Sukses

Doku Fokus Digitalisasi UMKM Indonesia dengan Layanan Pembayaran Instan Juragan Doku

Setelah 16 tahun fokus di segmen korporat, kini Doku fokus pada digitalisasi UMKM di Indonesia melalui layanan pembayaran instan yang menyasar para penjual di media sosial.

 

Liputan6.com, Jakarta - Doku belum lama ini mengumumkan upayanya untuk mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia melalui Juragan Doku. Untuk mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia ini, Doku berkolaborasi dengan mitra komunitas mulai dari Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLab (Universitas Pelita Harapan).

Sebagaimana diinformasikan, Doku mantap masuk ke segmen UMKM setelah 16 tahun fokus menggarap segmen korporat.

Mengutip keterangan resminya, Rabu (5/7/2023), Doku menyatakan transformasi bisnisnya dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan.

CEO Doku Chris Yeo menyebut, Juragan Doku merupakan inisiatif untuk pertumbuhan lanjutan yang menyasar segmen pasar UMKM di Indonesia. Sebelumnya di tahun lalu, Doku melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia dengan akuisisi SenangPay.

"Juragan Doku menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah, dan lengkap, baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang dikenal dengan social sellers," kata Yeo.

Menurut Yeo, para penjual di media sosial bisa menjadi target utama bagi Juragan Doku di fase awal ini.

"Melalui Juragan Doku ini, kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran," kata Yeo.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Juragan Doku 

Inisiatif Juragan Doku menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout.

Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan Doku (tersedia di Play Store dan Apple Store), Doku juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Head of SME Doku, Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur untuk terima pembayaran yang langsung pakai bisa menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan Doku untuk digitalisasi UMKM di Indonesia.

"Dukungan kami tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki Doku sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," kata Angga.

Lebih lanjut dia bercerita, sejak memperkenalkan Juragan Doku sekitar awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan.

"Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi Doku untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Berikut Fitur di Aplikasi Juragan Doku 

1. Instant Checkout

Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.

2. Payment Link

Beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah.

3. E-Katalog

Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman.

4 dari 4 halaman

4. QRIS

Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk berbisnis online maupun offline.

Dalam perjalanan bisnisnya selama 16 tahun di Indonesia, Doku telah melayani lebih dari 150,000 merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet.

Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi Doku pasca pandemi Covid-19, di mana jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi Doku bertumbuh sebesar 80 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, Doku telah mengantongi profit terhitung sejak kuartal ke-4 di 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.