Sukses

5 Rekomendasi Aplikasi Al-Quran untuk Bantu Ibadah Selama Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas, tak terkecuali dalam hal ibadah. Bertepatan dengan momen Ramadhan, sebagian besar umat Muslim bertekad untuk semakin rajin beribadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan. 

Kini, terdapat banyak aplikasi smartphone yang memungkinkan pengguna membaca Alquran digital di mana pun dan kapan pun. Karenanya, tak jarang pengguna mencari rekomendasi aplikasi islami terbaik untuk menemani aktivitas di bulan suci ini.

Membaca Alquran dapat dilakukan lebih praktis dengan kehadiran aplikasi yang dapat digunakan di perangkat pintar pengguna. Tidak hanya itu, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur menarik lainnya, seperti penunjuk arah kiblat, pengingat waktu shalat dan sebagainya.

Dengan begitu, pengguna dapat terus menjaga kelancaran ibadah meskipun tengah bepergian. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, berikut ini rangkuman beberapa aplikasi Alquran terbaik yang bisa diunduh dan dipasang di smartphone atau HP Android kamu.

1. Muslim Pro: Quran Athan Prayer

Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi Alquran terpopuler yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali di PlayStore.

Untuk membaca Alquran, Muslim Pro menampilkan surah-surah ayat suci dengan jelas dan mudah dibaca, serta dilengkapi terjemahan yang dapat diatur sesuai bahasa yang diinginkan.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dengan fitur audio. Selain itu, pengingat waktu salat atau Azan ditampilkan dengan pemberitahuan visual dan audio yang memiliki banyak pilihan suara muadzin

Kehadiran fitur bookmark pada halaman Alquran juga memudahkan pengguna untuk mengingat ayat atau juz terakhir yang sebelumnya sudah dibaca. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa fitur-fitur menarik lainnya, antara lain:

  • Kompas kiblat animasi dan peta untuk menunjukkan arah ke Mekkah,
  • Lokasi restoran halal dan masjid di sekitar,
  • Tasbih untuk menghitung dzikir,
  • 99 nama Allah SWT,
  • Kalender Hijriah,
  • Kumpulan doa harian,
  • Komunitas sesama Muslim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Al Quran Indonesia

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali ini menawarkan Alquran digital dan terjemahan bahasa Indonesia yang dikemas dengan tampilan antarmuka sederhana. 

Pengguna dapat menggeser halaman Alquran ke bawah untuk membaca ayat selanjutnya dari suatu surah, atau menggeser halaman ke kanan dan kiri untuk berpindah surah dan juz.

Fitur audionya juga mencakup murattal full 114 surah dan 30 juz tanpa batas apapun dengan 8 pilihan qori. Pencarian surah atau juz di Al Quran Indonesia juga tidak akan sulit karena tersedia Surah dan Juz Index.

Selain memiliki terjemahan, aplikasi ini juga memberikan tulisan latin (transliterasi) dan tajwid berwarna yang akan memudahkan pemula dalam membaca Alquran.

Selain penjabaran di atas, tersedia pula beberapa fitur gratis yang dapat dinikmati pengguna dalam aplikasi Al Quran Indonesia. Berikut ini daftarnya.

  • Salin, bagikan, dan bookmark ayat-ayat Al-Quran,
  • Pencarian ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan,
  • Kalender jadwal salat dan imsakiyah,
  • Widget jadwal salat untuk home screen,
  • Seluruh fitur dapat digunakan dalam mode offline 
3 dari 5 halaman

3. Umma: Quran Majeed Prayer Time

Umma merupakan aplikasi Alquran buatan Indonesia yang juga menyediakan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan ibadah Muslim sehari-hari.

Tidak hanya dapat membaca Alquran, umma juga memberikan kelas Alquran langsung, seminar, serta diskusi islami dengan sesi tanya jawab (Q&A).

Salah satu yang menarik, aplikasi ini memiliki uVoice, sebuah platform untuk kreator Muslim untuk memaksimalkan paparan mereka kepada audiens Muslim sekaligus membangun basis pengikut.

Pengguna juga dapat menjelajahi variasi konten islami dari berbagai podcaster Muslim yang tidak ada di platform lain. Untuk lebih menghemat kuota, pengguna bisa men-download episode podcast favorit yang dapat didengarkan secara offline.

Berikut ini beberapa fitur tambahan yang juga tersedia di Umma:

  • Media sosial aplikasi memungkinkan pengguna mencari beragam konten islami, seperti berita, artikel, video khotbah, foto islami, dan lainnya,
  • Tersedia konten trending harian untuk membuat pengguna tetap up-to-date tentang isu-isu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari,
  • Berinteraksi bersama Ustaz dan pengguna lain dengan mengikuti profil mereka di komunitas aplikasi
4 dari 5 halaman

4. Al Quran - القرآن الكريم

Berbeda dari yang lain, aplikasi ini mengompilasi Alquran 16 baris dari kertas ke layar Android. Aplikasi Alquran ini menjadi solusi bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan tampilan Alquran fisik, dibandingkan Alquran di kebanyakan aplikasi lain.

Pengalaman pengguna ketika membaca Alquran di aplikasi ini tidak akan jauh berbeda dengan membacanya secara langsung melalui buku kitab karena pengguna harus menggeser layar untuk berpindah halaman.

Selain itu, di bawah ini adalah beberapa fitur menarik yang dibawa aplikasi Alquran ini.

  • Membaca Alquran secara online,
  • Halaman lengkap Quran 16,
  • Semua bookmark yang disimpan akan ditampilkan dalam daftar
5 dari 5 halaman

5. Aminin

Aminin menjadi salah satu aplikasi Alquran hasil karya Indonesia yang khas dengan tampilan berwarna biru dan ungu.

Aplikasi ini mengemas surah-surah Alquran dengan tampilan kartu warna-warni yang didukung tombol “play” untuk memutar lantunan ayat suci.

Berikut ini beberapa fitur unik di aplikasi Aminin yang akan mendukung kegiatan ibadah pengguna, terutama selama bulan Ramadan.

  • LatihQur’anDiskusi dengan ustaz yang berpengalaman di bidangnya,
  • AmininChannel, menghadirkan video-video islami dengan sumber terpercaya,
  • Ruang Ngaji, fitur berbayar memungkinkan pengguna belajar membaca Alquran sesuai kebutuhannya bersama Ustaz berpengalaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.