Sukses

Apple Bakal Rakit Layar iPad Mini 7 dengan Cara Berbeda, Atasi Persoalan Jelly Scrolling

Menurut laporan terbaru, Apple berencana mengganti proses perakitan layar iPad Mini 7 untuk mengatasi persoalan jelly scrolling yang ada di generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor peluncuran tablet baru Apple iPad Mini 7 kian ramai terdengar. Terakhir, ada rumor di Weibo yang menyebutkan tablet ini akan memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah terlemah mereka, yakni jelly scrolling

Rumor tersebut berasal dari Instant Digital yang melaporkan kalau iPad mini 7 akan memiliki layar yang lebih baik. Layar baru ini sekaligus dimaksudkan untuk mengatasi masalah jelly scrolling yang mengganggu di iPad mini 6.

Dilaporkan, Apple telah mengganti proses perakitan layar di iPad mini 7 untuk mengatasi persoalan jelly scrolling. Selain mengganti proses perakitan layar, Apple juga dikabarkan tidak akan menggunakan layar mendukung refresh rate 120Hz. 

Selain layar baru, Instant Digital juga mengatakan iPad mini terbaru ini akan hadir dengan kamera depan lebih baik, serta chip A16 Bionic di dalamnya, demikian menurut 9to5Mac, Kamis (19/10/2023). 

Sebagai informasi, chip A16 Bionic merupakan chip yang sama yang digunakan pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Sementara pendahulu tablet ini, menggunakan Chip A15 Bionic.

Untuk diketahui, tak lama setelah iPad mini 6 dirilis, sejumlah pengguna mengeluhkan masalah jelly scrolling. Bagi mereka yang tidak tahu, jelly scrolling merupakan kondisi setengah layar memiliki refresh rate yang lebih lambat dibandingkan setengah lainnya. 

Kondisi ini menghasilkan semacam efek goyangan, sehingga dinamakan jelly scrolling. Akibat hal ini, Apple sempat dicap buruk karena dianggap membuat tablet yang tidak dapat digunakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

iPad Mini 7 Tak Akan Dibekali Fitur ProMotion Apple

Seperti yang sudah disebutkan, rumor Apple akan segera meluncurkan iPad Mini Gen 7 semakin menguat. Akan tetapi, seorang pembocor dari rantai pasokan produksi Apple mengatakan, produk ini tak akan menggunakan layar 120 Hz ProMotion.

Rumor ini datang dari MacRumors, Jumat (13/10/2023). Menurut akun Twitter @Tech_Reve, iPad Mini 7 tidak akan memiliki layar 120 Hz dan hanya mendapatkan peningkatan dalam prosesor seri A yang digunakan.

Rumor Apple akan mengadopsi fitur ProMotion di generasi iPad Mini generasi baru ini mencuat setelah timbul masalah bernama "jelly scrollong", sesaat setelah iPad mini 6 dirilis pada September 2021.

“Jelly Scrolling” sendiri mengacu pada tampilan teks atau gambar di layar tampak miring ke bawah karena kecepatan refresh tidak sesuai, dan mengganggu bagi beberapa pengguna yang merasakannya.

Apple mengatakan, fenomena ini normal terjadi pada layar LCD iPad. Berhubungan layar LCD refresh per baris, maka wajar bila ada jeda di antara garis di atas dengan di bawah saat refresh.

Sebelumnya, beredar kabar di Korea menyebutkan Apple sedang mengujicoba layar buatan Samsung untuk generasi iPad mini selanjutnya dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Sayang, hal tersebut tidak terwujud hingga sekarang dan rencana perusahaan bermarkas di Cupertiono untuk layar baru iPad Mini ini masih belum jelas.

Laporan Mark Gurman di Bloomberg awal tahun menyebutkan, iPad mini baru akan hadir dengan peningkatan kecil dari sisi spesifikasi dan dijadwalkan hadir pada 2024.

3 dari 5 halaman

Mengenal Layar ProMotion

Sebagai informasi, ProMotion merujuk pada layar keluaran Apple yang dapat menampilkan teks dan gambar dengan kecepatan refresh rate hingga 120 Hz.

Refresh rate yang tinggi ini memiliki dua keunggulan. Mengutip GSM Arenarefresh rate yang tinggi akan membuat seluruh tampilan makin lancar dan terlihat realistis.

Refresh rate yang tinggi juga meningkatkan tingkat kejernihan dan keterbacaan, karena item bergerak kini tampil lebih lancar dan kamu bisa membaca tulisan yang digulirkan dengan cepat.

Layar ProMotion 120 Hz juga dapat mempercepat sinkronisasi Apple Pencil dengan layar. Kamu mungkin dapat mengubah pengaturan pensil agar makin cepat terdeteksi layar, namun hasil sentuhan Apple Pencil akan tetap lambat dan patah apabila layar memiliki refresh rate rendah.

Keuntungan lain dari layar 120 Hz adalah kemampuan menampilkan video dengan lebih halus, terutama pada video dengan 24 dan 30 FPS.

Hal ini dikarenakan, 120 merupakan angka kelipatan dari 24 dan 30, membuatnya cocok dengan skala peningkatan FPS dan refresh rate. Selain itu, 24 dan 30 FPS merupakan skala yang sering digunakan industri film dalam beberapa dekade ke belakang.

4 dari 5 halaman

Apple Bersiap Luncurkan iPad Mini Gen 7

Sebelumnya, Apple dirumorkan sedang bersiap merilis iPad Mini Gen 7 sebelum akhir tahun ini. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru dari DigiTimes.

Mengutip MacRumors, laporan itu memperkirakan ada peningkatan pangsa pasar Apple berkat kehadiran iPad ukuran kecil di kuartal keempat, meski saat ini ada stagnansi. Adapun perangkat yang dimaksud kemungkinan adalah iPad Mini Gen 7.

"Namun, pangsa tersebut akan berangsur-angsur meningkat selama paruh kedua karena kebutuhan penambahan inventaris Apple di kuartal ketiga dan pesanan untuk iPad ukuran kecil baru di kuartal keempat,” tulis laporan tersebut.

Disebutkan, DigiTimes memperoleh informasi tersebut dari pemasok yang memproduksi suku cadang iPhone dan produk Apple lainnya. Namun, mengingat ini masih sebatas rumor, tidak tertutup kemungkinan ada perubahan rencana. 

Meski begitu, Mark Gurman dari Bloomberg pada awal tahun 2023 melaporkan, kalau pembaruan iPad Mini dengan peningkatan spesifikasi yang kecil bukanlah hal mustahil. 

Pada Agustus 2023, pembocor lain yang dikenal sebagai ShrimpApplePro juga menyatakan, iPad Mini Gen 7 sedang dalam proses pengerjaan. Dijelaskan, mereka telah melihat bukti, kalau setidaknya ada satu model iPad baru yang akan hadir tahun ini.

Kendati demikian, analis Apple Ming-Chi Kuo sempat mengatakan, kalau iPad Mini Gen 7 kemungkinan besar akan mulai diproduksi secara massal pada kuartal pertama 2024. Ia pun memprediksi tidak ada model iPad baru yang rilis di tahun ini. 

5 dari 5 halaman

Infografis: Jenis-jenis Olahraga Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini