Sukses

LG Tarik 56.700 TV 86 Inci karena Berisiko Terbalik, Bisa Sebabkan Kematian Pengguna

LG terpaksa menarik kembali (recall) empat model TV 86 inci karena kaki penyangganya tidak stabil sehingga menyebabkan perangkat mudah terbalik atau jatuh.

Liputan6.com, Jakarta - LG terpaksa menarik kembali (recall) empat model TV 86 inci karena kaki penyangganya tidak stabil sehingga menyebabkan perangkat mudah terbalik atau jatuh.

Terkait hal ini tidak ada cedera dalam salah satu dari 12 kasus yang dilaporkan, namun TV ini memiliki berat sekitar 100 pound (45 kg) sehingga bisa mengakibatkan cedera atau kematian pada pengguna.

"Cukup bahaya karena dapat mengakibatkan cedera atau kematian pada anak-anak dan orang lain," demikian menurut peringatan penarikan dari Komisi Keamanan Produk Konsumen (Consumer Product Safety Commission/CPSC) Amerika Serikat.

TV yang terpengaruh dijual di Walmart, Best Buy, dan Costco atau penjualan online di Amazon.com, dari Maret hingga September 2022. Mereka dijual dengan harga mulai US$ 1.100 hingga US$ 1.900. Demikian dikutip dari Digital Trends, Minggu (15/1/2023).

Sebagian besar TV yang terpengaruh totalnya berjumlah 56.700 unit: sekitar 52.000 dijual di AS, Meksiko 2.900 unit, dan Kanada 1.800 unit.

CSPC mengimbau pemilik TV yang terkena dampak untuk segera melepas kaki yang terpasang dan menempatkan TV di tempat yang aman (jauh dari jangkauan anak-anak). Namun, jika pengguna memasang TV di dinding, mereka tidak perlu khawatir.

LG membantah TV atau dudukannya berbahaya bagi pengguna dan mengklaim pemasangan dudukan yang salah bisa menyebabkan masalah.

Digital Trends menghubungi LG untuk klarifikasi dan menerima pernyataan di bawah ini melalui email.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Lengkap LG

Telah menjadi perhatian LG bahwa pemasangan dudukan yang tidak tepat pada model TV UHD LG 86 inci tertentu dapat menimbulkan kerentanan pada integritas dudukan pendukung TV.

Namun, kerentanan ini hanya terjadi jika dudukan tidak dipasang dengan benar. Saat dudukan dipasang persis seperti yang dijelaskan dalam petunjuk produk, dan semua sekrup yang disediakan digunakan dan dikencangkan dengan benar, kerusakan struktural ini tidak akan terjadi.

LG percaya bahwa produk tersebut tidak cacat dan tidak menimbulkan bahaya produk yang substansial atau risiko yang tidak masuk akal.

Keselamatan konsumen adalah hal yang sangat penting bagi LG, dan meskipun tidak ada masalah dengan produk itu sendiri, kami telah mengambil langkah-langkah untuk menginformasikan secara proaktif dan menawarkan dukungan kepada pemilik model TV yang relevan untuk menghindari risiko kerusakan, baik pada TV atau lingkungan tempat tinggal pelanggan.

Sebagai tindakan korektif utama, LG telah menawarkan instruksi tambahan kepada konsumen (baik dalam format tertulis maupun video) tentang cara melakukan inspeksi diri secara menyeluruh untuk memastikan pemasangan elemen dudukan yang benar.

Tindakan tambahan, seperti kunjungan teknisi dan sekrup baru atau elemen dudukan, juga telah dipertimbangkan sesuai situasi masing-masing.

Tidak menggunakan ketiga sekrup yang disediakan untuk memasang dudukan ke TV, atau hanya mengencangkan sebagian ketiga sekrup, dapat menimbulkan tekanan berlebihan pada area dudukan yang tersambung ke layar.

Hal ini bisa menyebabkan kemungkinan kerusakan pada dudukan dan membuat TV tidak stabil saat dipasang.

 

 

3 dari 4 halaman

Cek TV yang Terdampak

Berikut cara memeriksa apakah TV LG kamu termasuk di antara model yang terpengaruh atau tidak.

  • Keempat model tersebut adalah 86UQ8000AUB, 86UQ7070ZUD, 86UQ7590PUD, dan 86NANO75UQA
  • Nomor seri yang disertakan dimulai dengan 202RM, 203RM, 204RM, 205RM, 206RM, 207RM, atau 208RM
  • Kamu dapat menemukan nomor seri pada label di kanan bawah belakang TV, beserta nomor modelnya
  • Jika terlalu sulit untuk melihat di belakang TV, kamu juga dapat memeriksa nomor seri di layar dengan menekan tombol mute, tiga kali dengan cepat, di remote control asli LG bawaan.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pindah dari TV Analog ke TV Digital (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.