Sukses

7 Rekomendasi Website Artikel Jurnal Nasional dan Internasional untuk Referensi Tugas Kuliah dan Skripsi

Rekomendasi website artikel jurnal nasional dan internasional untuk referensi tugas kuliah dan skripsi

Liputan6.com, Jakarta - Tugas kuliah sudah menjadi suatu hal wajib yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa. Berbagai karya tulis seperti artikel, esai, makalah, bahkan skripsi, merupakan hal-hal yang harus bisa dipertanggungjawabkan isi, relevansi, dan keasliannya. 

Sehingga kamu harus mencantumkan daftar pustaka atau referensi yang digunakan dalam membuat karya tulis tersebut. Tidak sulit untuk menemukan artikel jurnal yang kamu butuhkan. Berbagai website artikel jurnal nasional maupun internasional sudah banyak bertebaran di internet.

Kendati demikian, kamu tetap harus berhati-hati dan pastikan sumber yang kamu gunakan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Berikut adalah rekomendasi website artikel jurnal nasional maupun internasional yang bisa kamu gunakan.

1. Google Scholar

Website yang satu ini tentunya sangat mudah untuk kalian temukan. Dengan mengetikkan "Google Scholar" pada mesin pencarian Google, kamu akan langsung menemukannya di pencarian.

Di sini kamu bisa mencari artikel-artikel dari berbagai bidang dan pastinya terbaru. Kamu juga bisa memilih rentang waktu publikasi artikel jurnal yang kamu inginkan.

Untuk mencari artikel jurnal yang kamu butuhkan sangatlah mudah. Setelah masuk ke Google Scholar, akan muncul laman pencarian seperti pada Google. Ketikkan topik apa yang kamu cari dan klik tombol cari/search, kemudian Google Scholar akan menampilkan berbagai artikel jurnal tentang topik tersebut.

Artikel di website ini tidak hanya artikel jurnal nasional saja, ada juga artikel jurnal internasional yang pastinya bisa kamu unduh dalam format PDF.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Website Artikel Jurnal Nasional dari Berbagai Kampus

2. Repository kampus

Repository merupakan sebuah layanan  yang diberikan oleh universitas kepada publik, terutama mahasiswa, berupa pengelolaan dan publikasi materi digital.

Setiap universitas di Indonesia memiliki sistem repository-nya masing-masing. Di dalamnya menyimpan hasil penelitian mahasiswa ataupun dosen dari berbagai bidang, baik tugas akhir, skripsi, ataupun jurnal mahasiswa.

Sehingga, website ini menjadi salah satu rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya dapat mengakses website Repository dari kampus sendiri, kamu juga bisa mengakses milik kampus lain.

Hanya saja, memang tidak semua Repository kampus bebas akses. Jadi, kalau kamu ingin melihat salah satu skripsi di website tersebut, kamu hanya dapat melihat bagian bab 1 dan bab 5 saja.

Namun jangan khawatir, ada banyak kampus yang bebas akses untuk memudahkan kamu mencari referensi.

3. Springer Link 

Website  ini bisa kamu gunakan untuk mencari artikel jurnal internasional. Cara mencarinya mudah, kamu hanya perlu masuk ke website kemudian ketik topik yang relevan dengan karya tulis kamu.

Berbagai artikel jurnal bisa kamu unduh secara gratis, tetapi ada juga artikel-artikel yang berbayar.

3 dari 4 halaman

Website Penyedia Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Terindeks

4. Scimago Journal and Country Rank

Website ini menyediakan artikel jurnal internasional yang terindeks, sehingga tidak perlu diragukan lagi keabsahan dan keorisinilannya.

Cara mencari artikel jurnal melalui Scimago sama seperti pada website lainnya, kamu hanya perlu masuk ke website kemudian ketikkan kata kunci di kolom pencarian. 

5. Sinta

Sinta merupakan website penyedia artikel jurnal penyedia berbagai jurnal nasional dan internasional yang dikelola oleh Kemenristek Dikti. Bahkan, Sinta memiliki indeks sendiri, mulai dari S1 (Sinta 1) sampai S6 (Sinta 6).

Jurnal dengan indeks S1 merupakan jurnal dengan indeks terbaik dan S6 adalah jurnal dengan indeks paling rendah.

Walaupun berisi jurnal nasional dan internasional, website ini lebih direkomendasikan untuk mencari jurnal-jurnal nasional, karena lebih diakui keabsahannya. Apalagi untuk jurnal dengan indeks S1 sampai dengan S3.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Website Artikel Jurnal Gratis Lainnya

6. Academia.edu 

Academia.edu merupakan website yang menyediakan berbagai referensi artikel jurnal bahkan e-book nasional maupun internasional. Sehingga kamu akan mendapat berbagai pilihan untuk referensi karya tulis kamu. Kamu juga bisa mengaksesnya secara gratis.

Namun, untuk mengaksesnya kamu perlu mendaftar dulu dengan akun Google atau akun Facebook.

7. Perpusnas 

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Perpustakaan Nasional, kan? Website ini merupakan laman Perpustakaan Nasional yang menyediakan berbagai buku, majalah, bahkan artikel secara online.

Untuk mengaksesnya, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu menjadi anggota resmi. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan nomor anggota, sehingga kamu dapat mengakses berbagai layanan digital Perpusnas dan mengunduh soft file jurnal secara gratis.

Nah, itu dia 7 rekomendasi website yang dapat membantu kamu menyelesaikan tugas kuliah. Selamat mencoba...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.