Sukses

Ingat, Ini HP Android yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023

Ingat, mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp bakal menghentikan dukungan buat aplikasi mereka di HP Android dengan OS versi berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Buat para pengguna aplikasi WhatsApp di smartphone lawas harus mulai mengecek sistem operasi (operating system/OS) di perangkatnya masing-masing.

Pasalnya mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp bakal membatasi aplikasinya untuk dapat berjalan hanya di OS versi tertentu di smartphone Android.

"Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara berkala meninjau sistem operasi mana yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan," tulis WhatsApp di laman FAQ-nya.

Menurut aplikasi chatting milik Meta itu, setiap tahunnya mereka meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan dengan jumlah pengguna sedikit, untuk menentukan dukungan apa yang akan disetop.

"Perangkat ini mungkin juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," kata mereka, dikutip Kamis (5/10/2023).

Nah, pada 24 Oktober mendatang, WhatsApp mengumumkan bahwa hanya HP Android dengan OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru, yang akan mendapatkan dukungan dari mereka.

Sebelumnya, OS Android minimal yang direkomendasikan untuk aplikasi WhatsApp adalah OS 4.1.

"Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung," tulis perusahaan.

Jadi, buat pengguna HP Android kira-kira masih memakai OS 4.1 atau yang lebih lama, ada baiknya untuk melihat versi berapa sistem operasi yang dipakai saat ini.

Apabila sudah tidak didukung, pengguna HP Android dapat melakukan update OS apabila masih bisa melakukan pembaruan, atau harus mengganti perangkat ke yang lebih baru jika tidak bisa update.

Sementara untuk iPhone, hanya perangkat yang sudah menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru, yang masih dapat dukungan. OS lain yang masih didukung aplikasi WhatsApp adalah KaiOS 2.5.0 dan yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir di iPad

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan akan memperluas kehadirannya di perangkat iPad. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru WABetaInfo.

Mengutip informasi dari Android Police, Jumat (22/9/2023), aplikasi WhatsApp untuk iPad dibangun Meta bersama Mac Catalyst. Aplikasi ini diketahui sudah bisa diakses oleh pengguna yang memiliki WhatsApp beta di perangkatnya.

Untuk menjajalnya, pengguna perlu lebih dulu memasang aplikasi TestFlight di perangkat yang ingin dipakai. Setelah itu, pengguna tinggal memindai kode QR di iPad menggunakan akun WhatsApp utama di perangkat mereka.

Begitu terhubung dengan akun utama, seluruh riwayat percakapan pengguna nantinya akan muncul di iPad. Pengguna juga bisa menjalankan aplikasi ini secara mandiri, tanpa perlu perangkat utama terhubung dengan internet.

 

3 dari 4 halaman

Aplikasi WhatsApp di iPad Dinanti Pengguna

Kehadiran aplikasi versi beta ini jelas menjadi salah satu yang dinanti-nanti para pengguna. Sebab hingga sekarang, belum ada aplikasi WhatsApp mandiri yang hadir untuk perangkat iPad.

Berdasarkan bocoran tampilan yang beredar, aplikasi WhatsApp di iPad ini mirip dengan yang ada di iPhone. Namun yang membedakan, tampilan itu memiliki dua bagian terpisah.

Bagian kiri berisi daftar obrolan, sedangkan bagian kanan menampilkan obrolan yang sedang dibuka. Tampilan ini mirip dengan WhatsApp versi web.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan kapan aplikasi WhatsApp untuk iPad ini akan meluncur untuk seluruh pengguna. Yang jelas, aplikasi ini bisa menjadi jawaban para pengguna yang sudah lama menantikan kehadirannya.

4 dari 4 halaman

Aplikasi WhatsApp Buat Mac Diluncurkan

WhatsApp sebelumnya juga merilis aplikasi mandiri untuk pengguna Mac, setelah sebelumnya sudah meluncurkannya untuk pengguna desktop Windows awal tahun ini,

Pengumuman ini juga disampaikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Facebook-nya, di mana dia juga mengungkapkan aplikasi ini akan bisa melakukan Group Calls video sampai delapan orang.

"Meluncurkan aplikasi WhatsApp untuk Mac. Panggilan grup bisa untuk 8 orang di video dan 32 di audio," kata Zuckerberg, dikutip Rabu (30/8/2023).

Di blog resminya, Meta mengatakan pengguna aplikasi khusus MacOS juga dapat bergabung dengan group call setelah dimulai, melihat riwayat panggilan, dan memilih untuk menerima notifikasi panggilan bahkan ketika aplikasi ditutup.

Meta kembali menegaskan, aplikasi WhatsApp di Mac akan menjaga pesan dan panggilan pribadi di setiap perangkat dengan sistem end-to-end encryption.

Aplikasi WhatsApp di Mac pun bisa diunduh di WhatsApp.com dan akan diluncurkan di App Store.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.