Sukses

Samsung Galaxy A24 Meluncur di Vietnam, Ini Spek Lengkapnya

Galaxy A24 akhirnya resmi dirilis melalui situs resmi Samsung Vietnam dengan mencantumkan gambar produk, lengkap dengan spesifikasi utamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Telah lama dirumorkan akan tiba, Galaxy A24 kini resmi dirilis melalui situs resmi Samsung Vietnam. Situs ini pun mencantumkan gambar produk, lengkap dengan spesifikasi utamanya. 

Ponsel ini hadir sebagai smartphone mid-range terbaru Samsung yang melengkapi lini Galaxy A series di tahun 2023. 

Dilansir GSM Arena, Jumat (21/4/2023), Galaxy A24 dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99. Ponsel ini hadir dengan kapasitas RAM 6GB dan 8GB, serta memori penyimpanan 128GB yang dapat diperluas dengan microSD. 

Samsung Galaxy A24 memiliki layar Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi FHD+. Sementara itu, belum ada informasi resmi tentang refresh rate layar, tetapi merujuk rumor sebelumnya perangkat ini mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Untuk kemampuan fotografi, ponsel ini konfigurasi kamera yang terdiri atas lensa utama 50MP dengan dukungan OIS, lensa ultrawide 5MP, dan makro 2MP. Kamera depannya beresolusi 13MP dengan model bingkai Infinity-U.

Dari segi daya, Samsung Galaxy A24 didukung baterai berkapasitas 5.000mAh dan pengisian daya 25W. Sementara untuk software, Galaxy A24 menjalankan Android 13 dengan balutan OneUI 5.1 atau versi terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy A24 akan tersedia dalam varian warna Black, Burgundy, Green, dan Silver. Sayangnya, informasi tentang harga dan ketersediaan smartphone ini belum dicantumkan di situs resmi Samsung Vietnam.

Akan tetapi, diperkirakan harganya tidak akan jauh berbeda dari Samsung A14 5G yang rilis Februari lalu. Berdasarkan bocoran yang telah beredar sebelumnya, diprediksi harga Galaxy A24 di Eropa berada pada kisaran 200 Euro atau sekitar Rp 3,2 jutaan.

Perkiraan tersebut hanya dapat dikonfirmasi setelah Samsung mengeluarkan informasi resmi terkait ponsel ini. 

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy A24 Segera Meluncur di Indonesia?

Samsung Galaxy A24 pun tampaknya akan segera meluncur untuk pasar Tanah Air. Kehadirannya di Indonesia ditandai dengan sertifikasi bernomor 2679/SJ-IND.8/TKDN/3/2023 yang tercantum pada halaman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Sertifikasi tersebut diajukan PT Samsung Electronics Indonesia pada tanggal 15 Maret 2023 lalu untuk perangkat dengan nomor model SM-A245F yang merujuk pada Samsung Galaxy A24. Nilai TKDN yang tercantum adalah 40,3 persen.

Sebelumnya, perangkat dengan nomor model yang sama telah mengantongi sertifikasi National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) Thailand per tanggal 15 Februari 2023. Nomor model pada sertifikasi tersebut menunjukkan ponsel dengan dual-SIM.

4 dari 4 halaman

Desain Mirip Galaxy S23

Berdasarkan gambar produk di situs Samsung Vietnam, terlihat bahwa Galaxy A24 akan hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan beberapa ponsel pendahulunya.

Galaxy A24 turut mengadopsi model desain yang mirip dengan ponsel flagship terbaru Samsung yang dirilis tahun ini, yakni Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus.

Smartphone ini memiliki layar dan panel belakang datar. Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang disusun secara vertikal di sisi kiri atas ponsel dengan LED Flash di kanan kamera.

Bagian kamera belakang pun memiliki lingkaran yang mengelilinginya dan diproyeksikan sedikit menonjol ke luar, namun tidak berwarna silver. Selain itu, logo Samsung juga tetap eksis di bagian bawah panel belakang ponsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.