Sukses

Google Ungkap HP Android Layar Lipat Pixel Fold, Siap Meluncur di Pasaran Pada Juni 2023

Google membagikan video singkat tentang Pixel Fold tersebut dan akan mengungkap lebih lengkap tentang HP Android layar lipat pertamanya ini pada ajang Google I/O 2023 yang digelar 10 Mei mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbagai rumor dan bocoran beredar di internet, Google akhirnya buka suara tentang keberadaan HP Android layar lipat pertama mereka, yaitu Pixel Fold.

Lewat akun Twitter Google (@madebygoogle), perusahaan membagikan video singkat tentang Pixel Fold tersebut dengan caption bertuliskan, "May The Fold Be With You."

Tak hanya itu, raksasa mesin pencari tersebut juga menyertakan informasi lebih lengkap tentang Google Pixel Fold ini akan diumumkan pada 10 Mei 2023 atau bertepatan dengan ajang Google I/O mendatang.

Walau tidak mengungkap lebih lengkap tentang HP Android layar lipat pertama miliknya, Pixel Fold terlihat serupa dengan ponsel Samsung Galaxy Z Fold.

Saat ditutup, pengguna akan mendapatkan layar kedua dan kamera di bagian belakang bodi smartphone tersebut.

Jika diperhatikan, Google tetap mempertahankan aksen kamera belakang seperti perangkat Pixel yang ada di pasaran ini.

Google memang baru akan mengungkap informasi lebih detail tentang Pixel Fold ini saat Google I/O 2023 nanti, namun bocoran tentang spesifikasi ponsel layar lipat itu sudah beredar di internet.

Disebutkan, layar sekunder Google Pixel Fold memiliki ukuran 5,8 inci. Menggunakan panel AMOLED, layar ini sudah beresolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz.

Sementara layar utamanya memiliki ukuran 7,6 inci yang mendukung refresh rate 120Hz. HP Pixel ini dipersenjatai chipset Google Tensor 2 yang dipadukan RAM 12GB dengan opsi memori internal 256GB atau 512GB.

Sementara untuk fotografi, kamera belakang smartphone ini hadir dengan lensa utama 48MP, lensa ultra wide 10,8MP, dan lensa telephoto 10,8MP. Kamera di layar bagian dalam memiliki resolusi 8MP, begitu pula dengan kamera yang berada di layar sekunder.

Pixel Fold akan menjalankan Android 13. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 4.500mAh yang diklaim Google mampu bertahan seharian.

Menurut prediksi, smartphone ini akan diperkenalkan saat gelaran Google I/O yang diadakan pada 10 Mei 2023. Sementara penjualan akan dilakukan mulai 27 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penampakan Pertama Google Pixel Fold

Tampilan perdana dari HP layar lipat yang kabarnya adalah Google Pixel Fold (Twitter @Za_Raczke)

Google Pixel Fold jadi salah satu HP layar lipat yang banyak beredar rumornya. Baru-baru ini, penampakan pertama dari foldable smartphone itu bocor di internet.

Tampilan Google Pixel Fold tersebut dibocorkan oleh leakster Kuba Wojciechowski melalui sebuah video enam detik, di akun Twitter-nya.

Dalam video tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (27/4/2023), memang tidak diperlihatkan logo atau desain yang khas ala Google Pixel diperlihatkan di sana.

Video itu hanya memperlihatkan kamera selfie di bagian depan, bezel internal, dan layar lipat dengan tepi yang membulat.

Meski begitu, bocornya tampilan ini dari Kuba Wojciechowski, memunculkan asumsi bahwa ini adalah penampilan dari HP layar lipat Google Pixel Fold, mengingat sang pengembang itu sudah memakainya selama beberapa bulan. 

Kepada The Verge, Wojciechowski mengklaim bahwa itu adalah Pixel Fold, dan satu-satunya yang ia ungkapkan adanya bahwa video tersebut sudah lebih dari sebulan. 

3 dari 4 halaman

Google Pixel Tablet Muncul dengan Pilihan Beragam Warna

Tampilan Pixel Tablet yang dijadwalkan akan meluncur di tahun ini. (Dok: Google)

Di sisi lain, menjelang gelaran Google I/O tahun ini, Google dilaporkan akan meluncurkan sejumlah produk terbaru. Selain smartphone Google Pixel, salah satu perangkat yang akan diperkenalkan raksasa internet itu adalah Pixel Tablet.

Kendati demikian, informasi mengenai tablet besutan Google ini belum banyak diketahui. Namun dari unggahan terbaru, tampilan Pixel Tablet ternyata sedikit terungkap.

Mengutip informasi dari The Verge, Selasa (25/4/2023), tampilan tablet tersebut diketahui dari unggahan akun Saori Masuda ketika mengunjungi instalasi Shape by Water dari Google pada Milan Design Week.

Dalam unggahan di Instagram, ia memperlihatkan instalasi yang menampilkan deretan produk Google. Ada Pixel Watch, smartphone Pixel, serta perangkat yang diduga sebagai Pixel Tablet dan Pixel Buds dalam versi yang berbeda.

Meski desain tablet itu sudah diperlihatkan, spesifikasi Pixel Tablet tersebut tidak diungkap sama sekali. Informasi yang bisa diketahui dari unggahan tersebut adalah pilihan warna tablet ini nantinya, yakni pink, white, hingga black grey.

4 dari 4 halaman

Kehadiran Pixel Tablet Sudah Diungkap Sebelumnya

Render desain tablet terbaru Google, Pixel Slate. (Foto: Mysmartprice)

Untuk diketahui, Google sendiri sudah mengungkap kehadiran Pixel Tablet dalam gelaran I/O tahun lalu. Ketika itu, Google menyebut perangkat ini akan rilis pada 2023.

Menurut Google, tablet Android ini akan dipersenjatai spesifikasi mumpuni dengan chipset Google Tensor dan didesain sebagai pendamping sempurna untuk smartphone Pixel.

Untuk diketahui, lini perangkat Google mengalami penambahan yang sangat penting di tahun 2023 ini. Biasanya, perusahaan mengumumkan produk Pixel baru di sepanjang tahun.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.