Sukses

Aksi Sopir Fortuner Rusak Honda Brio Bikin Berang, Warganet: Cuman Diperiksa Lalu Pulang?

Reaksi warganet Twitter terkait aksi sopir Fortuner rusak Honda Brio yang mengetahui pelakunya hanya diperiksa tim Polres Metro Jaksel dan dibiarkan pulang.

Liputan6.com, Jakarta - Warganet dibuat berang oleh aksi arogan yang dilakukan sopir Toyota Fortuner terhadap pengendara Honda Brio di kawasan Office 8 Senopati, Jakarta Selatan.

Kejadian tersebut langsung viral dan menjadi sorotan warganet, terlebih lagi saat mengetahui pengemudi Fortuner yang merusak mobil Brio itu langsung pulang setelah menjalani pemeriksaan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Irwandi Idrus mengatakan, pengemudi Toyota Fortuner secara sukarela menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan pada Minggu (12/2/2023).

"Dapat kami sampaikan terlapor inisial GR (24) merupakan lulusan S1 di salah satu perguruan tinggi, datang ke Polres Metro Jaksel dengan kooperatif untuk dilakukan pemeriksaan," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Sejumlah pengguna Twitter melampiaskan rasa kekesalan dan berang mereka terhadap pihak kepolisian, yang terkesan berat sebelah menangani kasus sopir Fortuner rusak Brio milik pengemudia lainnya.

Berikut ini adalah cuitan warganet terkait Fortuner vs Brio di lini masa Twitter, dan sudah dicuitkan sebanyak 29 ribu kali hingga trending topic.

"Tindak pidana yg dilakukan Jelas, Kekerasan Mengancam jiwa orang , merusak barang. alat bukti Rekaman, Sajam, F4 Fortuner AirSoftgun.Knapa tdk ditahan pak @ListyoSigitP? Mohon Jelaskan? Siap dia rupanya?" tulis akun @Hera****

"Buset gak diapa-apain sama polisi??? Udah gila @TMCPoldaMetro !Itu pajero/fortuner ngerusak mobil orang loh! udah arogan pake senjata, ada niat melukai atau mungkin ngebunuh," cuit @java****. 

"Andai yang merusak adalah pemilik mobil warna kuning dan yang dirusak adalah mobil fortuner, mungkin kah pelaku nya diijinkan untuk pulang?" kata @Herm****.

"Woiii polres Jaksel Musyawarah ganti rugi pemilik Fortuner kudunya nggak menghapus tuntutan pidana," tulis @Usta****

"🤣🤣🤣🤣 tidakan hukum tidak ada padahal jelas pengemudi Fortuner tersebut membawa senjata api dan samurai...,polisi masuk angin lagi..." cuit @Mawa****

"Kooperatif hanya berlaku untuk pajero dan Fortuner,, jika anda bawa truk lalu emosi trus nabrak orang, walau anda salim sama semua orang di Polsek ya tetep kata kooperatif tidak akan diberikan kepada Anda," ucap @irw****

"Krn pelakunya adalah fortuner, dan korbannya Brio. Coba dibalik, pasti perlakuannya pun beda. Iya to, indonesia kok," unggah @Manc****

Irwandi menerangkan, pihaknya sampai saat ini masih mendalami dugaan perusakan mobil yang terjadi di kawasan Office 8 Senopati. Pemilik mobil Brio yang dirusak oleh GR pun telah dimintai keterangan sebagai saksi pelapor.

"Bahwa sampai dengan saat ini sudah dalam penanganan sat reskrim polres. Penyidik sudah melakukan pemeriksaan pelapor/korban dan saksi dalam peristiwa tersebut," ujar dia.

Irwandi mengatakan, kedua belah pihak saat itu sempat melakukan musyawarah. Namun, belum ada kesepakatan apapun.

"Pihak korban mobil Honda Brio minta waktu untuk berpikir terlebih dahulu. Perkembangan penanganan akan di update lebih lanjut," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mahfud MD Soroti Pengemudi Fortuner Ngamuk Rusak Brio

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keterangan terkait situasi Papua usai penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus korupsi di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/9/2022). Mahfud menyebut panasnya kondisi Papua tak lepas dari penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka korupsi oleh KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD angkat bicara mengenai video viral yang memperlihatkan pengemudi Toyota Fortuner mengamuk dan merusak mobil Brio.

Mahfud meminta, aparat kepolisian melacak pengemudi dari Fortuner yang merusak mobil Brio. Ia juga menyebut bahwa peristiwa tersebut mirip adegan pada film gangster.

"Pak Polisi, ini, katanya peristiwanya terjadi di Jakarta. Seperti filem gangster, ya. Masyarakat perlu tahu, apakah itu urusan utang piutang atau sekedar membuat konten sensasi utk medsos. Tapi apa pun, yg begitu itu tak blh terjadi. Perlu dilacak. @DivHumas_Polri," tulis Mahfud MD dalam akun Twitternya @mohmahfudmd dikutip pada Senin (13/2/2023).

Sebelumnya, keributan antara pengendara mobil terjadi di kawasan Office 8 Senopati, Jakarta Selatan. Kejadian viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, menampilkan suasana di tengah kemacetan. Saat itu, Toyota Fortuner hitam menghalangi laju Mobil Brio berkelir kuning.

Pengemudi Toyota Fortuner hitam itu turun hampiri Mobil Brio kuning. Tampak, pria berkaos hitam berbadan gempal berkaos hitam tampak memukul dan menendang pintu samping Mobil Brio kuning.

3 dari 4 halaman

Kronologi Pengemudi Fortuner Ngamuk Rusak Brio

<p>Sopir Fortuner Rusak Brio di Senopati</p>

Tak puas, pria itu kembali masuk ke dalam mobilnya untuk mengambil senjata tajam mirip pedang samurai. Lalu, pria berbadan gempal itu memukul berkali-kali kaca bagian depan Mobil Brio kuning hingga retak.

Pengemudi Toyota Fortuner hitam bahkan menubruk kendaraannya ke Mobil Brio kuning sebelum meninggalkan lokasi.

Terkait kejadian ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, pengemudi Mobil Brio bernama Ari Widianto telah membuat laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Minggu dini hari (12/2/2023).

"Terkait adanya konflik yang terjadi di Jalan Raya antara mobil warna hitam dengan berwarna kuning. Kasus ini sudah dilaporkan ke Polres Metro Jaksel," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Minggu (12/2/2023).

4 dari 4 halaman

Diperiksa Polisi

Polisi memeriksa pengemudi Toyota Fortuner hitam yang terlibat keributan dengan pengendara lain di kawasan Office 8 Senopati, Jakarta Selatan. Sosok pengemudi Toyota Fortuner itu pun diungkap.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Irwandi Idrus mengatakan, pengemudi Toyota Fortuner secara sukarela menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan pada Minggu (12/2/2023).

"Dapat kami sampaikan bahwa terlapor inisial GR (24) yang merupakan lulusan S1 di salah satu perguruan tinggi, datang ke Polres Metro Jaksel dengan kooperatif untuk dilakukan pemeriksaan," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Irwandi menerangkan, pihaknya sampai saat ini masih mendalami dugaan perusakan mobil yang terjadi di kawasan Office 8 Senopati. Pemilik mobil Brio yang dirusak oleh GR pun telah dimintai keterangan sebagai saksi pelapor.

"Bahwa sampai dengan saat ini sudah dalam penanganan sat reskrim polres. Penyidik sudah melakukan pemeriksaan pelapor/korban dan saksi dalam peristiwa tersebut," ujar dia.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.