Sukses

Tingkah Kocak Pak Bas Sibak Baju Erick Thohir di Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia Bikin Warganet Ngakak

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengusik baju Menteri BUMN Erick Thohir saat lagu Andhika Bhayangkari berkumandang di upacara Hari Kemerdekaan RI. Aksi jahil Pak Bas ini membuat warganet tertawa.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja memang tingkah kocak dan lucu dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, atau sering disapa dengan Pak Bas.

Hadir sebagai salah satu tamu di upaca Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Duduk dibarisan depan di samping Menteri BUMN, Erick Thohir, kelakuan Pak Bas di saat lagu Andhika Bhayangkari berkumandang membuat warganet ngakak.

Dalam posisi berdiri, tiba-tiba Pak Basuki menyibak baju Erick Thohir yang berada di samping kanannya.

Menteri BUMN dan istrinya pun itu terlihat terkejut dan tertawa dengan kejahilan Pak Bas. Sementara itu, Kartika Nurani, istri Pak Basuki sempat terlihat menyolek sang suami karena berbuat jahil.

Tak hanya menuai gelak tawa Erick Thohir dan istri, banyak warganet dibuat ngakak oleh tingkah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ini.

Berikut adalah cuitan mereka, sebagaimana dihimpun dari platform media sosial Twitter.

""Tu perut maju bener, dalemnya apaan ya, buka ah." Pikir pak Bas dalam hati. Keliatan Pak Bas ini kalau pas sekolah murid yg baris di belakang dan gak bisa sikap sempurna pas upacara. Gatel mulu tangan, kaki, badan, ama isi kepala... haha. But we love u pak...," komentar @m****.

"Jadi menteri bisa, photographer bisa, jadi kang lawak pun bisa," kata @d**** di platforrm media sosial itu.

"Pak bas kalo sehari ga ngelawak sawan keknya 😭😭😭," cuit @b****.

"Pak bas ada aja kelakuannya 😭😭😭," ujar @b****.

Akun Twitter @A**** mencutikan, "Jadi ingat scene di film mr bean 🤣."

"Istrinya pak bas sampe nepuk gitu kek bocil dilarang emaknya 😭😭," ucap @i****

"Makin tua kadang sifat makin kayak anak anak 😭 mana pas disenggol ibuk lgsg diem 😭, ujar @s**** di Twitter.

"ue tadi juga salfok sm inii🤣 pak bas lucu bgtt😭😭," kata @s****.

"Gw liat banget ini tadi langsung ngakak 🤣," cuit @n**** di platform media sosial Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Kenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta di HUT RI ke-78

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Solo, Jawa Tengah saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian khas Raja Jawa di Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Melalui akun media sosialnya, Presiden Jokowi menyebut, dirinya mengenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Surakarta, Jawa Tengah, saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Jokowi juga mengunggah foto dirinya dengan pakaian bernuansa warna hitam lengkap dengan songkok dan dasi yang juga warna hitam.

Unggahan Jokowi tersebut langsung mendapatkan pujian dari warganet. Ada yang menyebut pakaian yang dikenakan Jokowi kali ini begitu keren, gagah, bahkan ada yang menyebutnya mirip Sultan Agung.

"Keren banget Bapak," kata seorang pengguna Twitter @a_m***.

"Mirip Sultan Agung," tulis akun Twitter @nau***.

Warganet lain juga menyebut upacara Hari Kemerdekaan Indonesia selalu dinanti tiap tahunnya tiap tanggal 17 Agustus.

"Yang ditunggu-tunggu tiap tanggal 17 Agustus, tahun depan akan kayak gini juga gak ya," kata akun @wul***.

Ada pula warganet yang menyebut, busana Presiden Jokowi lebih pas saat mengenakan pakaian dari Surakarta ini ketimbang yang kemarin dikenakan.

3 dari 4 halaman

Mirip Sultan Agung

<p>Iriana Jokowi berbusana tradisional Bali saat menghadiri acara upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta, 17 Agustus 2023. (dok. tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)</p>

"Lebih pas yang ini dibanding yang kemarin," kata pengguna dengan akun @faj***.

Lalu, ada yang menyebut, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan membuatnya tahu bahwa Indonesia begitu kaya akan budaya, salah satunya karena pakaian adat yang dikenakan Jokowi.

"Kalau gak liat acara detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Kepresidenan aku nggak akan tahu kalau Indonesia itu kaya akan budaya dan adatnya," kicau akun @tink***.

"Indonesia sangat kaya akan adat dan budayanya, dan Pakde Jokowi selalu cocok dengan mengenakan pakaian adat dari seluruh nusantara ini," kata pengguna dengan akun @189***. 

Warganet lain menyebut, sudah menebak Presiden Jokowi tidak akan jauh dari pakaian Jawa.

"Semalam nebak Pakde mau pakai beskap, ternyata ndak jauh-jauh melesetnya ya tebakan saya," komen warganet dengan akun @Std****.

Ada juga warganet yang baru sadar, Jokowi adalah presiden yang selalu mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia saat upacara Hari Kemerdekaan Indonesia.

4 dari 4 halaman

Warganet Gaungkan Dirgahayu Republik Indonesia di Twitter

Ibu Negara Iriana Jokowi terlihat ikut bergoyang dari kursinya yang berada persis di samping Presiden Jokowi saat lagu Maumere didendangkan.

Warganet ramai merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 atau HUT ke-78 RI dengan meriah. Karena hal itu, keyword Dirgahayu Republik Indonesia pun puncaki trending topic di Twitter.

Lewat keyword ini, banyak warganet mengucapkan dirinya bangga menjadi warga Indonesia dan lainnya menuliskan berbagai harapan hingga doa untuk Tanah Air di HUT RI ke-78 ini.

Tak hanya menuliskan teks, banyak juga netizen membagikan foto, meme, dan GIF bertemakan hari kemerdekaan Indonesia ini.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet terkait keyword Dirgahayu Republik Indonesia HUT ke-78 RI yang sudah dicuitkan hingga 6,284 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.