Sukses

Tersesat karena Google Maps, SOS Satelit iPhone 14 Selamatkan Wanita di Kanada

Dua wanita di Kanada yang tersasar di tengah hutan karena Google Maps, berhasil diselamatkan karena memakai fitur SOS darurat via satelit di iPhone 14

Liputan6.com, Jakarta - Fitur SOS via satelit di iPhone 14 kembali dilaporkan menyelamatkan nyawa penggunanya. Kali ini cerita tersebut datang dua wanita yang berada di Kanada.

Dilansir Times Colonist, dua orang wanita sedang dalam perjalanan pulang setelah mereka melakukan perjalanan ke Alberta, ketika mereka tersesat di dekat McBride, sebuah desa kecil di British Columbia.

Menggunakan mobil, kedua wanita itu terpaksa harus mencari rute alternatif menggunakan aplikasi Google Maps akibat ditutupnya jalan raya utama karena kecelakaan.

Mengutip 9to5mac, Selasa (31/1/2023), Google Maps mengarahkan mereka melewati sebuah jalan kecil di Holmes Forrest. Jalan tersebut sayangnya baru sebagian dibersihkan setelah beberapa kali badai salju.

Dua wanita yang tidak tahu kondisi itu, berhasil menempuh jarak sekitar 20 kilometer, sebelum menabrak "dinding salju" dan terjebak di sana.

Mengingat mereka berada di jalanan hutan, tidak ada layanan seluler di sana. Untungnya, seorang dari mereka memiliki iPhone 14, dan berpikir untuk menggunakan fitur SOS darurat via satelit.

Mereka lalu mengirimkan pesan dan lokasinya ke pusat panggilan Apple, dari sana, petugas menghubungi "Northern911" di Kanada, yang kemudian mengaktifkan panggilan ke tim layanan darurat di British Columbia.

Tim layanan darurat pun menerima paket informasi yang diberikan, termasuk koordinat GPS.

Tim Search and Rescue (SAR) pun diturunkan termasuk Royal Canadian Mounted Police, Tim SAR British Columbia Search, serta Tim SAR Robson Valley. Kedua wanita Kanada itu lalu ditemukan menggunakan koordinat GPS. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Mengurangi Waktu Pencarian dan Penyelamatan

Kendaraan kedua wanita itu lalu ditarik keluar dari salju. Petugas juga membantu mereka berputar untuk kembali ke jalan raya.

Dwight Yochim, manajer senior di British Columbia SAR meyakini, ini merupakan pertama kalinya fitur tersebut dipakai di wilayahnya.

"Jika tak ada itu, yang akan terjadi adalah akhirnya keluarga atau kantor mereka mengatakan 'hei, mereka tidak terlihat' sehingga area pencarian akan dimulai dari manapun mereka terakhir terlihat sampai ke tempat seharusnya, dan jaraknya bisa ratusan kilometer."

"Ini adalah pengubah permainan. Teknologi ini berpotensi untuk benar-benar membantu kita menyelamatkan nyawa dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan itu," imbuhnya.

Yochim memperkirakan, timnya melakukan sekitar 1.700 sampai 1.800 pencarian dalam setahun. Fitur SOS Darurat via satelit di iPhone 14 pun dinilai bisa mengurangi jumlahnya secara signifikan.

"Jika kita tahu persis di mana subjeknya, maka yang harus kita lakukan hanyalah masuk dan menyelamatkan mereka," kata Yochim.

3 dari 4 halaman

Fitur SOS via Satelit iPhone 14 Selamatkan Pria yang Terjebak di Alaska

Fitur darurat atau SOS via satelit dari iPhone 14 juga sebelumnya dilaporkan menyelamatkan nyawa seorang pria yang terdampar di lokasi terisolasi di Alaska.

Kejadian yang terjadi pada tanggal 1 Desember 2022 ini menjadi salah satu laporan pertama dari penggunaan fitur anyar di iPhone generasi terbaru itu.

Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Alaska menjabarkan di tanggal itu, sekitar pukul 02.00, otoritas diberitahu bahwa seorang pria dewasa telah mengaktifkan SOS darurat iPhone melalui satelit setelah terdampar.

Mengutip 9to5mac, Kamis (8/12/2022), pria itu dilaporkan sempat bepergian menggunakan snowmachine dari Noorvik ke Kotzebue.

Dilansir MacRumors, pria itu sedang melintas di lokasi yang tidak ada sinyal seluler dan dingin, sehingga mengaktifkan fitur SOS darurat via satelit di perangkat iPhone 14 miliknya.

Otoritas pun bekerja sama dengan tim Search and Rescue (SAR) lokal, Apple Emergency Response Center, dan Northwest Arctic Borough SAR Coordinator untuk menyelamatkan pria itu.

 

4 dari 4 halaman

Fitur iPhone 14 Bikin Polisi Terkesan

Tim mengerahkan empat sukarelawan pencari ke arela Nimiuk Point langsung ke koordinat GPS yang disediakan oleh Apple Emergency Response Center.

"Laki-laki dewasa ditemukan dan diangkut ke Kotzebue oleh tim pencari sukarelawan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan ke Troopers," tulis laporan Departemen tersebut.

Tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan pria itu terdampar. Namun, kegagalan mekanis dan macetnya snowmobile adalah kemungkinan yang paling besar.

Sementara itu, polisi negara bagian menyatakan terkesan dengan sistem dari fitur SOS via satelit di iPhone 14 tersebut.

Penyelamat yang terlibat di aksi itu "terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang termasuk dalam peringatan awal" dengan fitur Emergency SOS via Satelit.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.