Sukses

Lifter Rahmat Erwin Abdullah Sumbang Emas di SEA Games 2023 dan Pecahkan 3 Rekor, Tuai Pujian Warganet

Lifter muda Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menyumbang satu medali emas di SEA Games 2023 untuk cabor angkat besi nomor 81 Kg. Ia juga memecahkan tiga rekor nomor 81 Kg sepanjang sejarah SEA Games, capain ini pun menuai pujian dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Lifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menyumbang emas di SEA Games 2023 melalui cabang olahraga angkat besi nomor 81 kg.

Tidak tanggung-tanggung, pemuda 22 tahun yang sebelumnya pernah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 ini juga memecahkan rekor yang ada di cabor angkat besi nomor 81 Kg sepanjang sejarah SEA Games.

Adapun tiga rekor yang dipecahkan Rahmat Erwin Abdullah adalah di snatch, clean and jerk, dan angkatan total di nomor 81 Kg di SEA Games.

Sekadar informasi, Rahmat Erwin Abdullah menjadi yang terbaik di nomor 81 Kg SEA Games 2023, dengan catatan total angkatan 359 Kg, terdiri dari 158 Kg snatch dan 201 Kg clean and jerk.

Angkatan 158 Kg Rahmat Erwin Abdullah melampaui rekor SEA Games sebelumnya, 157 Kg, yang ditorehkan sesama lifter Indonesia Rizki Juniansyah di SEA Games 2021 Vietnam.

Sementara rekor clean and jerk Rahmat di SEA Games 2023 yakni 201 Kg melampaui rekor sebelumnya 200 Kg milik lifter Thailand Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021.

Dengan total angkatan 359 Kg di SEA Games 2023, Rahmat melampaui rekor yang dicetak oleh Suepsuan Natthawut di SEA Games 2021 dengan total 355 Kg.

Total angkatan Rahmat juga mengalahkan tiga lawannya dari Kamboja, Myanmar, dan Thailand. Ia pun menyabet emas di SEA Games 2023 Kamboja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet Atas Capaian Rahmat Erwin Abdullah

Selain memenangkan emas, proses kemenangan Rahmat juga begitu superior dibandingkan lawan-lawannya, apalagi, ia memilih tidak mengangkat di percobaan ketiga karena jarak total angkatannya sudah terpaut jauh dari lawan-lawannya.

Capaian pemuda asal Makassar ini pun menuai pujian dari warganet. Apalagi Rahmat juga pernah dipuji warganet karena meraih medali perunggu di angkat besi Olimpiade 2020 lalu.

Saking jauhnya jarak total angkatan Rahmat dengan lawan-lawannya, warganet sampai bercanda, lawan Rahmat bisa diangkatnya dengan mudah beserta bebannya.

"Ini berarti ibaratnya, atlet Kamboja sekalian sama bebannya bisa diangkat sama Rahmat kan ya?" kicau pengguna dengan akun @cat***.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Warganet: Datang ke SEA Games Cuma Buat Mecahin Rekor

Warganet lain juga memuji Rahmat dan capaiannya. "Ke SEA Games cuma buat mecahin rekor," kicau @rev***.

"Mana cepet banget ngangkatnya, gak lama-lama, langsung diangkat, hebat!" kicau @min***.

Pengguna internet lain merasa kagum dengan beban yang dapat diangkat oleh Rahmat. "Ngangkat beban dua kuintal, rek! Kagum sekali sejak dulu dengan atlet-atlet seperti Rahmat ini," kicau pengguna dengan akun @jal***.

Atlet-atlet olahraga angkat besi pun dipuji oleh pengguna dengan akun @nir***. Menurutnya, ada tiga cabang olahraga yang selalu membanggakan bagi Indonesia. "Bulutangkis, panjat tebing, angkat besi. Tiga olahraga ini punya kualitas dunia untuk Indonesia," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Warganet Doakan Rahmat Dapat Emas di Asian Games dan Olimpiade 2024

Pengguna Twitter lain menyebut, level Rahmat sudah jauh di atas SEA Games, melainkan Olimpiade. Ia juga berharap Rahmat bisa mendapatkan emas di Asian Games di Hangzhou dan emas di Olimpiade 2024 Paris.

"Ini orang levelnya emang udah Olimpiade, bukan SEA Games lagi. Semoga bisa dapat emas di Hangzhou bulan September nanti sama emas di Paris juga tahun depan biar lengkap koleksinya," kata mua***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.