Sukses

WhatsApp Kembangkan Fitur Screen Sharing untuk Video Call, Mirip Zoom

Dengan meng-klik ikon ponsel dan panah yang menunjuk keluar, pengguna dapat mulai membagikan layar perangkat selama panggilan video berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan tengah garap fitur baru yang memiliki fungsi mirip platform panggilan video, seperti Zoom dan Microsoft Teams. Fitur ini adalah Screen Sharing atau berbagi layar dengan pengguna lain saat melakukan video call.

WhatsApp meluncurkan fitur ini pada versi 2.23.11.19, seperti dikutip dari WABetaInfo, Rabu (31/5/2023). Fitur screen sharing ini akan ditempatkan pada navigasi di bagian bawah layar panggilan video. 

Dengan meng-klik ikon ponsel dan panah menunjuk keluar, pengguna dapat mulai membagikan layar perangkat selama panggilan berlangsung.

Ketika pengguna setuju untuk membagikan layar, semua konten pada layar perangkat pengguna akan ditampilkan ke pengguna lainnya. 

Pengguna memiliki kendali penuh atas fitur baru WhatsApp ini. Meskipun transmisi konten layar akan terus berlangsung selama panggilan video, pengguna dapat menghentikan proses ini kapan saja.

Artinya, fitur hanya akan aktif jika pengguna memberikan persetujuan untuk membagikan konten layar perangkat.

Kendati demikian, saat ini fitur baru tersedia untuk penguji beta Android tertentu, namun akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Akan tetapi, fitur berbagi layar ini juga mungkin tidak dapat berfungsi pada model Android lama, panggilan grup dengan banyak anggota, atau dengan pengguna yang tidak mengunduh versi terbaru WhatsApp.

"Penerima mungkin tidak bisa mendapatkan konten layar Anda jika mereka menggunakan WhatsApp versi lama," tulis WABetaInfo melalui blog resminya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada Januari lalu Apple juga telah memasukkan fitur serupa ke panggilan FaceTime.

Selain itu, WhatsApp juga diketahui sedang mengembangkan fitur lainnya, yaitu username yang mirip dengan Telegram dan Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pakai Username ala Telegram dan Twitter

Dalam laporan WABetaInfo, pembaruan ini termasuk dalam WhatsApp Beta untuk Android yang memungkinkan pengguna memilih nama atau handle unik mereka sendiri.

Sebagai gambaran, fitur ini mungkin akan digunakan layaknya di media sosial lainnya, seperti Telegram, Twitter, dan Instagram. Dengan begitu, username antar pengguna WhatsApp akan berbeda satu sama lain.

Username WhatsApp ini dapat menjadi perubahan yang signifikan dalam cara pengguna menemukan akun satu sama lain, sekaligus meningkatkan privasi.

Alih-alih membagikan nomor telepon pribadi atau kode QR, pengguna dapat bertukar username yang telah ditentukan. Cara ini lebih aman karena username tidak harus memuat nama asli pengguna.

3 dari 4 halaman

Fitur Masih Terbatas pada Penguji WhatsApp Beta

Kendati demikian, belum jelas bagaimana fitur ini akan bekerja di aplikasi. Batasan atau syarat username yang dapat digunakan pengguna juga belum diketahui.

Selain itu, tanggal peresmian fitur baru WhatsApp ini juga belum dapat dipastikan. 

Namun, fitur ini bekerja pada WhatsApp Beta Android versi 2.23.11.15 dan kemungkinan akan segera hadir di pembaruan aplikasi mendatang.

“Kemampuan untuk mengatur nama pengguna WhatsApp sedang dalam pengembangan dan akan dirilis ke penguji beta dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang,” tulis WABetaInfo dalam postingan blognya, dikutip Sabtu (27/5/2023).

4 dari 4 halaman

sername Dapat Ditemukan di Pengaturan Profil

Seperti yang ditampilkan dalam tangkapan layar di atas, WhatsApp akan memperkenalkan fitur username di dalam pengaturan aplikasi. 

Untuk membuat username, pengguna cukup mengakses menu “Settings”, lalu masuk ke “Profil”.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjangkau orang lain hanya dengan masukkan username, tanpa perlu mengetahui nomor telepon mereka.

Di samping itu, WhatsApp juga telah menggulirkan fitur-fitur baru lainnya, seperti Chat Lock dan pengeditan pesan yang sudah dikirim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.