Sukses

Bocoran Oppo Find N3, Bakal Punya Dukungan Fast Charging 67W

Menurut bocoran terbaru, Oppo Find N3 akan mendukung kemampuan fast charging 67W berdasarkan informasi dari laman sertifikasi Tiongkok 3C.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo diketahui akan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya di tahun ini. Perusahaan asal Tiongkok itu disebut akan meluncurkan Oppo Find N3.

Meski informasi peluncurannya belum diungkap, bocoran seputar smartphone ini sudah mulai bermunculan. Salah satunya adalah kemampuan fast charging yang didukung Oppo Find N3 ini.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (12/8/2023), informasi ini diketahui laman sertifikasi Tiongkok 3C. Berdasarkan informasi di situs tersebut, Oppo Find N3 akan mendukung fast charging 67W dengan kabel.

Kemampuan ini meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya mendukung fast charging 44. Kendati demikian, informasi mengenai peluncuran Find N3 ini belum diungkap.

Di sisi lain, kabar mengenai peluncuran Oppo Find N3 sendiri sudah diketahui sejak bulan lalu. Smartphone ini disebut akan meluncur ke pasar global, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Oppo Find N3 dengan nomor model CPH2499 sudah muncul mengantongi sertifikasi P3DN Kemenperin dan muncul di database Ditjen Postel Kominfo.

Berdasarkan penelusuran di internet, Oppo CPH2499 dipakai untuk lini HP Android Find N3. Berdasarkan data dari P3DN, smartphone ini sudah memenuhi nilai TKDN 37.05 persen.

Sementara itu, ponsel ini juga sudah muncul di database Ditjen Postel Kominfo dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023 yang diterbitkan pada 10 Juli 2023.

Mengingat Oppo CPH2499 sudah muncul di situs P3DN dan Ditjen Postel ada kemungkinan Find N3 akan segera meluncur di Indonesia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran Soal Spesifikasi Oppo Find N3

Walau informasi resmi tentang Oppo Find N3 ini belum dirilis resmi, sejumlah bocoran soal spesifikasi dan bentuk ponsel baru itu sudah beredar di internet.

Mengutip Gizmochina, Oppo Find N3 dilengkapi dengan layar OLED berukuran 8 inci utuk dibagian dalam, dan 6,5 inci FHD+ 120Hz di bagian depannya.

Kabarnya, ponsel layar lipat baru Oppo ini akan menggunakan tiga kamera 50MP OIS dengan salah satunya menggunakan lensa periskop yang sudah mendukung kemampuan zoom 3x.

Soal performa, HP Oppo Find N3 akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dipadukan dengan RAM 16GB, dan memori internal UFS 4.0 berkapasitas 1TB.  

3 dari 5 halaman

Oppo Kuasai Pasar Smartphone Lipat di China Sepanjang Januari-Mei 2023

Di luar dari ekosistem pasokan komponen smartphone paling komperehensif di dunia, China juga berhasil membangun ekosistem internet seluler dengan sangat kuat.

Capaian itu didukung oleh basis penggunanya yang sangat besar (1,4 miliar) dan penyebaran jaringan secara luas oleh operator telekomunikasi lokal.

Dalam hal smartphone lipat, kedua aspek tersebut saling mengoptimalkan kinerja software perangkat guna menawarkan pengoperasian yang mulus dan intuitif untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna.

Pada tahun 2022, pengiriman smartphone lipat China tumbuh 199% YoY hingga melampaui 3 juta unit, mewakili sekitar 26% dari volume global.

Dalam hal persaingan, Oppo, Huawei, dan Samsung muncul sebagai pemimpin pasar yang dominan, menawarkan model premium smartphone lipat terlaris di China.

4 dari 5 halaman

Alasan Smartphone Layar Lipat Makin Diminati Pengguna

Menurut laporan Counterpoint Research, dikutip Minggu (23/7/2023), Oppo dan Huawei menguasi daftar lima model ponsel lipat terlaris sepanjang Januari-Mei 2023, terhitung 76% dari total penjualan smartphone lipat di China.

Oppo Find N2 Flip, smartphone model flip pertama Oppo, berhasil menduduki puncak pasar smartphone lipat China, meraih 14,8% pangsa pasar. 

Pasar smartphone layar lipat atau foldable dinilai semakin naik dari tahun ke tahun. Hal ini membuktikan minat pengguna HP layar lipat kian bertambah, terlebih sejumlah perusahaan teknologi berlomba-lomba menghadirkan smartphone layar lipat yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna di segala aspek.

Berdasarkan riset Counterpoint Research Consumer Study 2023, terdapat 28 persen pengguna smartphone mempertimbangan untuk membeli smartphone layar lipat sebagai daily driver selanjutnya.

Jika dibandingkan antara smartphone desain flip dengan desain fold, peminat smartphone flip memiliki persentase yang lebih tinggi sebesar 49 persen.

Sementara peminat smartphone desain buku hanya meraih persentase sebesar 35 persen, yang menunjukkan bahwa smartphone layar lipat akan menjadi tren baru di dunia smartphone yang diperkirakan memliki pertumbuhan pengapalan sebesar 26 juta unit pada 2023.

(Dam/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.