Sukses

Apple Bakal Hadirkan Fitur yang Banyak Diminta Pengguna di iOS 17

Menurut laporan terbaru, Apple akan menghadirkan deretan fitur yang paling banyak dibutuhkan pengguna bersama dengan pembaruan iOS 17.

Liputan6.com, Jakarta - Apple hampir dapat dipastikan akan meluncurkan iOS 17 menjelang akhir tahun ini, seperti biasanya. Meski informasi mengenai sistem operasi terbaru itu belum banyak diketahui, ada beberapa rumor yang sudah beredar terkait kehadirannya.

Salah satunya seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (28/3/2023), iOS 17 akan hadir sebagai membawa pembaruan signifikan pada aplikasi dan fitur yang sudah ada di iOS saat ini. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan fitur yang dinantikan para pengguna.

Bocoran itu diketahui dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman. Ia menyebut iOS 17 akan membawa sejumlah fitur baru yang dapat meningkatkan pemakaian sejumlah aplikasi, seperti CarPlay, Siri, dan Messages.

Oleh sebab itu, iOS berikutnya ini tidak akan banyak mengubah pengalaman penggunaan iPhone yang ada, terutama dalam hal penampilan. Kendati demikian, deretan fitur baru yang dibawa bersama dengan iOS 17 belum banyak diketahui saat ini.

Untuk diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Apple memang cukup fokus menghadirkan pembaruan tampilan iOS. Sebut saja, ada lock screen yang bisa dipersonalisasi hingga keyboard custom di iPhone.

Sementara terkait peluncurannya, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, iOS 17 besar kemungkinan akan debut pada WWDC Juni 2023, lalu digulirkan ke pengguna sekitar September tahun ini, bertepatan dengan peluncuran lini iPhone 15.

Di sisi lain, Apple sendiri saat ini baru merilis iOS 16.4 versi beta yang terdaftar pada program Apple Developer. Pembaruan ini hadir menyusul peluncuran iOS 16.3 yang telah digulirkan beberapa pekan lalu.

Bersama kehadiran versi beta ini, terungkap pula sejumlah fitur baru iOS 16.4. Salah satunya adalah tambahan emoji baru dengan Unicode 15.0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update iOS 16.4 akan Hadirkan Emoji Baru dan Notifikasi Aplikasi Safari di iPhone

Lalu ada pula pembaruan keyboard untuk berbagai bahasa tertentu, dukungan notifikasi pada Safari atau browser Apple, animasi baru pada Apple Music, dukungan 5G Standalone, dan masih banyak lagi.  

Saat ini, pengguna yang terdaftar pada Apple Developer dan telah menggunakan iOS 16.3 beta seri sebelumnya dapat mengaksesnya di bagian General - Software Update pada aplikasi Setting iPhone. 

Namun karena masih dalam proses pengembangan, iOS 16.4 Beta 1 ini tidak disarankan untuk dipasang pada iPhone utama pengguna.

Pasalnya, dilansir 9to5Mac Sabtu (18/2/2022), update iOS 16.4 versi Beta dikhawatirkan akan membawa bug dan gangguan kinerja lain pada perangkat, mengingat versi ini belum stabil. 

Meskipun iOS 16.4 saat ini baru tersedia sebagai versi beta untuk para developer yang terdaftar, pengguna umum dapat menunggu pembaruan versi Beta untuk publik yang mungkin saja akan diberikan pada bulan berikutnya.

3 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru iOS 16.4

Keyboard dan Emoji Unicode 15.0

Pada iOS 16.4 Beta 1, diperkenalkan beberapa emoji baru yang tergabung dalam emoji Unicode 15.0. Kehadiran emoji baru ini bakal memberikan lebih banyak pilihan emote untuk mengekspresikan diri melalui pesan. 

Beberapa emoji baru yang disuguhkan yakni simbol Wi-Fi, wajah bergetar, hati berwarna pink, biru muda dan abu-abu, sayap, ubur-ubur, seruling, rightwards dan leftwards pushing hand dengan lima skin tone yang berbeda, dan masih banyak lagi. 

Seperti pembaruan pada umumnya, ketika emoji dikirimkan pada pengguna dengan iOS versi sebelumnya, emoji tidak dapat dilihat dan akan muncul sebagai kotak dengan tanda tanya di dalamnya.  

Tidak hanya itu, keyboard juga mengalami pembaruan untuk fitur autocorrect pada bahasa Korea, mendukung teks prediktif untuk bahasa Ukraina, dan kehadiran bahasa Gujarat, Punjabi, dan Urdu pada keyboard. 

Safari Web Push Notifications

Pembaruan ini memungkinkan pengguna mendapatkan notifikasi dari aplikasi web yang diakses melalui Safari atau browser. Fitur ini pertama kali diumumkan Apple selama Worldwide Developer Conference (WWDC) bersamaan dengan diperkenalkannya iOS 16. 

Berbagai website yang ditambahkan ke home screen di iPhone atau iPad pengguna sebagai aplikasi web akan meminta persetujuan pengguna untuk mengirimkan notifikasi dengan subscribe atau lainnya. 

4 dari 4 halaman

Pembaruan Fitur Lainnya

Terdapat beberapa peningkatan yang juga hadir pada iOS 16.4, yang bisa dilihat melalui digulirkannya update iOS 16.4 Beta 1 ini. Pembaruan tersebut juga menambahkan dukungan untuk layanan 5G Standalone. Fitur yang diumumkan oleh operator seluler Amerika Serikat T-Mobile ini dapat memberikan kecepatan hingga 3Gbps.

Shortcut dan Mode Focus

Selain itu, shortcuts dan mode Focus juga mengalami perubahan. Untuk Always On Display, terdapat filter baru pada mode Focus sehingga pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode Focus secara otomatis. Beberapa shortcuts baru juga tersedia untuk opsi “Set Always on Display”, “Set VPN”, dan Lock Screen.

Selain dari penambahan fitur-fitur baru tersebut, Apple juga banyak mendeteksi beberapa masalah bug dan melakukan perbaikan berbagai aplikasi seperti iCloud Drive.  

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.