Sukses

7 Tips Optimalkan Fitur WhatsApp di Bulan Ramadhan, Bisa Gelar Bukber Virtual hingga Berbagi Ide Makanan

Simak artikel berikut ini untuk mengoptimalkan beragam fitur WhatsApp untuk mendukung beragam kegiatan Bulan Ramadhan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan akan datang dalam beberapa hari lagi. Bulan ini biasanya menjadi momen yang tepat bagi umat Muslim untuk merefleksikan diri dan memaknai kebersamaan.

Oleh sebab itu, di bulan penuh berkah ini, banyak dari umat Muslim menghabiskan waktu lebih sering bersama keluarga, sahabat, maupun orang terdekat. Beragam aktivitas pun kerap dilakukan bersama di bulan Ramadhan, seperti pertemuan sosial hingga menggelar acara amal.

Dengan beragam aktivitas tersebut, komunikasi tentu menjadi hal penting. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan orang terdekat di bulan Ramadhan adalah WhatsApp.

Selain menjadi aplikasi yang umum digunakan di Indonesia, WhatsApp juga disertai dengan sejumlah fitur untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang Ramadhan tahun ini.

Nah untuk mengetahui tips dan ide dalam mengoptimalkan penggunaan WhatsApp selama Ramadhan tahun ini, berikut ada beberapa di antaranya yang sudah Tekno Liputan6.com rangkum dari keterangan resmi, Minggu (19/3/2023).

Rencanakan Bukber Virtual

Buka puasa bersama atau bukber menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan di bulan puasa. Namun, terkadang tidak seluruh anggota keluarga atau teman yang bisa menghadiri acara ini, karena alasan yang berbeda-beda.

Untuk itu, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan WhatsApp untuk menggelar bukber virtual. Jadi, meski terpisah jarak, kamu masih bisa merasakan suasana buka puasa bersama hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur tautan panggilan di aplikasi WhatsApp untuk memudahkan orang lain untuk bergabung, sekaligus menjadwalkan kapan acara tersebut berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips untuk Mengoptimalkan Pemakaian WhatsApp di Bulan Ramadhan

Berbagi Ide Makanan

Selama bulan Ramadhan, kamu juga bisa saling berbagi informasi dnegan orang-orang terdekat mengenai ide makanan sahur atua bukan. Untuk melakukannya, kamu tinggia membuat grup WhatsApp khusus.

Dari situ, kamu bisa saling membagikan ide memasak sekaligus mendapatkan inspirasi. Kamu juga bisa mengunggah foto makanan sahur dan buka di Status untuk berbagi cerita kuliner.

Beramal pada yang Membutuhkan

Beramal pada mereka yang kurang mampu merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengisi bulan Ramadhan. Untuk itu, kini kamu bisa membuat pengingat menunaikan zakat dengan mengirimkan pesan pada diri sendiri dan sematkan chat agar tidak lupa.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp lain seperti Komunitas untuk mengajak lebih banyak orang mendukung berbagai kegiatan sosial di bulan Ramadhan kali ini.

 

3 dari 4 halaman

Tips Optimalkan Pemakaian WhatsApp selama Bulan Ramadhan

Ekspresikan Diri dengan Kartu Ucapan Ramadhan

Selama Bulan Ramadhan, kamu tentau bisa mengiriman pesan tulus untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga dan sahabat. Kamu bisa memanfatkan pesan dengan Avatar di WhatsApp atau merekam pesan suara.

Kunjungi Bazar Ramadhan

Bulan Ramadhan juga identik dengan bazar makanan menjelang waktu berbuka. Kamu bersama teman-teman bisa memilih bazar makanan yang ingin didatangi dengan memanfaatkan fitur Polling, lalu pakai pula fitur Lokasi Terkini untuk bertemu kembali dengan rombongan.

 

4 dari 4 halaman

Tips Optimalkan Pemakaian WhatsApp di Bulan Ramadhan

Lindung Diri dari Penipu

Menjelang Ramadhan dan Lebaran, aksi penipu juga biasanya akan meningkat lewat promosi atau penawaran palsu. Untuk itu, kamu harus selalu berhati-hati apabila menerima pesan mencurigakan.

Oleh sebab itu, kamu bisa melaporkan dan memblokir pesan yang tidak diinginkan di WhatsApp. Kamu juga perlu mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk membuat akunmu lebih aman.

Luangkan Waktu untuk Berefleksi

Selain meningkatkan interaksi sosial dengan teman dan keluarga, Ramadhan juga waktu tepat bagi kamu untuk merefleksikan diri. Karenanya, jika kamu membutuhkan waktu tenang sendirian, kamu bisa membisukan obrolan grup sesuai kebutuhan.

(Dam/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.