Sukses

Kejora, Game Adventure Bernuansa Lokal Bakal Hadir di Steam

Setelah berhenti dua tahun, Berangin Creative melanjutkan pengembangan game lokal Kejora hingga dapat diakses melalui Steam Wishlist

Liputan6.com, Jakarta - Kejora, yang dikembangkan studio Indonesia Berangin Creative menjadi salah satu game dengan tampilan terbaik saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2021. Kejora membawakan nuansa pedesaan Indonesia dengan bantuan animasi slice-of-life.

Semenjak saat itu, game yang mengambil referensi dari film-film anak zaman dahulu ini belum mengalami banyak pembaruan. Setelah dua tahun, studio Berangin kembali membawa angin segar kelanjutan game mereka setelah melakukan revisi desain besar-besaran.

Rencananya, game Kejora dibua menjadi game sidescroller run-and-gun, dengan game Cuphead sebagai inspirasi utama game ini. Hal ini disampaikan oleh Yarfai Azami dan Bagaskara Firdaus, dua pendiri Berangin Creative yang memulai projek ini.

Namun ketika purwarupa awal game ini dibuat, mereka tidak mendapatkan respons yang positif. Para pencipta game ini kemudian menyalahkan kurangnya pengalaman dan jumlah staf mereka yang hanya tiga orang.

Lantas, Kejora mengubah fokusnya di tahun ini dan sedang dikembangkan sebagai petualangan berplatform teka-teki dengan tetap mempertahankan tampilan di gambar tangan.

Game PC ini bercerita tentang seorang gadis bernama Kejora yang dikejar-kejar oleh hewan-hewan menakutkan di desanya setelah mengetahui sebuah kebenaran yang mengerikan, dan narasinya diceritakan dari sudut pandangnya.

Kejora ditemani oleh para sahabat yang dapat membantunya mengatasi tantangan. Pada akhirnya, mereka mengetahui kebenaran tentang desanya yang penuh misteri menyeramkan, sehingga dia tidak sendirian dalam perjalanannya yang penuh teka-teki dan menakutkan itu.

Tim Berangin Creative menghadiri acara Indigo Game Startup Incubation (IGSI) sehubungan dengan perubahan arah dan genre permainan untuk mendapatkan masukan mengenai Kejora yang telah diperbarui.

Tim yang kini beranggotakan sembilan orang ini memiliki kepastian untuk menyelesaikan pengembangan game Kejora berkat masukan yang telah diberikan. Bagi kamu yang ingin mengikuti petualangan Kejora, game PC ini sekarang dapat diakses dengan Steam wishlist. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hello Goodboy, Game Lokal yang Usung Kisah Mengharukan Sudah Launching di Sejumlah Platform

Di tengah gencarnya gempuran game asing, Glory Jam, sebuah game studio indie merilis game baru dengan judul Hello Goodboy pada 25 Mei 2023.

Sebelumnya, studio pengembang game asal Bandung, Jawa Barat tersebut, telah meluncurkan game lokal Rage in Peace dan What Comes After.

Hello Goodboy adalah game naratif yang cozy dan wholesome, menceritakan tentang seorang pemuda bersama seekor anjing lucu yang sedang mencari tujuan akan perjalanannya di alam baka.

Selain hadir di platform Nintendo Switch, Hello Goodboy juga tersedia di platform Steam, Epic dan GOG sebagai game produk Indonesia.

Menurut Dominikus D Putranto, Game Director, Hello Goodboy game ini mencoba menggambarkan petualangan emosional yang dihadapi oleh protagonis, Iko, saat ia menjelajahi alam lain dan berusaha memahami makna di balik perjalanannya.

Game ini, lanjut dia, cocok untuk pemain yang menyukai cerita petualangan dan menyukai pengalaman dan cerita yang menyentuh hati. "Hello Goodboy menawarkan pengalaman naratif yang non-linear dan emosional, namun dekat dengan kehidupan sehari-hari kita," imbuhnya.

Selain itu, Hello Goodboy akan cocok untuk pemain yang menyukai permainan yang relaks dan santai dan memiliki grafis yang memanjakan mata. Hello Goodboy menawarkan gameplay yang santai dan berfokus pada pengalaman naratif dibungkus dengan art dan animasi yang bagus.

"Dan tentunya untuk pemain yang memiliki dan menyukai hewan peliharaan terutama anjing," jelas dia.

3 dari 4 halaman

Makin Serius, Netflix Uji Coba Layanan Streaming Game di Smart TV dan Desktop

Di sisi lain, Netflix dilaporkan mulai menguji coba layanan streaming game di TV dan desktop. Hal ini dilakukan untuk memperluas katalog game andalan mereka yang sebelumnya hanya ada di perangkat iOS dan Android.

"Tujuan kami adalah selalu menyediakan game untuk semua orang, dan kami bekerja keras memenuhi kebutuhan para anggota di mana pun mereka berada dengan layanan yang mudah diakses, tanpa hambatan, dan ada di mana-mana," tulis Mike Verdu, Wakil Presiden Netflix Games, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (16/8/2023).

Hal ini sekaligus menandai langkah pertama Netflix dalam menghadirkan layanan game di lebih banyak perangkat. Namun untuk tahap uji coba ini, baru ada dua game yang mendukung yakni Molehew's Mining Adventure dan Oxenfree.

Saat ini, Netflix baru membuka akses beta ke sejumlah pengguna di Britania Raya dan Kanada.

Meskipun masih terbatas, perusahaan memastikan akan menambah daftar perangkat yang akan kompatibel dengan layanan streaming game ini. Dalam beberapa minggu ke depan, game tersebut juga bisa dimainkan di situs web Netflix menggunakan browser desktop yang kompatibel.

Netflix juga telah merilis aplikasi kontroler di perangkat Android dan iOS untuk mendukung layanan streaming game ini di TV. Sementara bagi pengguna PC dan Mac, game tersebut dapat dimainkan dengan mouse dan keyboard.

Adapun pengujian ini merupakan langkah Netflix untuk mengevaluasi penggunaan layanan streaming game sekaligus kontroler besutan mereka. Hanya untuk saat ini, informasi mengenai judul game lain yang akan mendukung belum dapat dipastikan. 

4 dari 4 halaman

Infografis: Dampak Bermain Game Berlebihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini