Sukses

Apple Rilis Update iOS 17 Buat Atasi Masalah Panas di iPhone 15

Apple meluncurkan update iOS 17 yang isinya adalah untuk mengatasi masalah terlalu panas atau overheating pada iPhone 15.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran iPhone 15 yang baru diluncurkan Apple beberapa waktu lalu, sempat dikeluhkan oleh pengguna yang menemukan ponsel mereka terlalu panas saat digunakan.

Kondisi panas itu dilaporkan terjadi saat penggunaan aplikasi tertentu seperti Instagram. Masalah lain yang dilaporkan adalah pemrosesan latar belakang setelah transfer dan bug di iOS 17.

Pada Kamis kemarin, Apple pun sudah merilis update software untuk iOS 17, yang mengatasi sejumlah masalah tersebut, seperti yang diumumkan di laman Support-nya, dikutip Sabtu (7/10/2023).

"Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug yang penting dan pembaruan keamanan, serta dan mengatasi masalah yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih hangat dari yang diperkirakan," tulis Apple.

Dalam rincian pembaruan untuk patch ini, Apple mencantumkan dua perbaikan yang ditujukan pada iOS dan iPadOS.

Salah satunya adalah eksploitasi kernel untuk penyerang dengan akses lokal ke perangkat yang menurut Apple "mungkin telah dieksploitasi secara aktif terhadap versi iOS sebelum iOS 16.6."

Ada juga perbaikan untuk bug libvpx, yang menurut CISA, memungkinkan seseorang mengambil alih perangkat dari jarak jauh, yang juga telah ditambal baru-baru ini di aplikasi seperti Chrome dan Firefox.

Sebelumnya, iPhone 15 banyak dilaporkan mengalami panas berlebih atau overheating oleh para pengguna. Terkait masalah tersebut, Apple kini mengungkap kemungkinan penyebab hal itu bisa terjadi.

"Kami telah mengidentifikasi beberapa kondisi yang dapat menyebabkan iPhone bekerja lebih panas dari perkiraan. Perangkat mungkin terasa lebih hangat selama beberapa hari pertama," tulis Apple seperti dikutip dari CNET, Selasa (3/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masalah Panas pada iPhone 15

Apple juga menambahkan, mereka menemukan bug di iOS 17. Hal ini juga berdampak pada beberapa pengguna, tetapi akan diatasi dalam pembaruan perangkat lunak.

Pernyataan dari Apple tersebut bertentangan dengan spekulasi yang beredar sebelumnya. Disebutkan dari informasi yang beredar, iPhone 15 mengalami overheat karena desain perangkat kerasnya.

Apple menyatakan, rangka titanium dan substruktur aluminium pada iPhone 15 tidak berkontribusi terhadap masalah ini.

Bahkan, justru desain model ini dapat menghilangkan panas lebih baik daripada baja tahan karat yang digunakan pada model Pro sebelumnya.

Selain bug pada iOS 17, sejumlah aplikasi versi terbaru juga menyebabkan panas berlebih pada iPhone 15. Apple menjelaskan update pada beberapa aplikasi pihak ketiga di iOS 17 seperti Instagram, Asphalt 9, dan Uber, membebani CPU chip A17 Pro.

Dengan permasalahan overheat ini, beberapa pengguna mengeluh tidak dapat memegang ponselnya dengan nyaman. Dilaporkan pula, 15 Pro Max menjadi panas setelah pengguna menggunakan adaptor daya 140W MacBook Pro untuk mengisi daya.

3 dari 5 halaman

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

iOS 17 akhirnya resmi meluncur untuk pengguna iPhone di seluruh dunia pada bulan September lalu, termasuk di Indonesia, setelah Apple umumkan kapan ketersediannya di Apple Event 2023.

iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max adalah deretan ponsel baru Apple yang langsung hadir menggunakan iOS 17. Lalu bagaimana dengan HP iPhone di pasaran saat ini?

Apakah iPhone yang Anda pakai saat ini kebagian update OS terbaru milik Apple tersebut, dan bisa menikmati sejumlah fitur barunya?

Berikut ini adalah daftar iPhone yang kebagian dan menikmati sejumlah fitur baru iOS 17, sebagaimana dikutip dari laman Apple.com, Selasa (19/9/2023).

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

  • iPhone XR
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone SE (3rd generation)
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max

 

4 dari 5 halaman

Nasib iPhone yang Tak Dapat iOS 17

Sayangnya, selain iPhone di atas ini tidak akan mendapatkan update iOS 17. Satu-satunya cara Anda dapat menikmati OS baru Apple ini adalah dengan meng-upgrade iPhone lawas ke yang lebih baru.

Perlu diingat, Anda harus mempersiapkan kapasitas storage sebesar 3GB untuk download iOS baru ini, daya baterai di atas 30 persen, dan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Walau iPhone 8 ke bawah yang tidak kebagian iOS 17 masih bisa mengoptimalkan perangkat mereka. Model ini tetap mendapatkan update keamanan dan bug.

Tetapi berdasarkan pengalaman memakai iPhone lawas, iOS 16 pun masih menunjang kerja sehari-hari. Hanya saja, memang Anda harus merelakan sejumlah fitur baru di iOS 17 ini tidak bisa dinikmati.

(Dio/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.