Sukses

Blockchain Merevolusi Industri Keuangan, Diklaim Bisa Buka Peluang Bisnis Baru

Blockchain dinilai merevolusi industri keuangan, memungkinkan transaksi lebih cepat, lebih aman, dan lebih transparan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara dengan pangsa pasar potensial bagi layanan keuangan digital di Asia Tenggara. Sebab, masih banyak masyarakat yang belum terjangkau layanan finansial konvensional atau memiliki rekening bank.

Berdasaran riset Google, Temasek, Bain & Company, 81% penduduk Indonesia yang belum terlayani jasa keuangan (unbanked). Dengan demikian, pasar layanan keuangan bank digital masih sangat terbuka di Indonesia.

Terkait hal ini teknologi blockchain dinilai merevolusi industri keuangan, memungkinkan transaksi lebih cepat, lebih aman, dan lebih transparan.

Di Indonesia, di mana sektor layanan keuangan berkembang pesat, blockchain berpotensi membuka peluang baru bagi bisnis dan individu.

D3 Labs, perusahaan penyedia layanan teknologi finansial berbasis blockchain, memiliki misi untuk menyederhanakan dan memberdayakan sistem keuangan melalui adopsi blockchain, membawa kepercayaan dan manfaat bagi semua orang.

"D3 Labs hadir sebagai penyedia solusi fintech berbasis blockchain dan memiliki tim profesional berpengalaman di bidang keuangan, teknologi, dan blockchain," kata CEO D3 Labs, Chung Ying Lai melalui keterangannya, Sabtu (25/3/2023).

Ia menjelasakan tujuan utama perusahaan adalah menjadikan sistem keuangan lebih sederhana, lebih mudah diakses, dan lebih aman untuk semua orang.

"Strateginya dengan memanfaatkan kekuatan teknologi blockchain untuk membangun solusi inovatif yang memecahkan masalah dunia nyata," ucap Chung Ying Lai, menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Utama Blockchain untuk Industri Keuangan

Salah satu manfaat utama blockchain untuk bisnis keuangan adalah kemampuan untuk merampingkan proses dan mengoptimalisasi biaya.

Dengan blockchain, transaksi keuangan dapat diotomatisasi dan menghilangkan kebutuhan perantara sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya terkait proses keuangan tradisional.

Hal ini sangat penting di Indonesia, yang mana banyak orang dan bisnis masih menghadapi hambatan untuk mengakses layanan keuangan.

Salah satu penawaran utama D3 Labs adalah sistem programmable money berbasis blockchain. Platform ini memungkinkan individu dan bisnis untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan cepat, aman, dan dengan biaya rendah.

Platform besutan D3 Labs dibangun di atas jaringan terdesentralisasi yang menghilangkan kebutuhan akan perantara.

Hal tersebut membuat transaksi lebih cepat, lebih murah, dan lebih transparan. Dengan programmable money, pengguna bisa mengirim uang kepada siapa saja, di mana saja di dunia, dan kapan saja tanpa batasan apa pun.

3 dari 3 halaman

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.