Sukses

Cara Pakai Mendeley Versi Terbaru, Mahasiswa Wajib Tahu!

Cara menggunakan Mendeley untuk mencari referensi dan membuat sitasi atau daftar pustaka untuk skripsi kamu. Ini dia informasi penting untuk para mahasiswa akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Mendeley merupakan aplikasi yang bisa membantu dalam mengatur sitasi atau kutipan dalam karya ilmiah atau skripsi kamu. Terdapat dua versi Mendeley yang perlu kamu ketahui, yaitu Mendeley Dekstop dan Mendeley Reference Manager.

Mendeley Dekstop adalah Mendeley versi lama, sedangkan Mendeley Reference Manager adalah versi terbaru yang dirilis pada tahun 2019. Lalu, apa yang membedakan kedua versi ini?

Secara umum, tampilan keduanya jelas berbeda. Namun ada pula beberapa perbedaan lain, seperti yang disebutkan di bawah ini. 

  1. User interface Mendeley Reference Manager lebih friendly.
  2. Pilihan referensi pada Mendeley versi terbaru lebih banyak jika dibandingkan dengan Mendeley Dekstop.
  3. Mendeley Dekstop lebih cocok pada perangkat Microsoft tahun 2019 ke bawah, sedangkan Mendeley Reference Manager dapat digunakan pada perangkat Microsoft tahun 2019 ke atas.
  4. Penggunaan Mendeley Dekstop tidak harus terhubung dengan koneksi internet, hal ini berbanding terbalik dengan Mendeley versi terbarunya.

Itu dia perbedaan signifikan dari dua versi tersebut. Untuk kamu yang masih menggunakan Mendeley versi lama dan ingin update ke Mendeley Reference Manager, tidak perlu khawatir.

Dengan masuk ke Mendeley Dekstop seperti biasa, kamu secara otomatis bisa langsung masuk ke Mendeley Reference Manager. Jadi kamu tidak perlu registrasi ulang untuk menggunakan Mendeley versi terbarunya.

Setelah mengenal dua versi Mendeley, selanjutnya Tekno Liputan6.com akan memberi tutorial cara men-download aplikasi Mendeley Reference Manager dan cara menginstalnya ke perangkat laptop kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Download dan Instal Mendeley ke PC

  1. Buka browser, kemudian ketik Mendeley pada kolom pencarian. Atau bisa juga ketikkan url mendeley.com, dengan begitu kamu akan langsung di arahkan ke situs web-nya.
  2. Di bagian atas, pilih Download.
  3. Sebelum men-download pastikan kamu sesuaikan dulu dengan sistem operasi PC yang digunakan. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.
  4. Kemudian pilih sistem operasi yang sesuai untuk men-download.
  5. Setelah ter-download, kamu bisa langsung instal ke perangkat.
  6. Untuk menginstal, buka Windows Explorer kemudian buka folder unduhan. Kemudian klik Mendeley Reference Manager yang sudah ter-download.
  7. Setelah itu akan muncul sebuah tab, klik 'only for me'. Selanjutnya klik Install dan tunggu proses instalasinya selesai.
  8. Setelah proses instalasi selesai, klik Finish. Dengan begitu aplikasi Mendeley kamu otomatis terbuka.
3 dari 4 halaman

Selanjutnya, Buat Akun Mendeley Kamu

  1. Masukkan email aktif kamu, kemudian klik Continue.
  2. Selanjutnya isikan nama kamu pada kolom User Name dan Family Name, kemudian buat password.
  3. Klik Register.
  4. Klik Continue.
  5. Setelah itu kamu akan sampai pada tampilan Mendeley.

Perlu diingat bagi pengguna Mendeley versi lama, yakni Mendeley Dekstop, tampilan pada Mendeley Reference Manager sangat berbeda.

Terdapat keterangan Authors (nama penulis), Year (tahun terbit), Title (judul referensi), Source, Added (kapan kamu menambahkan referensi), dan File.

Kemudian, pada bagian 'Add New', terdapat tiga pilihan untuk menginput referensi. File(s) from computer untuk menginput file yang tersimpan di perangkat kamu, Add entry manually untuk menginput secara manual, dan Import library.

Pada dasarnya hampir mirip dengan versi lama, tapi pada Add entry manually kamu akan mendapatkan lebih banyak referensi.

4 dari 4 halaman

Menyambungkan Mendeley dengan Microsoft Word

  1. Pilih Tools di sebelah kiri atas. Kemudian pilih Install Mendeley Site for Microsoft Word.
  2. Klik Dapatkan Sekarang. Dengan begitu otomatis kamu akan diarahkan ke Google Chrome.
  3. Setelah itu, kamu akan melihat perintah untuk masuk ke akun Misrosoft Word.
  4. Kemudian klik Buka di Word atau lakukan secara manual. Untuk melakukannya secara manual, kamu bisa mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar.

Untuk membuka di Ms Word secara manual, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Ms Word. Pilih dokumen kosong.
  2. Klik Insert, kemudian pilih dapatkan Add-in dan klik Mendeley.
  3. Klik tombol Tambahkan pada aplikasi Mendeley kemudian klik Lanjutkan.
  4. Setelah selesai, kamu dapat melihat Mendeley Site di deretan toolbar, tepatnya di bagian Reference.

Tampilan Mendeley Site lebih detail dengan tersedianya Bibliography dan Citation Style.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.