Sukses

Tecno Phantom V Flip 5G Dirilis, Bawa Cover Screen Bulat dan Harga Lebih Terjangkau

Tecno Phantom V Flip baru saja diluncurkan dengan layar luar yang unik dan berbeda dari smartphone clamshell lainnya, yaitu punya desain berbentuk bulat..

Liputan6.com, Jakarta - Tecno baru saja meluncurkan HP layar lipat clamshell pertamanya, yang punya layar depan dengan bentuk berbeda dari perangkat serupa lainnya yaitu Phantom V Flip 5G.

Yang membuatnya berbeda dari smartphone flip lain adalah desain dari cover screen atau layar luar perangkat ini yang berbentuk lingkaran, yang mereka beri nama "The Planet" dan punya layar AMOLED 1,32 inci.

Layar dari HP layar lipat ini juga punya banyak fungsi yang misalnya untuk mengakses kamera, memutar musik, membalas pesan, dan dilengkapi dengan Smart Widget yang dapat disesuaikan.

Pengguna juga dapat menghadirkan hewan peliharaan virtual interaktif 3D, Tmoji, serta menyesuaikan wallpaper di layar mungil tersebut.

Sementara layar utamanya berukuran 6,9 inci FHD+ dengan resolusi 2640 x 1080, serta mendukung refresh rate LTPO 10 sampai 120Hz dan touch sampling rate 360Hz.

HP Tecno Phantom V Flip 5G punya ukuran 88,77 x 74,05 x 14,95 mm saat dilipat, dan 171,72 x 74,05 x 6,95 mm saat dibuka.

Dikutip dari laman resminya, Minggu (24/9/2023), Phantom V Flip 5G memakai chipset MediaTek Dimensity 8050 5G. Ia juga dilengkapi RAM 8GB dan ROM 256GB, serta mendukung Extended Memory sampai 8GB.

Tecno Phantom V Flip 5G juga menjadi perangkat pertama yang dikeluarkan perusahaan itu, yang memakai sistem operasi HiOS 13.5 baru, berdasarkan Android 13.

Sistem ini juga menawarkan fitur cerdas seperti virtual assistant ELLAGPT, dengan keamanan yang ditingkatkan.

Mendukung fotografi, pada smartphone Tecno ini ada kamera luar 64MP dengan sensor 1/1,7 dan aperture f/1,7, yang juga mendukung PDAF. Kamera luar lainnya adalah ultra-wide 13MP, dan ada juga kamera dalam 32MP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Tecno Phantom V Flip 5G

Bicara soal daya, kapasitas baterainya adalah 4000 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat 45W yang diklaim dapat terisi 50 persen dalam 15 menit, dan hanya butuh 45 menit untuk mengisi penuh.

Tecno Phantom V Flip 5G diluncurkan dalam dua varian warna yaitu Mystic Dawn dan Iconic Black.

Dikutip dari Gizchina, dalam pengumumannya, diungkap bahwa harga Tecno Phantom V Flip 5G adalah INR 49.999 atau sekitar Rp 9,2 juta.

Namun dalam acara di Singapura, untuk pasar Eropa harganya adalah €700 atau sekitar Rp 11,4 juta, sedangkan harga di negara lain mungkin akan ditawarkan harga promosi di USD 650 (sekitar Rp 9,9 juta).

Mengingat Tecno Phantom V Flip 5G ini dirilis secara global, belum diketahui apakah HP layar lipat yang harganya lebih murah dari beberapa perangkat serupa ini, juga akan dirilis di Indonesia atau tidak.

3 dari 4 halaman

Tecno Pamer Konsep HP Layar Gulung

Tecno sebelumnya juga memamerkan konsep HP layar gulung pertama buatan mereka, yang diberi nama Phantom Ultimate.

Kira-kira, pengoperasiannya mirip dengan apa yang dipamerkan Oppo X tahun 2021 lalu, di mana smartphone itu bisa melebar ke samping, sehingga membuat layarnya menjadi lebih besar.

Ukuran layar awalnya adalah 6,55 inci, namun jika diperbesar menjadi 7,11 inci dalam waktu 1,2 sampai 1,3 detik.

Mengutip GSM Arena, Sabtu (2/9/2023), Tecno Phantom Ultimate memiliki sistem motor penggerak tunggal, yang memperluas perangkat cuma dengan menekan tombol di sisi kanan atas perangat.

Perangkat konsep kedua dari Tecno ini pun mirip dengan perangkat layar lipat Vision V, hanya saja tanpa bagian lipatnya.

Saat digulung, HP Tecno ini berukuran 6,55 inci dengan layar tambahannya berada di bagian belakang perangkat, serta akan menjadi Always-On Display.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Tecno Phantom Ultimate

Untuk spesifikasi HP layar gulung ini, layarnya memakai panel LTPO AMOLED 7,11 inci dengan resolusi 2.296 x 1.596 piksel dan 388 PPI, dengan klaim color gamut DCI-P3 100 persen.

Untuk tebalnya, Tecno Phantom Ultimate berukuran 9,93 mm di bagian dasarnya. Namun, perusahaan menjanjikan pengguna dapat memegangnya dengan satu tangan.

HP layar gulung ini juga punya kaca pelindung untuk sliding area-nya, serta bagian belakang bertekstur untuk pegangan yang lebih baik.

Mengingat Tecno Phantom Ultimate masih merupakan sebuah perangkat konsep, tidak diketahui apakah perusahaan akan meluncurkannya ke pasaran atau tidak.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.