Sukses

Samsung Rilis Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra 5G

Samsung resmi merilis smartphone flagship terbarunya, Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra 5G. Perangkat ini mengusung peningkatan di sisi kamera dan prosesor, seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi merilis smartphone terbarunya, Galaxy S23 series. Seperti tahun sebelumnya, ada tiga model yang hadir pada seri ini, yakni Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra. Semuanya mendukung konektivitas 5G untuk memaksimalkan pengalaman mobile.

Kehadiran Galaxy S23 series kali ini menitikberatkan pada kemampuan fotografi yang ditingkatkan dibandingkan pada versi sebelumnya, terutama pada Galaxy S23 Ultra.

Galaxy S23 Ultra didukung dengan kamera utama 200MP. Ini merupakan pertama kalinya Samsung memboyong resolusi kamera tersebut di smartphone mereka.

Kemampuan kamera yang ditingkatkan pada Galaxy S23 series, termasuk di Galaxy S23 Plus, memungkinkan perangkat ini untuk mengeksplorasi kreativitas dengan lebih baik. Misalnya untuk merekam video malam Nightography cinematik dengan dukungan AI yang lebih cerdas.

Kamera Galaxy S23 series juga menawarkan berbagai tools, mulai dari aplikasi Expert RAW (eksklusif di Galaxy) seperti mengambil gambar melalui kamera DSLR. Kemampuan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan foto editing format RAW, dan JPEG tanpa peralatan fotografi yang berat.

Ada pula fitur Multiple Exposure atau fitur untuk mengabadikan langit penuh bintang dengan Astrophoto yang ada di aplikasi Samsung Camera dan masuk ke menu Expert RAW.

Dalam perilisan Galaxy S23 series 5G, President and Head of Mobile Experience Business at Samsung Electronics, TM Roh, mengatakan, "Galaxy S23 Ultra 5G dan seluruh lini Galaxy S series terbaru ini jadi pendobrak standar terbaru akan pengalaman smartphone premium."

Oleh karenanya, Samsung mendefinisikan ulang performa tertinggi dengan menggabungkan inovasi akan daya dan ketahanan di perangkat yang lebih sedikit dampak buruknya terhadap lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Chipset dan Performa

Selain kamera, performa Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra pun ditingkatkan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platfrom for Galaxy.

Dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2, chipset yang dipakai di Galaxy S23 series ini diklaim menghadirkan peningkatan performa signifikan. Samsung mengklaim, peningkatannya GPU hingga 25 persen.

Dampaknya, kinerja smartphone bakal lebih cepat. Salah satu contoh nyatanya adalah dalam pemrosesan foto dan video sehingga hasilnya lebih optimal di berbagai keadaan.

Noise yang mengganggu di kondisi minim cahaya juga dikoreksi oleh algoritma image signal processing (ISP) berbasis AI terbaru, untuk mempertajam detail dan warna.

Selain dalam hal processing gambar, performa Galaxy S23 Series yang disokong Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga mendukung pengalaman gaming lebih kencang dan grafis yang nyata.

3 dari 5 halaman

Isi Daya Cepat hingga Penggunaan Material Daur Ulang

Penggunaan chipset ini juga membuat baterai 5.000mAh di Galaxy S23 Ultra 20 persen lebih tahan lama dibanding pada pendahulunya. Kemampuan grafisnya pun 40 persen lebih cepat, begitu juga dengan performa AI yang dioptimalkan hingga lebih dari 40 persen.

Sementara dari segi fisik, Galaxy S23 series didukung layar jernih yang sudah dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass Victus 2. Uniknya, 22 persen kandungan glass ini dibuat dari material daul ulang, sehingga lebih ramah lingkungan.

TM Roh juga mengatakan, "Teknologi impactful tidak hanya dinilai dari kemampuannya memungkinkan banyak hal bagi orang-orang, tetapi juga bagaimana ia berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik."

Untuk itulah, sejak Galaxy S22 series 5G dirilis, Samsung memang mulai menggunakan material-material daur ulang untuk dipakai di beberapa bagian produknya. Kini, di Galaxy S23 series 5G, penggunaan material daur ulang ini porsinya juga lebih banyak.

4 dari 5 halaman

Update hingga Android 17

Bicara mengenai upaya keberlanjutan, Samsung pun menjanjikan Galaxy S23 series akan mendapatkan update Android hingga 4 tahun.

Perangkat ini bakal rilis dengan sistem operasi Android 13 yang nantinya bisa di-update hingga Android 17. Selain itu perusahaan juga menjanjikan update keamanan hingga 5 tahun.

Galaxy S23 series juga didukung fitur keamanan dan privasi dalam Dashboard Samsung Galaxy, menggunakan sistem keamanan Samsung Knox mereka.

Galaxy S23 series 5G akan hadir dalam empat varian warna matte yang terinspirasi alam. Meliputi Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender. Khusus Galaxy S23 Ultra 5G akan ditambahkan empat warna baru jika konsumen memesan saat pre-order yakni warna Red, Sky Blue, Lime, dan Graphyte yang hanya ada saat masa pre-order.

5 dari 5 halaman

Pre-order di Indonesia

Sementara untuk Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus 5G, akan hadir dua tambahan warna spesial yakni Lime dan Graphyte saat pembelian di masa pre-order.

Di Indonesia, Samsung memulai pre-order Galaxy S23 series 5G segera setelah peluncuran global, yakni mulai 2 Februari hingga 23 Februari 2023 di laman Samsung.com dan berbagai kanal penjualan lainnya.

Perangkat ini hadir mulai dari Rp 12.999.000 untuk Galaxy S23 5G varian RAM 8GB dan storage 128GB. Galaxy S23 Plus versi RAM 8GB dan storage 256GB dijual Rp 15.999.000 dan termahal adalah Galaxy S23 Ultra 5G versi RAM 12GB dan storage 1TB yang bisa dibeli Rp 25.999.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.