat mengurangi risiko panggilan tidak terjawab atau terlambat dalam acara tertentu.

Saat ini, fitur Group Chat Event masih dalam tahap pengujian dan secara eksklusif tersedia untuk sekelompok pengguna WhatsApp Beta tertentu. Jadi, bagi pengguna yang penasaran perlu bersabar dan menunggu sampai adanya pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Pada pembaruan mendatang, tindakan baru di menu berbagi obrolan akan menampilkan pintasan acara. Pengguna dapat membuat acara dengan nama tertentu dan mengatur pengingat dalam percakapan.

Perlu dicatat, Chat Event ini dienkripsi secara end-to-end. Maka dari itu, pengguna tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena hanya peserta percakapan yang dapat mengaksesnya.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Siapkan Fitur Kode Rahasia

Masih mengenai fitur-fitur baru dari WhatsApp, pengembang WhatsApp sedang menguji fitur baru yang diberi nama 'Kode Rahasia', menurut pemberitaan The Indian Express, dikutip Rabu (11/10/2023). Fitur ini berfungsi untuk mengunci obrolan.

Tidak hanya pada satu perangkat, fitur ini juga akan berfungsi pada perangkat yang terhubung dan memungkinkan pengguna menggunakan kata sandi khusus untuk folder obrolan yang dilindungi.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur baru ini pertama kali terlihat pada WhatsApp beta di Android 2.23.21.9, yang dapat diunduh dari Google Play Store oleh pengguna yang mendaftar program pengujian beta WhatsApp.

Dengan fitur Kode Rahasia ini, pengguna  dapat dengan mudah menemukan obrolan yang terkunci langsung dari bilah pencarian aplikasi dan mengunci obrolan bahkan pada perangkat yang terhubung.

Saat menggunakan fitur baru ini, WhatsApp akan merekomendasikan penggunaan kata atau emoji sederhana sebagai kode. Dengan demikian, dapat dengan cepat menemukan obrolan yang terkunci.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bisa Buat Stiker dan Gambar Fotorealistik Dibantu AI

Tidak hanya menghadirkan fitur-fitur keamanan, WhatsApp dipastikan akan memiliki beberapa fitur baru berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI). Hal ini diungkap secara langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Dalam sesi di Meta Connect 2023, Mark Zuckerberg membagikan informasi tentang fitur baru WhatsApp yang akan dapat dinikmati pengguna.

Adapun fitur baru WhatsApp yang akan hadir tersebut akan menggunakan teknologi berbasis AI. Ketiga fitur itu antara lain, stiker AI, chat AI, dan pembuatan gambar fotorealistik.

Mengutip keterangan di blog WhatsApp, Minggu (1/10/2023), ketiga fitur baru WhatsApp ini akan ditenagai oleh chatbot buatan Meta sendiri yang bernama Llama 2.

"Meta AI akan tersedia dalam chat berbasis teks dengan akses informasi real-time," kata bos Meta tersebut di Meta Connect 2023.

Untuk mewujudkan hal ini, perusahaan sudah bermitra dengan mesin pencari Bing milik Microsoft untuk memberikan tanggapan terkini dan langsung.

Beda dari chatbot populer lainnya, chatbot milik Meta AI ini mampu menghasilkan gambar fotorealistik seperti Midjourney dan Dall-E langsung dari laman chatting.

"Hal terpenting, pesan pribadi Anda dengan teman dan keluarga tetap dilindungi enkripsi end-to-end. Karena itu, tidak ada orang lain, termasuk Meta atau AI dapat melihatnya," tulis WhatsApp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini