Sukses

Top 3 Tekno: Kepanjangan dari WiFi Bikin Penasaran

Meski sudah menjadi istilah umum yang diketahui banyak orang, arti WiFi sebenarnya belum banyak diketahui. Salah satunya adalah kepanjangan dari WiFi.

Liputan6.com, Jakarta - Kendati telah menjadi istilah yang umum yang diketahui banyak orang, arti WiFi sendiri sebenarnya belum banyak diketahui. Salah satunya adalah mengenai kepanjangan dari WiFi.

Hal ini pun membuat penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (8/3/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari XL Axiata yang mengklaim telah merampungkan penghapusan jaringan 3G.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Ini Kepanjangan dari WiFi, Ternyata Tidak Seperti yang Kamu Kira

WiFi saat ini sudah menjadi istilah yang umum didengar oleh masyarakat. Terlebih, di era digital saat ini, WiFi kerap dikaitkan langsung dengan sambungan internet.

Kendati telah menjadi istilah yang umum yang diketahui banyak orang, arti WiFi sendiri sebenarnya belum banyak diketahui. Salah satunya adalah mengenai kepanjangan dari WiFi.

Banyak yang mengira WiFi merupakan singkatan, sama seperti HiFi yang berarti High Fidelity. Namun, setelah ditelusuri, WiFi ternyata tidak memiliki kepanjangan apa pun.

Dengan kata lain, istilah tersebut sejak awal memang sudah menggunakan nama tersebut. Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota pendiri WiFi Alliance Phil Belanger.

Mengutip informasi dari NewScientist, Rabu (8/3/2023), Phil menyebut banyak yang salah mengira tentang arti WiFi itu sendiri. Ia menuturkan, WiFi sebenarnya tidak berarti apa apa.

"WiFi tidak memiliki arti apa-apa. Itu bukan akronim. Tidak memiliki arti apa pun," tuturnya.

Nama WiFi sendiri dipakai untuk sebagai standar yang dibuat untuk lebih mudah mengingat IEEE 802.11b Direct Sequence.

Istilah WiFi sendiri muncul ketika WiFi Alliance menggandeng firma konsultasi untuk menentukan nama standar teknologi nirkabel untuk internet tersebut. Ketika itu, ada 10 nama yang diberikan dan akhirnya dipilih WiFi.

Pada awalnya, menurut Phil, WiFi memang sempat menyertakan tagline 'The Standard for Wireless Fidelity'. Tagline itu dipakai karena para anggota dewan merasa aneh memakai nama yang tidak berarti apa-apa.

Baca selengkapnya di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. XL Axiata Selesaikan Penghapusan 3G, Trafik Data Naik 22 Persen pada 2022

XL Axiata telah menyelesaikan penghapusan 3G pada 2022. Kini, seluruh spektrum frekuensi yang semula dipakai untuk menggelar 3G bisa dimaksimalkan untuk jaringan 4G.

"Pada 2023, 3G shutdown sudah selesai. Sejalan dengan selesainya penghapusan layanan 3G, spektrum yang tadinya dipakai untuk menggelar 3G kini telah di-refarming untuk menggelar 4G, sehingga penggunaan spektrum makin efisien karena digunakan untuk 4G saja," kata Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam media update mengenai Kinerja 2022 dan Outlook 2023 XL Axiata, Selasa (8/3/2023).

Sementara itu, Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menjelaskan, pada 2022, penambahan layanan 4G menjadi makin signifikan sejalan dengan diselesaikannya penghapusan 3G.

Menurutnya, sebelumnya spektrum frekuensi 2.100MHz dipakai untuk 3G dan 4G. Kini dengan penghentian layanan 3G, spektrum frekuensi 2.100MHz dengan lebar pita 45MHz dipakai sepenuhnya untuk menggelar 4G, menjadikan efiensi.

Dengan menjalankan layanan 4G, terjadi kenaikan trafik internet secara signifikan. XL Axiata juga mencatatkan kenaikan trafik data pada 2022 sebesar 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total data 1 Petabyte.

Sekadar informasi, hingga akhir 2022, jumlah BTS XL Axiata (2G dan 4G) mencapai 144.768 BTS. Jumlah BTS 4G sebanyak 91.632 unit. Dari jumlah itu, fiberisasi telah mencapai 54 persen.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Pria Thailand Ong Dam Sorot Viral di Internet, Tinggal Rukun Satu Atap dengan 8 Istri Jadi Sorotan

Seorang pria asal Thailand bernama Ong Dam Sorot menjadi sorotan warganet, karena memiliki delapan istri.

Mengejutkannya, kedelapan seniman tato muda ini ternyata tinggal di bawah satu atap.

Mengutip laman New York Post, Rabu (8/3/2023), ke-8 istri Ong Dam Sorot menggambarkan suami mereka sebagai sosok pria paling baik hati dan perhatian di Bumi.

Meski tinggal di bawah satu atap, mereka mengaku tinggal dengan rukun dan pengertian satu sama lain sebagai satu keluarga besar yang bahagia.

Dalam wawancara Ong Dam Sorot dengan seorang komedian populer Thailand, dirinya menceritakan bagaimana dia bertemu delapan istrinya.

"Saya bertemu Nong Sprite di pernikahan seorang teman dan dengan cepat melamarnya," kata Ong Dam Sorot.

Dia juga menyebutkan, "Saya temui Nong L di pasar, dan Nong Nan, istri ketiganya, di rumah sakit."

Sementara itu, Ong Dam Sorot juga menyebut dirinya bertemu istri keempat, kelima dan keenam lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

"Saya bertemu istri ketujuh, Nong Film, saat berkunjung ke kuil Phra Pathom Chedi bersama ibunya. Dan bertemu dengan istri kedelapannya, Nong Mai, saat dia sedang berlibur bersama empat istrinya di Pattaya," kata Ong Dam Sorot tentang 8 istrinya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.