Sukses

CarPlay Tak Berfungsi di iPhone 15 Gara-Gara USB-C, Pengguna Protes!

Beberapa pengguna iPhone 15 melaporkan masalah CarPlay di kendaraan mereka sejak melakukan upgrade ke handset terbaru dan Apple, masalah ini diduga terkait dengan transisi iPhone 15 ke USB-C.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pengguna iPhone 15 melaporkan masalah CarPlay di kendaraan mereka. Masalah ini diduga terkait dengan transisi iPhone 15 ke USB-C.

Mengutip MacRumors, Senin (2/10/2023), beberapa pengguna iPhone 15 melaporkan mereka mengalami masalah saat menggunakan ‌CarPlay‌ dengan perangkat baru mereka.

Jenis kabel dan opsi port yang tersedia menjadi sorotan, dengan banyak masalah fungsionalitas terkait dengan kabel USB-A ke USB-C. Banyak mobil, bahkan beberapa yang lebih baru, hanya memiliki port USB-A dan bukan port USB-C, sehingga diperlukan kabel USB-A ke USB-C.

Sayangnya, tidak semua kabel USB-A ke USB-C yang ada di pasaran dapat digunakan. Beberapa kabel yang berfungsi pada kendaraan tertentu tidak akan berfungsi pada kendaraan lain. 

Seorang pengguna Reddit menjelaskan bahwa dia menyambungkan iPhone 15 dengan kabel USB-A ke USB-C untuk menggunakan Carplay. Namun ternyata tidak tersambung. Dalam pengaturan Carplay di iPhone-nya, tertulis bahwa mobil pengguna seolah-olah terhubung, tetapi tidak ada yang muncul di layar.

Pengguna lain juga melaporkan, dia mencobanya pada mobil-mobil yang berbeda dan tidak ada yang berhasil. 

"Mobil saya tidak memiliki port USB-C, jadi saya mencoba kabel C ke C yang disediakan Apple pada model 2023 dan tidak ada masalah. Jadi sepertinya USB-A ke USB-C tidak mengizinkan Carplay, atau tidak berfungsi lagi dengan pengisi daya non-Apple," ujarnya.

Pengguna ‌CarPlay‌ lainnya juga mengalami masalah serupa. Meskipun beberapa dapat membuat ‌CarPlay‌ berfungsi dengan kabel USB-A ke USB-C merek Belkin. 

Beberapa orang juga berhasil membuat ‌CarPlay‌ berfungsi dengan port USB-A menggunakan kabel BoostCharge USB-A ke USB-C Belkin, tetapi yang lain tidak berhasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Mencoba Beberapa Kabel untuk Mengaktifkan CarPlay

Dilaporkan MacRumors, pengguna mengungkapkan, setelah mencoba 2 kabel berkualitas bagus dia menghubungi Dukungan Apple terkait masalah yang dialaminya. 

Apple memberikan berbagai solusi potensial, tetapi tidak juga berhasil. Dengan demikian, pengguna setuju untuk mencoba kabel yang disertakan dengan telepon, setelah mendapatkan adaptor yang sesuai. 

"Sesampainya di rumah saya mencoba empat kabel lagi. Tiga di antaranya berhasil, yaitu dari Sony, Samsung, dan Nintendo. Hari ini saya mencoba kabel + adaptor Apple dan berfungsi juga," menurut keterangan pengguna di MacRumors.

Tidak ada masalah pada penggunaan tiga kabel tersebut. Terutama saat pengguna melakukan pengisian daya sekaligus menghubungkan headset PC ke VR berkecepatan tinggi. 

Koneksi iPhone ke PC Windows berfungsi baik dengan salah satunya dan pengguna dapat terhubung ke iPhone di iTunes. 

"Saya menduga ada poin spesifikasi yang terlewatkan oleh 3 kabel "berkualitas baik". Kalau iya, saya tidak tahu apakah mobilnya atau iPhone yang khusus dengan spesifikasi ini," katanya pengguna tersebut.

Mencoba berbagai kabel, khususnya kabel dari merek terkenal dan dengan dukungan transfer data, bisa jadi cara terbaik agar ‌CarPlay‌ berfungsi.

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa beberapa orang belum bisa menggunakan ‌iPhone 15‌ ‌CarPlay‌ bahkan dengan adaptor dan kabel Apple

 

3 dari 4 halaman

Sikap Apple

Seorang pengguna lain juga melaporkan memiliki masalah yang sama persis. Bahkan, dia telah mencoba dan membeli beberapa kabel berbeda berkualitas tinggi. Namun tidak ada satu pun yang berhasil. 

Dia juga telah melalui semua skrip pemecahan masalah dan AppleCare+. Dan diduga, permasalahan ini ada pada iPhone 15 atau iOS 17.

Mengutip MacRumors, masalah tersebut telah dilaporkan ke Apple. Dan saat ini perusahaan tersebut sedang berupaya memperbaiki masalah yang dikeluhkan oleh banyak pengguna ini. 

Apple dapat menerapkan pembaruan perangkat lunak yang meningkatkan kompatibilitas dengan beberapa kabel. Atau, perusahaan dapat pula memberikan penjelasan dengan lebih baik terkait  kabel USB-C mana yang akan berfungsi dengan iPhone 15.

4 dari 4 halaman

Apple Store China Tak Rekomendasikan Kabel USB-C Android untuk iPhone 15

Port USB-C, sebuah fitur yang sudah lama dikenal oleh pengguna Android, kini menjadi pusat perhatian karena digunakan juga pada iPhone 15.

Penerapan USB-C pada iPhone 15 memberikan keuntungan yang signifikan. Dilansir Gizchina, Senin (25/9/2023), dulu pengguna Apple memerlukan kabel terpisah untuk iPhone, iPad, dan MacBook. Namun, dengan port USB-C, satu kabel kini dapat mengisi daya semua gadget ini.

Kendati demikian, seperti halnya transisi teknologi besar lain, ada beberapa hambatan dalam prosesnya. Laporan terbaru dari Tiongkok, salah satu pasar terbesar Apple, menyoroti kekhawatiran yang diajukan oleh beberapa toko resmi Apple. 

Toko-toko ini menyarankan pelanggan agar tidak menggunakan “kabel Android” untuk mengisi daya iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru mereka. Alasannya, dikhawatirkan selama proses pengisian daya perangkat akan mengalami overheat.

Terkait saran ini, Apple secara resmi tidak memberikan pernyataan apa pun. Namun, salah satu penjelasan yang mungkin adalah adanya perbedaan dalam konstruksi kabel antara produsen Android dan Apple. 

Tidak semua kabel USB-C diciptakan sama. Selain itu, variasi dalam penyelarasan pin sambungan serta susunan elemen tertentu dapat memengaruhi jumlah panas yang dihasilkan selama pengisian daya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini