Sukses

Indonesia Cloud & Data Center Convention 2023 Pertemukan 2.000 Pelaku Industri Bahas Update Terkini

Event Indonesia Cloud & Data Center Convention 2023 telah digelar pada 11 Mei 2023 dan berhasil meraih respons positif dari para pelaku industri.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Indonesia Cloud & Data Center Convention 2023 telah dilaksanakan pada 11 Mei 2023. Acara ini ternyata mendapat respons yang positif mengingat jumlah pengunjung yang melampaui prediksi.

Awalnya, acara ini ditargetkan akan dihadiri oleh sekitar 1.300 orang, tapi nyatanya saat acara ada sekitar 2.000 pengunjung yang menghadiri event tersebut. Para pengunjung tersebut berasal dari profesional di bidang IT baik skala global dan lokal.

Head of W.Media Singapore & Indonesia Sam Narby sebagai penyelenggaran pamera ini menyatakan bangga Indonesia Cloud & Data Center Convention 2023 dapat terselenggara dengan baik.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (15/5/2023), Sam menuturkan, terdapat banyak sekali pengembangan hal baru dalam industri cloud di Indonesia. Karenanya, event ini mengumumpulkan banyak pihak untuk saling memudahkan update antar pelaku industri cloud.

"Pada tahun ini, kami dengan bangga memperkenalkan Paviliun Cloud yang mana banyak sekali perusahaan cloud hosting local berpartisipasi seperti Qwords," tutur Sam.

Hadir sebagai strategic partner dalam acara ini, ACHI (Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia) turut menghadirkan sejumlah anggotanya, salah satunya adalah Qwords. Perusahaan itu memperkenalkan beberapa layanan terbarunya, seperti Cloud & Connectivity hingga Third Party Risk Management dan vCiso.

Untuk layanan Cloud & Connectivity, Qwords menyediakan layanan cloud yang dipadukan dengan layanan internet berbeda dari penyedia jasa lainnya. Sebab, awalnya layanan Qwords didesain untuk menghadirkan konten menuju internet, sehingga koneksi yang diberikan lebih prima.

Sementara untuk Third Party Risk Management dan vCiso merupakan produk Qwords terbaru dengan merek Comsys.id, hasil kerja sama dengan FeHa International BV dari Belanda. Layanan ini menyediakan jasa menganalisa kualitas keamanan layanan pihak ketiga yang ingin digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perkembangan Pasar Data Center, Cloud, dan Hosting di Indonesia

Indonesia Cloud & Data Center Convention 2023 turut dihadiri lebih dari 35 pembicara yang berasal dari Indonesia dan luar negeri. Event ini juga menghadirkan lebih dari 15 sesi mini talkshow.

Ketua ACHI Rendy Maulana Akbar yang terlibat dalam event ini menyatakan, pasar data center, cloud, dan hosting di Indonesia akan terus tumbuh dengan baik ke depannya. Namun, tetap diperlukan edukasi pada masyarakat terutama dari sisi desain arstitektur cloud, penggunaan, hingga keamanan data.

"Kedepannya kita akan menghadapi banyak sekali kebutuhan penyimpanan serta pengolahan data, dan juga tantangan terhadap penjagaan kemanan data tersebut, siapa pun pengelola atau pemilik data dapat mengalami musibah tanpa kita duga sebelumnya, mungkin selama ini fokus kita masih kepada keamanan fisik, tapi terkadang kita lupa bahwa masih banyak layer lain dalam data yang kita lupakan," tutur Rendy.

 

3 dari 5 halaman

Tempat Temu Ahli IT, Road Show Internasional Cloud & Datacenter Convention 2023 Siap Digelar

Sebelumnya, rangkaian roadshow Internasional Cloud & Datacenter Convention 2023 tahunan untuk region Indonesia siap digelar. Perusahaan media teknologi global "W.Media" mengumumkan perhelatan event ini berlangsung di "Shangri-La Hotel Jakarta", pada 11 Mei 2023.

Ajang konvensi di Jakarta ini akan mempertemukan lebih dari 1.300 IT Professional, Head IT, IT Leader, Inovator dan semua yang terkait dengan IT yang terkonsentrasi pada sektor Data Center baik untuk End-Consumer hingga Principal Provider.

Event ini akan diisi oleh diskusi para ahli dibidangnya, guna membahasa masa depan industri data center, penerapan dan eksplorasi teknologi terbaru, berbagi pengalaman, wawasan dan prakti terbaik terkait dengan IT data center di Indonesia

Pembicara utama pada acara ini, akan menjabarkan tentang tren penting yang memiliki dampak pada data center dan perusahaan cloud di Indonesia, dimana rangkaian diskusi yang menarik dan berlangsung selama satu hari penuh, diharapkan dapat bermanfaat bagi semua kalangan pada sektor industri ini (IT & Data Center).

Head of Singapore & Indonesia, Sam Narby turut serta sebagai pembuka acara serta memandu keberlanjutan sesi diskusi yang lebih mendalam, guna membahas perihal pengembangan energi, tenaga kerja, keamanan cyber yang tak luput dari pembahasan selama event diskusi berlangsung.

4 dari 5 halaman

Hadirkan Beragam Inovasi dari Pelaku Industri Cloud, Hosting, dan Data Center

"Melalui Indonesia Cloud & Datacenter Convention oleh W.Media di Jakarta, kami bersatu dengan satu tujuan, untuk mengeksplorasi, bertukar pandangan, dan mengembangkan pemahaman kami tentang lanskap infrastruktur digital," komentar 'IndoKeppel (Keppel Data Centres)'. Dengan berpartisipasi dalam pertemuan ini, kami berkontribusi untuk membentuk masa depan teknologi, mendorong kemajuan, dan mendorong dunia yang lebih saling terhubung," jelas dia.

Pemain industri terkemuka pada layanan Colocation, Cloud dan Data Center di Indonesia akan hadir dan turut serta mempresentasikan inovasi terbaru mereka pada  'Booth Stand Pameran' yang telah disiapkan di lokasi, selama acara berlangsung. Event konferensei ini akan ditutup dengan sesi networking yang akrab antar para pelaku pemangku kepentingan yang hadir.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini