Sukses

MSC 2023 Digelar di Kamboja, Tim Mobile Legends dari Luar Asia Tenggara Ikut

Tak cuma melibatkan tim dari Asia Tenggara, turnamen esports MLBB, MSC 2023 Kamboja juga akan membawa sejumlah tim juara dari wilayah lain.

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Esports dan Moonton secara resmi mengumumkan, turnamen MLBB Southeast Asia Cup atau MSC 2023 bakal digelar di Kamboja. Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh akun Instagram resmi mlbbesports_official.

Berbeda dari MSC tahun-tahun sebelumnya, tak cuma tim-tim dari Asia Tenggara yang akan bertanding. Beberapa tim esports Mobile Legends dari wilayah luar Asia Tenggara juga akan mendapatkan slot untuk berlaga.

"12 tim MLBB terbaik dari penjuru Asia Tenggara, MENA, Amerika Utara, dan Turki akan berkumpul dan bertarung untuk kejayaan esports yang bergengsi," tulis MLBB Esports, dikutip Kamis (16/3/2023).

Menurut penyelenggara, dengan lebih banyak talenta di turnamen ini, MSC 2023 tahun ini disebut "lebih inklusif daripada sebelumnya."

Berdasarkan informasi di akun Instagram MLBB Esports, berikut ini alokasi slot untuk MSC 2023 Kamboja, di mana tim juara dari Amerika Utara, Turki, Timur Tengah dan Afrika Utara juga akan berlaga.

Alokasi Tim di MSC 2023

  1. MPL Indonesia - 2 Slot
  2. MPL Philippines - 2 Slot
  3. Mekong Qualifier - 1 Slot
  4. MPL Cambodia - 1 Slot
  5. MPL Malaysia - 1 Slot
  6. MPL MENA - 1 Slot
  7. MPL Singapore - 1 Slot
  8. Myanmar Qualifier - 1 Slot
  9. North America Challenger Tournament - 1 Slot
  10. MLBB Turkey Championship - 1 Slot

Adapun, MSC 2023 Kamboja akan digelar pada 10 sampai 18 Juni 2023 mendatang.

Tambahan informasi, tim asal Filipina RSG Philippines berhasil keluar sebagai juara MSC 2022 digelar di Malaysia usai menundukkan RRQ Hoshi dari Indonesia dengan skor telak 4-0.

Indonesia sudah pernah menjadi tuan rumah di MSC pertama pada 2017 dan MSC 2018, dilanjutkan dengan Filipina di MSC 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Timnas Esports Raup 4 Medali Emas di SEA Games 2023

Gelaran MSC 2023 sendiri berlangsung tak lama setelah Kamboja menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga lainnya SEA Games 2023, di mana cabang olahraga esports juga akan dipertandingkan.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengungkapkan, mereka menargetkan Timnas Esports Tanah Air bakal mendapatkan empat medali emas di ajang bergengsi SEA Games 2023 Kamboja yang akan datang.

Menurut PBESI, mengacu pada SEA Games 2021 yang digelar 2022 lalu, Timnas Esports Indonesia berhasil membawa pulang dua medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

"Untuk SEA Games Kamboja ini kita mendapat target empat emas, tiga perak, dan satu perunggu, dengan mengikuti enam nomor pertandingan," kata Ketua Badan Timnas SEA Games 2023 Tjahjono Prasetyanto, Jumat (10/3/2023).

 

3 dari 4 halaman

Jaga Atlet Tetap di Titik Tertinggi Saat Bertanding

Tjahjono melanjutkan, dalam Pelatnas, PBESI berusaha agar para atlet tetap bisa menjaga semangat mereka berada di titik tertinggi ketika bertanding di SEA Games 2023 Kamboja.

"Tentunya kita akan menghadapi bulan puasa, dan itu pasti akan berpengaruh, pola tidur, pola makan, dan semuanya, itu semuanya kita analisa, kita perhitungkan hal-hal sekecil apa pun, jangan sampai mengganggu," ujarnya.

Tjahjono juga menjabarkan, untuk PUBG Mobile, Indonesia menyertakan dua tim yaitu INA1 dan INA2, serta mengikut sertakan 10 atlet di kategori PUBG Mobile Solo.

"Mobile Legends itu dua, terus PUBG itu ada lima, terus CrossFire dan Valorant. Jadi itu target yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini untuk kita bisa capai," kata Tjahjono.

 

4 dari 4 halaman

Anggapan Cuma MLBB dan PUBG yang Mendulang Emas

Lebih lanjut, PBESI juga menilai ada anggapan medali emas bakal datang dari sejumlah nomor di mana Indonesia sudah banyak mendulang prestasi seperti Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile.

"Tetapi saya kasih spoiler sedikit, jangan sepelekan Valorant dan CrossFire kita," kata Yohannes Paraloan Siagian, Kepala Pelatih Timnas Esports Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Menurut Yohannes, dirinya yakin atlet-atlet Timnas Esports sudah siap, dan mereka menargetkan "Indonesia Raya diputar enam kali di Kamboja."

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.