Sukses

14 Tokoh Paling Berpengaruh di Industri Kripto Indonesia, Ada Ghozali Everyday

Berikut 14 daftar tokoh kripto yang memiliki kontribusi positif bagi industri kripto di Indonesia 2022, menurut Coinvestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut laporan DappRadar, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat adopsi kripto ketiga tertinggi di dunia, dengan lonjakan 115,59 persen.

Sementara Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) mencatat transaksi kripto di Indonesia per Januari-September 2022 sudah menyentuh sekitar Rp 266 triliun, di mana jumlah pelanggan sekitar 16,1 juta dengan 25 bursa dan 383 aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti.

Pencapaian itu tentu tidak lepas dari berbagai pihak yang terus bertahan dan optimistis untuk membangun dan memberikan dampak pada industri kripto Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi terkait hal tersebut, Coinvestasi memberikan penghargaan bertajuk "Coinvestasi's Most Impactful Figures 2022" bagi 14 tokoh dari 12 entitas/perusahaan.

“Daftar Coinvestasi's Most Impactful Figures 2022 diberikan kepada para tokoh yang bukan hanya bertahan selama kondisi market yang menantang tetapi juga terus berkontribusi memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri kripto dan web3 di Indonesia," kata Managing Director Coinvestasi, Dhila, melalui keterangannya, Rabu (18/1/2023).

<p>Coinvestasi's Most Impactful Figures 2022. Dok: Coinvestasi</p>
<p> </p>

Dengan adanya penghargaan ini, ia berharap bisa terus menjadi dorongan untuk para pelaku industri kripto dan web3 dalam menciptakan inovasi dan membangun ekosistem industri sehat bagi pengguna, regulator, maupun pelaku usaha lainnya.

Berikut ini adalah daftar tokoh kripto yang memiliki kontribusi positif bagi industri kripto di Indonesia 2022.

1. Jerry Sambuaga - Wakil Menteri Perdagangan RI (2019-2024)

Jerry Sambuaga adalah Wakil Menteri Perdagangan RI yang menjabat untuk periode 2019-2024. Di bawah masa jabatannya, segelintir keputusan terkait aset kripto diputuskan seperti daftar 383 aset kripto legal di Indonesia, adanya rencana untuk mendirikan bursa kripto Indonesia dan pengaturan pajak kripto di Indonesia.

2. Tirta Karma Senjaya - Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti

Tirta Karma Senjaya adalah Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti. Ia aktif mengedukasi soal perdagangan fisik Aset Kripto di Indonesia dengan menjadi narasumber/pembicara dalam literasi, seminar, lokakarya dan simposium sebanyak 53 kegiatan dari berbagai Kementerian/Lembaga/Universitas dan lainnya.

Tirta juga aktif memberikan masukan dan pembinaan terhadap Peraturan Bappebti Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Juga turut secara aktif membuat kajian dan evaluasi dalam rangka pengemban aset kripto di Indonesia, seperti kajian kebijakan terkait NFT, evaluasi penilaian aset kripto (AHP), kajian kebijakan ICO/ITO dan sebagainya serta turut aktif dalam upaya mewujudkan ekosistem perdagangan aset kripto di Indonesia.

3. Asih Karnengsih - Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia

Sebagai Ketua ABI, Asih Karnengsih telah berhasil berperan untuk beberapa kebijakan penting soal regulasi kripto di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah soal pajak aset kripto dan pendekatan mengenai RUU PPSK 2023, pengembangan revisi Perba 8/2021 (recently issued Perba 13/2022), pendekatan mengenai RUU PPSK, dan membangun relasi dengan industri blockchain internasional

4. Oscar Darmawan - CEO Indodax

CEO Indodax Oscar Darmawan merupakan CEO dan Founder Indodax, exchange kripto pertama di Indonesia. Oscar Darmawan memimpin Indodax dalam mendorong adopsi aset kripto di Indonesia dan kini memiliki 5,6 juta pengguna.

Oscar aktif bersama ABI membahas soal regulasi aset kripto di Indonesia. Ia juga secara terbuka memberikan transparansi soal aset kripto di wallet Indodax. Oscar Darmawan bahkan berhasil masuk ke dalam Fortune Indonesia 40 under 40.

5. Jeth Soetoyo - CEO PINTU

Jeth Soetoyo berhasil membawa bursa kripto PINTU mendapatkan pendanaan senilai 113 juta Dollar AS.

Jeth adalah kontributor tepercaya dan mitra diskusi bagi regulator untuk mengembangkan industri melalui masalah regulasi umum, pajak, dan literasi kripto baik secara individu, anggota komite aset kripto ABI maupun anggota Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO).

Lewat kepemimpinannya, Pintu telah membangun basis komunitas kripto yang kuat dan aplikasi PINTU telah diunduh lebih dari enam juta kali.

PINTU juga telah mendirikan Pintu Academy, sebuah program yang dirancang untuk mendidik dan mengajarkan pedagang kripto pemula seluk beluk perdagangan, menyesuaikan pedagang dengan fundamental kripto, serta memahami cara berinvestasi dan mengelola risiko dengan cara yang berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 hingga 10

6 dan 7. Kenneth Destian Tali & Budi - Co Founder Sermorpheus

Lewat Sermorpheus, Kenneth dan Budi berhasil mengenalkan dan mengimplemntasikan kegunaan NFT dengan cara sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari melalui tiket konser NFT.

Juga terlibat dalam industri film dengan meluncurkan NFT film 'Mencuri Raden Saleh' yang bisa dibeli dengan Rupiah.

8 dan 9. Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan - Founder dan Co Founder Paras

Rahmat dan Afiq membangun dan memimpin Paras, sebagai marketplace NFT pertama dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Dalam perjalanannya, Paras telah menorehkan prestasi dengan mendapatkan volume perdagangan lebih dari 25 juta dollar dan mendapatkan predikat marketplace NFT terbesar di Near Protocol.

10. Ghozali Everyday - Kreator NFT

Ghozali merupakan kreator koleksi NFT ‘Ghozali Everyday’. Koleksi NFT nya berhasil terjual hingga Rp 1,5 miliar di OpenSea.

Berkat koleksi NFT-nya, Ghozali berhasil menjadi fenomena meledaknya NFT di Indonesia dan meningkatkan kesadaran serta ketertarikan masyarakat terhadap NFT.

3 dari 4 halaman

11 hingga 14

11. Irene Umar - Co-Founder YGG SEA

Sebagai Co-Founder YGG SEA Irene ingin membuat ekonomi berbagai lapisan masyarakat berdaya lewat game play to earn.

YGG SEA telah memiliki lebih dari 15 ribu scholar di Asia Tenggara dalam setahun di enam negara. YGG SEA adalah Gaming Guild dengan game blockchain terbanyak yang tersedia.

12 dan 13. Grady Edbert & Jeffry Jouw (Jejouw) - Founder Karafuru

Grady dan Jerffry berhasil ciptakan rekor untuk proyek NFT Indonesia lewat Karafuru yang berhasil menorehkan transaksi senilai 1 triliiun Rupiah.

Keberhasilan keduanya turut memompa antusiasme masyarakat untuk mengenal NFT. Mereka juga berhasil menggelar festival NFT pertama di Indonesia secara luring.

14. Markus Liman Rahardja - Chief Investment Officer BRI Ventures

Punya pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia investasi, Markus Liman dengan BRI Ventures turut berperan menemukan 12 proyek dan startup Blockchain serta Web3 potensial yang layak mendapatkan pendanaan lewat program Tokocrypto Sembrani Blockchain AcceleratorHonorable Mention

Selain nama-nama yang termasuk dalam Coinvestasi’s Most Impactful Figures, Coinvestasi juga memberikan Honorable Mention kepada beberapa tokoh industri kripto yang juga turut berperan untuk meningkatkan pertumbuhan industri kripto di Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Wishunatama, Founding and Chairman Jagat Nusantara
  • Glen Ardi, Managing Director Coindesk Indonesia
  • Bryan Blanc, Co-Founder dan COO Netra
  • Pang Xue Kai, Founder Tokocrypto
  • Stephen NG, Chief of Metaverse Nusameta
  • Rudi Harli Setiawan, Founder & CEO Eizperchain
  • Arief Widhiyasa, CEO Mythic Protocol
  • Novrizal Pratama, CEO Gaspack
  • Filianingsih Hendarta, Asisten Gubernur dan Head of Payment System Policy Departement Bank Indonesia
  • Robby Bun, CCO dan Co-Founder Rekeningku
  • Desi Indarti, Crypto Mining Enterpreneur
  • Olivia Sim, CFA & Crypto Project Specialist

Di luar nama-nama di atas, tentu masih banyak pihak yang berperan untuk kemajuan kripto di Indonesia, meski mereka tidak masuk ke dalam daftar, Coinvestasi percaya mereka akan terus membantu, membangun, dan mengembangkan industri kripto di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.