Sukses

Review Xiaomi 13T: HP Android Kelas Menengah dengan Kamera Leica dan Performa Mewah

Xiaomi 13T adalah smartphone kelas menengah dengan kamera dan performa setara flagship. Simak ulasan lengkap kami tentang desain, fitur, dan pengalaman menggunakan ponsel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi 13T menjadi lini smartphone terbaru Xiaomi yang masuk ke Indonesia pada 6 Oktober 2023 mendatang, dengan banderol harga Rp 6,5 jutaan.

Walau masuk kategori kelas menengah, Xiaomi 13T nyatanya memiliki kemampuan setara dengan smartphone premium dalam hal kamera dan performa namun dengan harga lebih terjangkau.

Fotografi menjadi salah satu kemampuan andalan dari HP baru milik Xiaomi yang meluncur di Berlin, Jerman pada Selasa, 26 September 2023.

Tim Liputan6.com pun berkesempatan menjadi salah satu pihak pertama mencoba secara langsung HP Xiaomi 13T ini, dan menggunakannya dalam keseharian.

Adapun model yang kami pakai adalah Xiaomi 13T dengan RAM 12GB dan memori berkapasitas 512GB, dan varian warna Alpine Blue.

Seperti apa pengalaman kami selama pakai HP Xiaomi 13T ini? Apakah Xiaomi 13T benar-benar layak untuk dibeli dan memenuhi kebutuhan pengguna yang haus smartphone dengan kemampuan kamera setara flagship? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Desain

HP baru Xiaomi 13T memiliki desain elegan dan premium. Unit yang kami pegang adalah varian warna Alpine Blue, di mana perusahaan menggunakan material kulit ramah lingkungan bernama "vegan leather".

Sementara itu, untuk varian Meadow Green dan Black, perusahaan mengadopsi material kaca glossy untuk bodi bagian belakang ponsel.

Karena menggunakan material kulit, HP Android Xiaomi ini tidak licin dan bebas dari bekas sidik jari saat dipegang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain Xiaomi 13T

<p>Layar Xiaomi 13T yang berjenis AMOLED 6,67 inci FHD+ serta mendukung refresh rate hingga 144Hz (Liputan6.com/ Yuslianson).</p>

Selama pemakaian, kami merasa sangat nyaman mengeluarkan dan memasukan ponsel ini ke dalam saku tanpa harus takut licin atau khawatir tergores bila bodinya terbuat dari kaca.

Xiaomi 13T juga memiliki sertifikat IP68, yang berarti tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

<p>Penampakan Xiaomi 13T hasil kolaborasi dengan teknologi kamera Leica. Xiaomi 13T hadirkan tiga opsi warna yakni meadow green, alphine blue, dan classic black. Warna Xiaomi 13T dalam foto ini adalah meadow green (Liputan6.com/ Yuslianson). </p>

Selama kami mencoba, ponsel masih tetap dapat digunakan kembali tanpa ada masalah walau sudah disiram atau dicelupkan ke dalam air.

<p>Xiaomi 13T dari berbagai sisi (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sayangnya, Xiaomi tidak menyertakan slot microSD untuk tambahan kapasitas di ponsel barunya ini. Karena itu, pengguna harus puas dengan opsi 512GB yang tersedia di pasaran.

<p>Xiaomi 13T dari tiap sisi (Liputan6.com/ Yuslianson).</p>

Seperti biasa, kamu akan menemukan tombol power dan pengaturan volume di sisi kanan bodi Xiaomi 13T. Sementara di sisi berseberangan, perusahaan sama sekali tidak menampilkan apa pun.

Di bagian bawah, terdapat port USB-C untuk pengisian dan transfer data, speaker, dan slot microSIM. Menariknya, selain dapat menggunakan kartu SIM fisik, ponsel baru Xiaomi ini juga mendukung eSIM.

Tak tanggung-tanggung, pengguna dapat mendaftarkan hingga maskimal 8 kartu eSIM ke dalam satu ponsel ini.

 

3 dari 5 halaman

Performa

<p>Skor benchmark Xiaomi 13T di Geekbench 6, AnTuTu, dan  PC Mark battery test. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Apakah Xiaomi 13T mampu dipakai untuk main Gensin Impact atau Honkai: Star Rail? Sebelum itu, ponsel baru ini ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 8200 Ultra dengan kecepatan 3,1GHz.

Berdasarkan benchmark Geekbench 6, ponsel ini mendapatkan skor 1138 di pengujian single core dan 3179 untuk multi core.

Sedangkan saat diuji menggunakan AnTuTu versi 10, HP Xiaomi ini mencatatkan skor benchmark hingga 888559 poin.

<p>Uji coba performa Xiaomi 13T bermain game Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dan Mobile Legends. (Doc: Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Performa ini juga didukung dengan RAM 12GB, ponsel ini dapat "melahap" deretan game populer di Google Play Store saat ini layaknya smartphone flagship di pasaran.

Selama pakai, game-game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Genshin Impact, dan Honkai: Star Rail dapat dimainkan dengan baik dengan pengaturan tinggi, khususnya di Genshin dan HSR.

Hanya saja, memang saat main Genshin Impact bagian bodi ponsel akan teras sedikit lebih panas ketimbang biasanya. Hal ini berkat sistem pendingin vapor chamber baru.

Xiaomi mengklaim, vapor chamber di Xiaomi 13T ini memiliki ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya sehingga dapat mengatasi kondisi panas berlebih.

Smartphone ini juga mendukung jaringan 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.4, NFC, dan GPS. Selain itu, Xiaomi 13T juga memiliki sensor sidik jari di bawah layar yang responsif dan akurat.

<p>Uji coba performa Xiaomi 13T bermain game Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dan Mobile Legends. (Doc: Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

4 dari 5 halaman

Kamera

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Salah satu fitur unggulan dari Xiaomi 13T adalah kamera Leica yang terdiri dari tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

Kamera belakangnya meliputi 50 MP (f/1.9) dengan sensor Sony IMX707 dan OIS, 50 MP (f/1.9) telefoto dengan zoom optik 2x, dan 12 MP (f/2.2) ultrawide. Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP (f/2.4).

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berhubung Xiaomi 13T berkolaborasi dengan Leica, kemampuan kamera di ponsel ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Walau masuk kategori smartphone kelas menengah, Xiaomi 13T mampu menghasilkan foto bagus, detail, dan warna natural.

Kamera ini juga memiliki dua mode Leica, yaitu Leica Authentic yang membuat warna foto menjadi klasik dan khas Leica, serta Leica Vibrant membuat warna foto menjadi lebih terang dan cerah.

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Selain itu, kamera ini juga mendukung fitur-fitur seperti filter khas Leica, HDR-A, AI, motion tracking focus, dan teleprompter--cocok untuk konten kreator atau jurnalis.

Berikut adalah beberapa hasil foto yang diambil menggunakan Xiaomi 13T.

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

 

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

<p>Hasil foto dengan Xiaomi 13T (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

5 dari 5 halaman

Baterai

<p>Uji coba performa Xiaomi 13T bermain game Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dan Mobile Legends. (Doc: Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Xiaomi 13T dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, cukup besar untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dalam pengujian kami menggunakan PCMark Work Battery Life Test dengan tingkat kecerahan layar sekitar 50%, Xiaomi 13T hanya mampu bertahan selama sekitar 8 jam.

Untungnya, Xiaomi 13T mendukung pengisian daya cepat 67W yang bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 19 menit.

Kesimpulan

Xiaomi 13T adalah smartphone menarik untuk dibeli, terutama bagi mereka yang menginginkan kamera Leica, gemar memotret dan performa mumpuni dengan harga terjangkau.

Smartphone ini juga memiliki layar AMOLED CrystalRes 144Hz indah dan pengisian daya cepat 67W praktis.

Namun, Xiaomi 13T juga memiliki beberapa kekurangan, seperti desain mudah kotor--untuk model Meadow Green dan Black, dan antarmuka MIUI kurang nyaman. Jadi, sebelum membeli Xiaomi 13T, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan dan preferensi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini