Sukses

Mengharukan, FBI Pakai Konsol Game Nintendo Switch untuk Menemukan Gadis 15 Tahun yang Hilang Diculik

FBI menggunakan konsol game Nintendo Switch untuk menemukan seorang gadis 15 tahun yang hilang karena diculik dari rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah mengharukan tentang teknologi yang digunakan untuk kebaikan terjadi baru-baru ini. FBI bekerja sama dengan Nintendo untuk menemukan seorang gadis 15 tahun yang hilang karena diculik dari rumahnya di Arizona, Amerika Serikat (AI).

Gadis itu telah hilang selama beberapa minggu, dan keluarganya sangat membutuhkan info yang dapat membantu membawanya pulang. Saat itulah FBI beralih ke sumber yang tidak terduga, yaitu Nintendo Switch milik gadis malang tersebut.

Mengutip Gizchina, Kamis (20/7/2023), konsol game Switch akhirnya membantu FBI menemukan gadis hilang itu yang berjarak 2.000 mil dari rumahnya di Virginia.

Lantas, bagaimana FBI bisa menemukan gadis itu hanya dengan menggunakan Nintendo Switch?

Menurut catatan pengadilan, FBI dapat menggunakan info yang dikirimkan dari Nintendo Switch gadis itu untuk membantu menemukannya.

Switch, seperti banyak perangkat game modern, memiliki beragam fitur yang bisa terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lain. Dengan menganalisis data yang dikirimkan dari Switch gadis itu, FBI dapat menentukan lokasinya dan melacaknya.

ABC News melaporkan pelaku bernama Ethan Roberts (28) pergi ke Virginia untuk menjemputnya setelah menjadikan gadis itu sebagai teman online. Dia kemudian menculik gadis itu dan memaksanya untuk berhubungan dengan produk yang tidak pantas untuk anak-anak.

Selama penculikan, Roberts mengizinkan gadis itu untuk membawa konsol game Switch miliknya. Ya, ini adalah kunci untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Saat berada di Amazonas, gadis itu menggunakan Switch untuk mengunduh game dan masuk ke YouTube. Seorang temannya melihat nama gadis itu muncul di daftar aktivitas Switch dan segera menghubungi FBI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Langkah yang Dilakukan FBI Usai Mendapatkan Informasi

Berikut adalah lima hal dilakukan FBI setelah mendapatkan info penting:

1. Menghubungi Nintendo

FBI segera menghubungi Nintendo setelah menerima berita penculikan tersebut. Mereka mencari bantuan dari perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang Nintendo Switch dan koneksi internetnya.

2. Mendapatkan Alamat IP

Dengan kerja sama Nintendo, FBI dapat memperoleh alamat IP yang terkait dengan Nintendo Switch. Alamat IP ini memainkan peran penting dalam melacak lokasi konsol, dan selanjutnya gadis yang diculik.

3. Melacak Penculik

Dengan menganalisis informasi yang dikirimkan dari Nintendo Switch, FBI dapat melacak lokasi apartemen penculik.

Informasi ini membantu otoritas penegak hukum mempersempit pencarian mereka dan fokus untuk menangkap penculiknya.

 

3 dari 4 halaman

Langkah Berikutnya

4. Menemukan Gadis yang Diculik

Dengan bantuan data Nintendo Switch, FBI dapat menemukan gadis berusia 15 tahun yang hilang di Arizona, sekitar 2.000 mil jauhnya dari rumahnya.

Detail persis bagaimana Nintendo Switch digunakan untuk menentukan lokasinya belum diungkapkan kepada publik.

5. Menangkap Penculik

Berkat info yang didapat dari Nintendo Switch, FBI dan penegak hukum setempat berhasil menangkap penculiknya, Ethan Roberts.

Ia kemudian didakwa melakukan penculikan seseorang dan telah dijatuhi hukuman 30 tahun penjara federal.

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.