Sukses

Bocoran Bentuk Samsung Galaxy Z Flip5, Apa Saja yang Berbeda?

Salah satu paling tampak paling jelas perbedaan Galaxy Z Flip5 dengan Flip4 adalah ukuran layar sekunder di bagian cover ponsel layar lipat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ranah internet kembali diramaikan dengan beredarnya bocoran ponsel Samsung Galaxy Z Flip5, dimana pengguna setia Samsung dapat melihat seperti apa bentuk smartphone layar lipat terbaru itu.

Adapun gambar atau render CAD Galaxy Z Flip5 ini dibagikan oleh leaker kenamaan di industri, yakni @OnLeaks. Dari image itu, tampak beberapa perubahan seri penerus Galaxy Z Flip4 tersebut.

Salah satu paling tampak paling jelas perbedaan Galaxy Z Flip5 dengan Flip4 adalah ukuran layar sekunder di bagian cover ponsel layar lipat tersebut.

Sebelumnya, Samsung hanya menyematkan layar berukuran 1,9 inci di Flip4. Sementara untuk HP Android baru tersebut bakal hadir dengan layar berukuran 3,2 inci.

Dengan ukuran layar lebih besar, Samsung berharap lebih banyak fungsinya ketimbang hanya sebatas menampilkan notifikasi, jam, hingga tanggal.

Diyakini, tampilan layar sekunder lebih besar ini juga dapat difungsikan untuk berinteraksi dengan notifikasi, kendali musik, hingga fitur lain tanpa harus membuka HP Android tersebut.

Saat dibuka, Galaxy Z Flip5 ini memiliki layar utama berukuran 6,7 inci dengan pengaturan dua kamera berfungsi sebagai lensa utama atau mengambil foto selfie.

Soal spesifikasi Galaxy Z Flip5, Samsung akan melengkapi ponsel barunya ini dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy--seperti di Galaxy S23 series.

Kabarnya, perusahaan juga bakal meningkatkan media penyimpanan ponsel ke UFS 4.0 dengan kapasitas mulai dari 256GB hingga lebih besar.

Untuk mendongkrak kemampuan ponsel sehari-hari, Samsung Galaxy Z Flip5 ini juga kabarnya bakal menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar dari generasi sebelumnya.

Perlu diketahui, foto di atas masih sebatas render dan belum tentu akan menjadi tampilan produk tersebut saat diluncurkan sekitar bulan Juli 2023 atau awal Agustus 2023 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar Sekunder Galaxy Z Flip5 Lebih Besar dari Oppo Find N2 Flip

<p>Kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar</p>

Lebih lanjut, CEO of Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young, mengatakan Galaxy Z Flip5 bakal hadir dengan layar sekunder lebih besar dari 3 inci.

Walau tidak disebut secara detail, tipster Ice Universe juga mengonfirmasi kabar tersebut.

Dia menyebutkan, ukuran layar sekunder Galaxy Z Flip5 bakal lebih besar daripada layar 3,26 inci yang terpasang di Oppo Find N2 Flip.

Balik ke Oppo Find N2 Flip, ponsel ini ditenagai prosesor Dimensity 9000+, layar lipat FullHD+ 6,8 inci dengan refresh rate 120Hz, dan baterai 4.300mAh.

Find N2 Flip memiliki tiga kamera (50MP primer + 8MP ultrawide + 32MP selfie), dan memiliki pembaca sidik jari tertanam di tombol daya.

Sebuah smartphone "misterius" Oppo tampil di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di mana ini berarti perangkat tersebut sudah mendapatkan sertifikat lolos TKDN.

Informasi, sebuah HP Oppo dengan merk dan tipe OPPO CPH2437 tersebut mendapatkan sertifikat dengan nomor 1262/SJ-IND.8/TKDN/2/2023 tanggal 7 Februari 2023, dengan nilai TKDN 35,65 persen.

Sementara, untuk perusahaan yang terdaftar adalah PT. Bright Mobile Telecommunication. Untuk spesifikasi yang tercatat, HP Android tersebut juga akan mendukung jaringan 4G dan 5G.

Tidak banyak yang diketahui jika hanya melihat dari laman TKDN Kemenperin ini. Namun jika melihat tipenya, OPPO CPH2437 adalah kode untuk HP layar lipat Oppo Find N2 Flip.

3 dari 4 halaman

Permintaan Smartphone Layar Lipat Samsung Naik 2 Kali Lipat

<p>Perbandingan Galaxy Z Flip3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). (Liputan6.com/ Iskandar)</p>

Samsung mengumumkan penjualan Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat lebih dari dua kali lipat year on year.

Dari Januari hingga Oktober 2022, jumlah smartphone layar lipat yang dikirimkan Samsung ke pelanggan perusahaan naik 105 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu.

Dengan perkiraan pengiriman smartphone layar lipat mencapai 16 juta unit di seluruh dunia membuat form factor ini menjadi mainstream dengan cepat. Pengirimannya pun diperkirakan akan tumbuh menjadi 26 juta unit pada 2023.

Kemudahan multitasking dan pengoptimalan aplikasi untuk perangkat foldable disebut ikut mendorong adopsi smartphone layar lipat diadopsi dengan baik oleh pengguna di perusahaan.

Terlebih, perusahaan kini menerapkan kebijakan work from anywhere, sehingga mereka mencari cara baru memaksimalkan produktivitas lewat teknologi.

"Foldable smartphone Samsung Galaxy diciptakan untuk membuka berbagai peluang dari cara baru kita bekerja dan mengeksplorasi kreativitas," tutur EVP dan Head of Global Mobile B2B Team MX Business Samsung Electronics, KC Choi, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/12/2022).

 

4 dari 4 halaman

Perangkat Foldable Menarik Perhatian

<p>Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Liputan6.com/Iskandar</p>

Berdasarkan laporan Coalition Greenwich, perangkat foldable juga menarik perhatian industri layanan keuangan, dimana 74 persen dari sample group terdiri dari penasihat keuangan mengatakan sangat penting untuk senantiasa terhubung lewat aplikasi seluler.

Pengalaman yang diberikan perangkat foldable seperti Galaxy Z Fold4 juga terbilang sangat populer di sektor bisnis dan industri. Sebab, para profesional membutuhkan perangkat terbaik untuk membantu mereka menjaga konsistensi dan rutinitas, bahkan saat bekerja dari jarak jauh.

Untuk itu, perangkat para profesional itu harus mendukung alur kerja yang kompleks, termasuk untuk mendapatkan alert, melakukan riset, membuat bagan dan portofolio, serta memberikan kekuatan maupun produktivitas yang diperlukan untuk tetap kompetitif.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.