Sukses

Spesifikasi dan Harga Poco F5, Smartphone Terbaru Poco di Indonesia yang Hadir dengan Snapdragon 7+ Gen 2

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui spesifikasi lengkap berikut harga dari Poco F5 yang baru melenggang di Indonesia dengan dukungan chipset Snapdragon 7+ Gen 2.

Liputan6.com, Jakarta - Poco telah resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka untuk pasar Indonesia, yakni Poco F5. Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, smartphone ini menjadi debut dari chipset teranyar Qualcomm yakni Snapdragon 7+ Gen 2.

Hadir sebagai chipset baru dari Qualcomm, Snapdragon 7+ Gen 2 hadir dengan sejumlah peningkatan dari generasi pendahulunya. Salah satu peningkatan paling signifikan adalah kecepatan clock-nya mencapai 2,92GHz, lebih cepat 50 persen dari Snapdragon 7 Gen 1.

Lalu, chipset yang ada di Poco F5 menjadi model pertama Snapdragon 7 Series yang menggunakan Arm Cortex X-Series untuk core CPU-nya. Hal ini membuatnya mirip dengan seri flagship Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Kembali ke spesifikasi Poco F5, smartphone ini hadir dengan layar Flow AMOLED berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Untuk mendukung pengalaman multimedianya, smartphone ini telah dilengkapi Dolby Atmos dan Dolby Vision.

Beralih ke departemen fotografi, Poco menyematkan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa ultra-wide 8MP, dan lensa makro 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 16MP.

Kamera Poco F5 turut dibekali dengan OIS dan EIS untuk menghadirkan pengalaman pemakaian kamera yang lebih stabil. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung kemampuan turbo charging 67W.

Berbekal kemampuan tersebut, Poco mengklaim baterai smartphone ini terisi daya 100 persen hanya dalam 46 menit saja. Menjalankan MIUI 14 for Poco, smartphone ini telah dilengkapi sistem pendinginan LiquidCool Technology 2.0 untuk menjaga suhu perangkat.

HP Poco ini tersedia dalam tiga pilihan warna yakni black, white, dan blue. Sama seperti smartphone Poco lain, perangkat ini juga telah mendukung fitur RAM Expansion hingga 7GB. 

Poco F5 bisa didapatkan secara online di Po.co.id, serta tersedia pula secara ekslusif di Tokopedia untuk pembelian online. Di awal peluncurannya, Poco menawarkan promo online early bird price dimulai 27 Juni hingga 10 Juli 2023.

Selama masa promo ini, harga varian RAM 8GB dan ROM 256GB dijual Rp 4.799.000, sedangkan varian RAM 12GB dan ROM 256GB dijual Rp 5.299.000. Sementara untuk harga Poco F5 yang disarankan secara ritel adalah sebagai berikut:

Harga Poco F5 di Indonesia

  • Poco F5 RAM 8GB/ROM 256GB : Rp 4.999.000
  • Poco F5 RAM 12GB/ROM 256GB : Rp 5.499.000

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahas Keunggulan Snapdragon 7+ Gen 2 yang Debut di Poco F5, Tawarkan Performa Kelas Flagship

Di sisi lain, membahas soal kemampuan Snapdragon 7+ Gen 2, delapan core chipset ini terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, serta 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo Snapdragon 7+ Gen 2 pun mirip dengan Snapdragon 8 Gen 1. Kecepatan clock masing-masing core antar chipset itu pun terpaut sangat tipis.

Perlu diketahui pula, Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun di proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, ditambah dukungan 5G. Konsumsi daya chipset ini juga disebut lebih hemat 13 persen dibandingkan pendahulunya.

Selain peningkatan clock CPU, divisi GPU Adreno chipset di HP Poco terbaru ini pun diklaim dua kali lipat lebih cepat dibandingkan Snapdragon 7 Gen 1. Untuk kebutuhan gaming, chipset ini turut dilengkapi fitur Auto Variable Rate Shading.

Fitur ini berfungsi untuk merender resolusi tinggi bagian yang sedang difokuskan dengan cerdas, sedangkan bagian lainnya di-render dengan resolusi lebih rendah. Tujuannya agar visual game terlihat mengagumkan, sekaligus berjalan mulus dan menjaga efisiensi daya.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Lain dari Snapdragon 7+ Gen 2 yang Perkuat Poco F5

Lalu ada fitur Adreno Frame Motion Engine yang secara efektif meningkatkan fps, dan Volumetric Rendering untuk meningkatkan detail gambar, seperti kabut dan asap menjadi lebih nyata.

Qualcomm juga menyebut AI Engine pada Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki performa dua kali lebih baik daripada Snapdragon 7 Gen 1. Kemampuan itu ditunjang pula oleh sejumlah fitur seperti Advance Rendering with Anti-Cheat Extension dan AI Super Resolution.

Kemampuan AI lain dari chipset di Poco F5 ini adalah Qualcomm Sensing Hub yang mampu melacak kegiatan dan lingkungan pengguna. Beralih ke kamera, Snapdragon 7+ Gen 2 telah mendukung Triple 18-bit ISP.

Berbekal teknologi itu, chipset ini sanggup menangkap data warna 4096 kali lebih banyak dibanding ISP 14-bit. Hasilnya, foto dan video yang dihasilkan memiliki dynamic range ekstrim dengan warna yang cerah dan jelas.

Dari sisi audio, Snapdragon 7+ Gen 2 menghadirkan kompresi lossless untuk menyajikan musik dengan kualitas suara setara CD. Keamanan chipset ini ditunjang pula dengan Qualcomm Processo Security.

"Segala kelebihan Snapdragon 7+ Gen 2 ini berhasil mengoptimalkan kinerja dan performa dari POCO F5, yang saat ini sudah rilis di pasar global,” tutur Head of Marketing Poco Indonesia Andi Renreng. 

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.