Sukses

20 Fakta Menarik Tentang Samsung, Si Raksasa Teknologi Asal Korea

Entah Anda pengguna setia Samsung atau pecinta gadget merek lainnya, kami berharap Anda dapat mempelajari sesuatu hal baru cuman sekadar dari deretan perangkat elektronik buatan perusahaan asal Korea.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling terkenal di dunia, namun ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Dalam artikel ini, kami akan mengungkap beberapa fakta tentang Samsung yang sudah berdiri sejak 1938 tersebut.

Entah Anda pengguna setia Samsung atau pecinta gadget merek lainnya, kami berharap Anda dapat mempelajari sesuatu hal baru cuman sekadar dari deretan prangkat elektronik buatannya.

Fakta Menarik Tentang Samsung:

  1. Pendiri Lee Byung-chul mengatakan, Samsung merupakan gabungan dari kata Korea, yakni sam (tiga) dan sung (bintang). Konon, simbol tiga bintang mewakili sesuatu yang "besar, banyak, dan kuat".
  2. Bila sekarang dikenal dengan deretan produk elektronik, awal bisnis Samsung menjual mie dan produk lainnya. Baru pada 1970, perusahaan menjual produk listrik pertamanya, yakni TV hitam putih berukuran 12 inci.
  3. Mengutip Sammobile, Sabtu (4/3/2023)), Samsung Grup memiliki 266,673 karyawan yang tersebar di dunia.
  4. Divisi konstruksi Samsung diketahui berperan besar dalam membangun gedung pencakar langit Burj Khalifa di Dubai, gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 2.722 kaki.
  5. Sebelum menggunakan logo Samsung sekarang, perusahaan ternyata mengubah logo mereka sebanyak tiga kali. Adapun logo saat ini diperkenalkan pada 2005, dimana sebelumnya ada 7 logo lain sebelumnya.
  6. Samsung SCH-100 yang diluncurkan 1996 menjadi ponsel pertama dengan teknologi CDMA. Dibandingkan 4G/LTE saat ini, CDMA memang kalah jauh saat ini.Akan tetapi, kala itu CDMA tampil lebih unggul ketimbang teknologi GSM.
  7. Samsung menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam hal teknologi, dimana mereka menciptakan TV digital pada 1998, ponsel jam tangan (1999), home theater 3D (2010), dan ponsel dengan layar lengkung pertama di dunia--Galaxy Note 3--pada tahun 2013.
  8. Samsung memang bukan perusahaan pertama yang membuat smartphone, tetapi mereka adalah salah satu pemain pertama di pasaran tersebut.Perusahaan memperkenalkan ponsel PDA pertamanya, yaitu SPH-i3000 pada 2001.
  9. Beberapa dari Anda pasti beranggapan Galaxy S series menjadi ponsel paling laris di pasaran milik Samsung. Akan tetapi, perusahaan meraup untuk besar lewat feature phone Samsung E1110 yang dirilis pada 2009. Saat produksi ponsel berakhir pada 2012, Samsung telah menjual 15 juta unit, dan mengantongi label ponsel terlaris ke-6 sepanjang masa.
  10. Berdasarkan laporan Insider, Samsung menyumbang sekitar 17 persen dari penghasilan Produk Domestik Bruto Korea.
  11. Pada tahun 2016, Samsung mengirimkan 306 juta unit ponsel ke seluruh dunia yang meningkat dari 283,1 juta unit dibandingkan tahun 2010.
  12. Samsung S3 pernah terjual sebanyak 500 unit per menit setelah diluncurkan ke pasaran.
  13. Samsung S8 menjadi ponsel pertama perusahaan yang menggunakan teknologi AI Bixby, guna bersaing dengan Cortana (Microsoft) dan Siri (Apple).
  14. Selain membuat perangkat elektronik, Samsung diketahui pernah merakit jet tempur pertama mereka, yakni KF-16 untuk Angkatan Udara Korea Selatan.
  15. May 2017, Samsung mengantongi izin untuk melakukan uji coba kendaraan otonomos di Korea Selatan.
  16. Samsung juga menjadi perusahaan teknologi dengan daftar paten terbanyak, dibandingkan perusahaan lain di dunia dengan 7670 paten di AS.
  17. Agustus 2016 menjadi tahun paling 'gelap' bagi Samsung, karena perusahaan harus menarik 2,5 juta Galaxy Note 7 dari pasaran karena kasus kerusakan di baterai ponsel.
  18. Semua produk Samsung sejak 2013 menerima serifikasi lingkungan standar global.
  19. Pada Januari 2017, pimpinan Samsung Lee Jae-yong, diinterogasi sebagai bagian dari skandal korupsi politik terbesar di Korea Selatan, berdasarkan laporan BBC.
  20. Februari 2017, Samsung menjadi produsen TV pertama yang memperkenalkan TV QLED mampu mencapai volume warna 100 persen. Ini berarti tampilan di layar lebih nyata dan detail.

Dari awal yang sederhana pada 1938 hingga menjadi perusahaan terkenal di dunia, Samsung memang sudah berkembang dengan pesat.

Jika Anda bertanya kepada orang, perangkat elektronik atau ponsel apa yang digunakan saat ini, maka lebih dari setengahnya menggunakan produk Samsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A04e

Samsung Galaxy A04e (Foto: Samsung).

Samsung merilis HP Android Rp 1 jutaan terbarunya, Samsung Galaxy A04e. Perangkat ini diklaim hadir dengan kapasitas penyimpanan dua kali lebih lapang.

Samsung A04e memiliki RAM 3GB dengan tambahan fitur RAM Plus hingga 4GB. Selain itu juga ada ruang penyimpanan internal 64GB yang bisa ditingkatkan hingga 1TB dengan kartu memori eksternal.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, kehadiran varian baru Samsung Galaxy A04e adalah upaya dari Samsung agar masyarakat bisa menikmati berbagai inovasi dan mendukung gaya hidup yang lekat dengan teknologi.

"Ponsel ini sudah dibekali penyimpanan 64GB, dua kali lebih lapang dari versi sebelumnya dan didukung RAM 3GB yang bisa diperluas dengan RAM Plus 4GB untuk memberi performa mumpuni dalam mendukung aktivitas harian," kata Ricky, dikutip dari keterangan Samsung, Sabtu (4/3/2023).

Lebih lanjut Ricky menjelaskan, perangkat ini juga didukung dual camera 13MP untuk membuat konten kekinian di media sisial dan baterai 5.000mAh yang diklaim tahan seharian.

"Dengan harga mulai dari sejutaan, Samsung memberi pengguna pilihan pasti untuk mendukung berbagai aktivitas harian mereka," tutur dia.

Galaxy A04e memiliki layar 6,5 inci beresolusi HD+ untuk membuat pengguna mengakses konten dengan lebih nyaman.

Samsung Galaxy A04e didukung ruang penyimpanan 64GB yang membuat perangkat kian multifungsi. Pasalnya, smartphone kini jadi alat komunikasi hingga pembayaran.

3 dari 5 halaman

Chipset dan RAM serta Ruang Penyimpanan

Samsung Galaxy A04e (Foto: Samsung).

Smartphone juga dipakai untuk mengekspresikan diri hingga alat untuk merekam dan menjepret momen-momen penting. Dengan fungsi sebanyak itu, performa pun menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih smartphone.

Samsung Galaxy A04e, meski harganya Rp 1 jutaan, sudah didukung performa menjanjikan berkat chipset MediaTek Helio P35 yang dibawanya.

Dengan kapasitas besar yang bisa diperluas dan RAM Plus hingga 4GB, pengguna jadi bebas main media sosial, nonton drakor favorit, hingga main game online sepuasnya. 

4 dari 5 halaman

Kamera

Samsung Galaxy A04e. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Pengguna smartphone kini juga jadi content creator. Bagaimana tidak, di level konsumen mana pun, mereka memanfaatkan smartphone untuk mengambil foto atau video, untuk dibagikan baik itu ke media sosial, platform video pendek, hingga dibagikan ke orang terdekat melalui aplikasi pesan.

Di harga Rp 1 jutaan, Samsung Galaxy A04e dilengkapi dual camera belakang yang terdiri dari kamera utama 13MP dan depth camera 2MP, serta kamera selfie 5MP.

Formasi kamera ini diklaim mampu mendukung pengguna berkreasi membuat konten yang dapat dibagikan ke followers atau orang terdekat.

Untuk membuat video, kamera Samsung Galaxy A04e sudah mendukung video beresolusi 1080p 30fps. Dengan dukungan dual mikrofon bawaan, pengguna sudah bisa menambahkan voice over dengan kualitas jernih.

 

5 dari 5 halaman

Baterai dan Harga

Samsung Galaxy A04e (Foto: Samsung).

Samsung Galaxy A04e dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh untuk mendukung aktivitas seharian pengguna.

Baterai ini telah didukung teknologi pengisian daya cepat 7,75W dengan kabel USB Type C.

Selain itu, teknologi baterai Galaxy A04e juga diperkuat pengelolaan daya berbasis AI untuk mendeteksi dan menyesuaikan penggunaan baterai sesuai kebiasaan si pemilik ponsel.

Dengan begitu, penggunaan daya menjadi lebih efisien dan lebih awet.

Samsung belum mengungkap harga detail dari Samsung Galaxy A04e ini. Namun, model Samsung Galaxy A04e RAM 3GB dan storage 32GB yang rilis sebelumnya dibanderol RP 1.299.000.

Bisa jadi, harga Samsung Galaxy A04e RAM 3GB dan storage 64GB ini tidak terlalu jauh bedanya dengan versi 32GB.

Kini, smartphone ini pun sudah bisa dibeli di toko offline rekanan Samsung, sejak 3 Maret 2023. Samsung menyebut, pembelian smartphone ini akan mendapatkan akses gratis YouTube Premium selama 2 bulan, senilai Rp 118 ribu dan gratis Spotify Premium selama 3 bulan, dengan nilai Rp 165 ribu.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.