Sukses

Cara Menjaga Keamanan Akun: Panduan Pengelola Kata Sandi bagi Pemula

Dengan begitu banyak situs web dan aplikasi yang memerlukan kata sandi, sangat mudah untuk terjebak dalam penggunaan kata sandi yang sama di lebih dari satu aplikasi. Namun, tentu saja memakai kata sandi itu-itu saja berisiko

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital saat ini, memiliki kata sandi (password) kuat dan unik untuk akun sangatlah penting. Dengan begitu banyak situs web dan aplikasi yang memerlukan kata sandi, sangat mudah untuk terjebak dalam penggunaan kata sandi yang sama di lebih dari satu aplikasi. Namun, tentu saja memakai kata sandi itu-itu saja berisiko.

Di sinilah pengelola kata sandi (password manager) mungkin dapat bermanfaat bagi Anda. Pengelola kata sandi dapat kita ibaratkan seperti brankas digital yang menyimpan kata sandi secara aman dan juga membantu Anda mengelolanya.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan/atau terlalu akrab dengan password manager, simak panduan singkatnya berikut ini.

1. Memahami Kebutuhan Pengelola Kata Sandi

Bayangkan jika seorang peretas mendapatkan kata sandi Anda untuk satu akun dan ternyata kata sandi itu digunakan di banyak akun lainnya? Jika ini terjadi, mereka berpotensi mengakses semua akun Anda!

Pengelola kata sandi memecahkan masalah ini dengan menghasilkan kata sandi kuat dan unik untuk setiap akun. Artinya, meskipun satu kata sandi untuk satu akun diretas, akun Anda yang lain seharusnya tidak akan langsung kebobolan.

2. Memilih Pengelola Kata Sandi

Ada berbagai jenis pengelola kata sandi. Beberapa di antara mereka bersifat online, sedangkan yang lain tetap di perangkat Anda. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menyiapkan Pengelola Kata Sandi

Setelah Anda memutuskan untuk memilih satu aplikasi pengelola kata sandi, tentu saja Anda perlu mendaftar. Setelah terdaftar, biasanya Anda perlu memasang ekstensi browser atau aplikasi seluler. Ini akan membantu pengelola kata sandi bekerja dengan lancar dengan aktivitas Anda di dunia maya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Mengimpor Kata Sandi

Jika Anda telah menggunakan kata sandi yang tersimpan di browser, Anda tak perlu khawatir sebab Anda dapat mengimpor kata sandi itu ke aplikasi pengelola kata sandi. Banyak di antara aplikasi pengelola kata sandi menyediakan fitur impor, sehingga Anda tak mesti repot-repot mengetikkan ulang kata sandi satu per satu untuk banyak akun.

5. Membuat Kata Sandi Kuat dan Unik

Pengelola kata sandi dapat menghasilkan kata sandi yang kuat dan unik. Dengan begitu, Anda tak perlu bersusah payah memikirkan kata sandi yang kuat dan unik.

Biasanya, aplikasi pengelola kata sandi memiliki beberapa parameter yang dapat Anda pilih saat mereka hendak menghasilkan kata sandi; parameter itu termasuk seberapa panjang karakter kata sandi, huruf besar, huruf kecil, simbol, dan angka.

6. Mengatur dan Mengategorikan Kata Sandi

Anda dapat mengatur daftar kata sandi Anda tetap rapi dengan kategori. Anda dapat mengelompokkannya berdasarkan jenis (email, media sosial, perbankan) atau dengan cara apa pun yang masuk akal bagi Anda.

3 dari 4 halaman

7. Isi dan Login Otomatis

Pengelola kata sandi juga memudahkan proses masuk (login/sign in). Mereka akan mengingat kredensial Anda dan mengisinya secara otomatis saat Anda mengunjungi sebuah situs. Ini menghemat waktu dan memastikan Anda memasukkan detail Anda dengan benar.

8. Sinkronisasi Lintas Perangkat

Baik Anda menggunakan komputer atau smartphone, kata sandi Anda tetap tersinkronisasi. Ini berarti Anda tidak perlu mengingat kata sandi berbeda untuk perangkat berbeda.

9. Manajemen Kata Sandi Utama

Pengelola kata sandi Anda dilindungi oleh sebuah kata sandi utama. Ini adalah satu-satunya kata sandi yang perlu Anda ingat. Buat kata sandi itu sekuat dan seunik mungkin yang dapat Anda ingat dan jangan bagikan itu dengan siapa pun.

4 dari 4 halaman

10. Opsi Pencadangan dan Pemulihan

Pengelola kata sandi juga biasanya menawarkan opsi pencadangan dan pemulihan. Ini memastikan Anda tidak akan kehilangan kata sandi, jika terjadi kesalahan.

11. Meninjau dan Memperbarui Secara Teratur

Sesekali, tinjau pengelola kata sandi Anda. Hapus akun yang tidak lagi Anda gunakan, dan perbarui kata sandi untuk akun-akun penting. Selain itu, aktifkan autentikasi dua faktor sedapat mungkin untuk keamanan ekstra.

Kesimpulan

Menggunakan pengelola kata sandi bukan hanya tentang kenyamanan – ini tentang menjaga kehidupan online Anda tetap aman. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda akan memiliki kata sandi yang lebih kuat, pengaturan yang lebih baik, dan keamanan yang lebih baik di seluruh akun online Anda.

Jangan menunggu, mulailah menggunakan pengelola kata sandi hari ini dan kendalikan keamanan online Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.