Sukses

Warganet Rayakan Hari Batik Nasional 2023 dengan Unggahan Foto dan Ucapan di Twitter

Warganet merayakan Hari Batik Nasional 2023 dengan mengunggah foto dan ucapan di Twitter. Lihat beberapa cuitan keren yang menunjukkan kebanggaan dan kecintaan terhadap batik.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Batik Nasional 2023 jatuh pada 2 Oktober setiap tahunnya selalu disambut meriah oleh warga Indonesia, baik di dunia nyata hingga internet.

Terbukti, keyword "Selamat Hari Batik Nasional" sudah bertengger di nomor satu trending topic Twitter atau X dan meramaikan linimasa sejak pagi.

Mayoritas warganet di X mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2023, sementara itu lainnya mengunggah foto mereka menggunakan batik atau membagikan gambar ilustrasi bertemakan batik.

Salah satunya adalah akun @RickyKardjono, mencuitkan, "Mari kita banggakan keindahan warisan budaya Indonesia dengan mengenakan batik hari ini.Batik merupakan jendela kekayaan budaya kita, dalam kain batik terkandung cerita dan keindahan Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2023 untuk semua...🙏🇮🇩❤️"

Berikut ini adalah beberapa cuitan warganet di Twitter/X yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com, Senin (2/10/2023).

Akun Twitter @deobiiiiiv menulis, "Oiyaaa selamat hari batik nasional!!! nnti ke kampus ak nak pake batik ehehe."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Batik Nasional 2023

Ilustrasi membatik, jawa. (Photo by Camille Bismonte on Unsplash)

Hari Batik Nasional sendiri bermula dari penetapan batik nasional sebagai warisan budaya tak benda oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009.

Saat itu, diselenggarakan sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Meski demikian, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO sendiri baru diajukan pada 9 Januari 2009.

Setelah ditetapkan oleh UNESCO, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemudian mengukuhkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Ketentuan tersebut dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Buka Acara Istana Berbatik, Rayakan Hari Batik Nasional

Jokowi mengenakan batik berwarna sogan dalam perhelatan Istana Berbatik untuk memperingati Hari Batik Nasional, Minggu (1/10). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka acara Istana Berbatik dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Istana Berbatik itu digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (1/10/2023) malam.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, lanjut dia, melalui acara Istana Berbatik dirinya mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin bangga dengan seni dan budaya bangsa, serta turut serta melestarikan.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada malam hari ini Istana Berbatik secara resmi saya nyatakan dibuka," sambung dia.

Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada 2 Oktober 2023 akan dirayakan meriah lewat acara bertajuk Istana Berbatik di Istana Merdeka, Jakarta, pada Minggu (1/10/2023) malam ini. Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan di ruas jalan sekitaran Monumen Nasional atau Monas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.