Sukses

Lima Bulan di Luar Angkasa, Empat Astronaut Crew-5 SpaceX Pulang ke Bumi

Empat astronaut Crew-5 SpaceX sukses kembali ke Bumi setelah lima bulan berada di luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Empat astronaut yang tergabung dalam misi Crew-5 SpaceX kembali ke Bumi pada Sabtu malam waktu setempat, usai lima bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Menggunakan wahana antariksa Dragon "Endurance" milik perusahaan Elon Musk itu, empat astronaut tersebut mendarat di lepas pantai Florida, Amerika Serikat (AS).

Empat astronaut tersebut adalah Josh Cassada dan Nicole Mann dari NASA, Koichi Wakata dari Jepang, serta kosmonaut Rusia Anna Kikina. Dikutip dari Engadget, Senin (13/3/2023), mereka menghabiskan 157 hari di orbit selama rotasi Stasiun Luar Angkasa.

Tercatat juga, misi ini membawa Mann, anggota suku Wailaki, menjadikannya sebagai wanita pribumi Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa.

Selain itu, ini juga pertama kalinya kosmonaut Rusia terbang dengan pesawat swasta AS. Hal itu bisa dicapai karena kerja sama NASA dan Roscosmos tahun lalu, di tengah ketegangan antara AS dan Rusia karena Perang Ukraina.

Sementara bagi Wakata, penerbangan ini menjadi kepulangannya yang kelima dari luar angkasa, menjadikannya sebagai sebuah rekor untuk Jepang.

Misi ini juga menandai perjalanan orbit kedua untuk Endurance, setelah kapsul itu berhasil membawa awak Crew-3 kembali ke Bumi musim gugur lalu.

Pesawat itu sekarang akan kembali ke fasilitas Dragon Lair SpaceX di Florida, untuk pemeriksaan keselamatan dan perbaikan, sebelum penerbangan berikutnya.

Mengutip laman resmi NASA, sepanjang misinya, Crew-5 SpaceX terlibat dalam sejumlah kegiatan sains dan pemeliharaan, serta demonstrasi teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Dilakukan Astronaut Crew-5 di Luar Angkasa

Cassada bergabung dengan astronaut NASA Frank Rubio, untuk melakukan tiga spacewalks, serta mempersiapkan stasiun untuk memasang dua iROSA (International Space Station Roll-Out Solar Arrays) baru

Mann dan Wakata juga bekerja sama untuk dua perjalanan ruang angkasa, serta melengkapi laboratorium yang mengorbit untuk augmentasi susunan surya.

Selama di stasiun, anggota kru juga menguji teknik hidroponik dan aeroponik untuk menanam tanaman tanpa menggunakan tanah, serta terlibat dalam peluncuran satelit pertama Uganda dan Zimbabwe.

Mereka juga mempelajari bagaimana cairan bergerak dalam wadah dalam simulasi gravitasi bulan untuk menghasilkan data, guna menyempurnakan desain penjelajah Bulan.

Selain itu, para astronaut juga menguji sistem sesuai permintaan, untuk menghasilkan sejumlah nutrisi penting dari yogurt, kefir, dan minuman berbasis ragi.

 

3 dari 4 halaman

Astronaut Frank Rubio Tak Ikut Penerbangan Pulang

Mereka juga menanam tomat kerdil dalam upaya memenuhi kebutuhan akan kemampuan produksi makanan segar yang berkelanjutan di luar angkasa. 

Para kru juga memasang kembali fasilitas bioprinting stasiun, sebagai batu loncatan dalam rencana jangka panjang untuk membuat seluruh organ manusia di luar angkasa.

Tidak dalam penerbangan kemarin adalah Frank Rubio, yang terbang ke Stasiun Luar Angkasa dengan MS-22, pesawat luar angkasa Soyuz Rusia, yang mengalami kebocoran cairan pendingin akhir tahun lalu, akibat serangan mikrometeoroid.

Kru Endurance untuk sementara mengatur kembali perjalanan mereka, untuk membawa Rubio jika terjadi evakuasi darurat dari sana, setelah Roscomos menentukan MS-22 hanya dapat mengangkut dua orang dengan aman.

Modifikasi tapi dicabut setelah Rusia mengirim pesawat pengganti Soyuz untuk membawa Rubio dan kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin kembali ke Bumi.

 

4 dari 4 halaman

Roket Baru Jepang Gagal Mengorbit karena Masalah Mesin

Sementara, beberapa waktu lalu, roket angkut menengah baru milik Jepang gagal dalam penerbangan debutnya ke luar angkasa pada Selasa, 7 Maret 2023, setelah mengalami masalah mesin.

Mengutip Reuters, Selasa (7/3/2023), roket ini gagal mengorbit setelah kegagalan mesin di tahap kedua tidak menyala seperti yang direncanakan.

Kegagalan mengorbit ke luar angkasa ini jadi pukulan terhadap upaya Jepang memangkas biaya akses ke ruang angkasa dan bersaing dengan roket SpaceX milik Elon Musk.

Berdasarkan siaran langsung Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), roket Jepang yang mengalami kegagalan mesin tahap kedua adalah roket H3 setinggi 57 meter. Roket ini sempat lepas landas tanpa hambatan dari pelabuhan antariksa Jepang, Tanegashima.

Namun setelah mencapai luar angkasa, mesin tahap kedua roket gagal menyala dan memaksa petugas di misi ini untuk menghancurkan kendaraan tersebut secara manual.

Upaya kegagalan orbit ini menyusul peluncuran yang seharusnya dijadwalkan bulan lalu, tetapi dibatalkan.

"Berbeda dengan pembatalan dan penundaan sebelumnya, kali ini benar-benar gagal," kata seorang profesor di Universitas Osaka dengan keahlian bidang kebijakan ruang angkasa, Hirotaka Watanabe.

Ia menambahkan, "Ini akan berdampak serius pada kebijakan ruang angkasa masa depan Jepang, bisnis ruang angkasa, dan daya saing teknologi."

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.