Sukses

YouTube Akan Hapus Iklan Overlay pada Desktop Mulai 6 April 2023, Apa Untungnya Buat Pengguna?

YouTube mengonfirmasi akan hilangkan iklan dengan format overlay yang muncul di bagian bawah video mulai 6 April mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube mengonfirmasi akan hilangkan iklan dengan format overlay (iklan overlay) mulai 6 April 2023. Iklan jenis ini umumnya muncul di atas video pada bagian bawah layar. 

Bagi sebagian pengguna YouTube, munculnya iklan ini di YouTube dekstop mungkin saja dapat mengganggu ketenangan pengguna dalam menyaksikan tayangan. Maka, penghapusan tersebut dilakukan untuk membantu meningkatkan pengalaman penonton. 

Dalam postingan YouTube Help Forum, disebutkan bahwa meskipun iklan itu dihilangkan, YouTube akan mengalihkan interaksi ke format iklan lainnya dengan kinerja yang lebih tinggi, baik di desktop maupun di perangkat seluler.  

Platform streaming video ini juga mengungkapkan, tidak akan ada perubahan pada format Youtube Ads lainnya dan keputusan ini diambil sebagai langkah untuk mengoptimalkan format iklan.

Dengan begitu, dampak terhadap sebagian besar konten kreator YouTube diperkirakan akan terbatas dan tidak terlalu besar karena iklan dengan jenis lain tidak sepenuhnya hilang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iklan Pengganti di YouTube Desktop Belum Dapat Dipastikan

Setelah dinyatakan iklan overlay akan diganti dengan jenis iklan lainnya, YouTube tidak menjelaskan lebih lanjut terkait jenis iklan apa yang akan menggantikannya.

Namun, dapat diperkirakan YouTube akan lebih fokus pada iklan yang muncul di awal video, tengah video, dan akhir video. 

Di sisi lain, iklan overlay juga tidak akan kembali tersedia sebagai format yang dapat diaktifkan pada YouTube Studio. 

Dilansir GSMArena, Jumat (10/3/2023), sebelumnya iklan overlay juga pernah muncul di perangkat seluler. Namun, iklan ini telah lama dihapus dan tidak ada yang memprotes penghapusannya. 

3 dari 4 halaman

Fitur Kiriman dan Komentar di YouTube Help Forum Dinonaktifkan

Menjelang perbaikan dalam beberapa bulan ke depan, YouTube menonaktifkan fitur kiriman dan komentar pada YouTube Help Forum. Fitur tersebut diubah menjadi mode hanya baca pada awal bulan ini.

Perubahan ini dilakukan karena banyak utas tidak relevan untuk didiskusikan pengguna dan sejumlah besar pertanyaan tidak terjawab. 

Maka, YouTube akan menggunakan masa perbaikan dan eksperimen tersebut untuk menginformasikan rencana jangka panjang yang lebih banyak. Platform ini juga ingin memastikan forum dapat menjadi ruang yang bermanfaat bagi semua pengguna. 

4 dari 4 halaman

Kreator YouTube Shorts Kini Bisa Dapat Penghasilan dari Iklan

Di sisi lain, YouTube mengumumkan, kreator kini bisa mendapatkan penghasilan iklan dari Shorts mulai 1 Februari mendatang.

Sebelumnya di bulan September 2022, opsi monetisasi Shorts melalui iklan disebut tengah digarap oleh pihak YouTube.

Mengutip The Verge, Selasa (10/1/2023), perubahan tersebut hadir sebagai bagian dari update yang lebih luas di Program Mitra YouTube alias YouTube Partner Program. Di mana, program ini mempersyaratkan semua anggotanya untuk menyetujui persyaratan perjanjian baru, baik mereka ingin menghasilkan uang atau tidak dari Shorts.

Saat ini, kreator Shorts bisa menghasilkan sejumlah uang dari format yang digulirkan tahun 2021 ini, untuk sementara melalui hal-hal seperti Super Chat dan integrasi belanja, serta dana kreator yang disiapkan perusahaan. Namun model tersebut tidak terlalu banyak dibandingkan skema model monetisasi di TikTok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.