Sukses

Apple Sudah Mulai Uji Produksi iPhone 15 di Tiongkok

Dengan begini, Apple dapat mengetahui bagaimana produksi sebenarnya setelah iPhone 15 itu diselesaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut sudah melakukan uji coba produksi iPhone 15 di Tiongkok. Informasi ini didapat dari sejumlah pihak terkait hal tersebut.

Tak hanya itu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS itu juga ingin mengakselerasi jadwal produksi penerus iPhone 14 di India.

Proses bernama Pengenalan Produk baru (New Product Introduction, NPI) biasanya dilakukan pada kuartal pertama setiap tahun.

Dengan begini, Apple dapat mengetahui bagaimana produksi sebenarnya setelah iPhone terbaru itu diselesaikan.

Mengutip GSM Arena, Selasa (10/1/2023), Foxconn dilaporkan telah memulai produksi uji coba iPhone 15 series dan bertujuan untuk mengatasi masalah antar pihak yang terlibat dalam proses.

Hal itu termasuk produsen, pemasok, menguji mesin baru, dan menyempurnakan proses kualitas produksi iPhone 15.

Selain dimulainya proses NPI, laporan itu menunjukkan Apple berencana mengurangi kesenjangan antara jadwal produksi di Tiongkok dan India.

Saat ini, perusahaan memulai produksi di Tiongkok enam hingga sembilan bulan sebelum India.

Itu kemungkinan akan segera berubah setelah Apple resmi membangun hubungan kemitraan dengan pihak India.

Informasi, Apple memang belum mengungkap informasi terkait iPhone 15, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Meski begitu, bocoran informasi tentang penerus iPhone 14 series pun banyak beredar di internet.

Terkini adalah bocoran spesifikasi iPhone 15, khususnya model Pro dan iPhone 15 Pro Max dimana keduanya akan memiliki beberapa fitur baru.

Adapun beberapa fitur baru itu, termasuk bingkai titanium, tombol solid-state dengan haptic feedback, dan RAM lebih tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran Layar iPhone 15

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Bocoran informasi ini diungkap oleh analis teknologi Jeff Pu dari Haitong International Securiteis. Dia mengungkap beberapa hal terkait iPhone 15 series ini.

Dilansir MacRumors, Jumat (6/1/2023), iPhone 15 dan 15 Pro memiliki layar berukuran 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus dan 15 Pro Max 6,7 inci.

Varian iPhone 15 Pro bakal memiliki bingkai titanium dan tombol volume dan daya solid-state dengan haptic feedback.

Jeff juga memprediksi, Apple bakal menyematkan RAM 8GB di iPhone 15 Pro ketimbang model iPhone 14 Pro yang hanya pakai RAM 6GB.

Ketiga fitur ini sejalang dengan rumor iPhone 15 Pro sebelumnya yang diungkap oleh leaker ShrimpApplePro dan analis Ming-Chi Kuo.

Pu mengatakan, model iPhone 15 Pro akan ditenagai oleh chip A17 Bionic yang diproduksi dengan proses 3nm TSMC.

Sementara itu, untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dilengkapi dengan chip A16 Bionic dan RAM 6GB.

"Keempat model iPhone 15 akan memiliki port USB-C dan modem Qualcomm Snapdragon X70 untuk 5G dan LTE," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Kamera di iPhone 15

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Lebih lanjut, Pu berharap lensa telefoto pada iPhone 15 Pro Max akan ditunjang dengan teknologi periskop untuk peningkatan optical zoom.

Sedangkan untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, Apple diyakini akan menggunakan lensa kamera belakang 48 megapiksel seperti pada model iPhone 14 Pro.

Meski Apple masih tutup mulut tentang kehadiran seri penerus iPhone 14 tersebut, sebuah informasi baru tentang harga iPhone 15 beredar di internet.

Adapun harga yang menjadi pembicaraan adalah untuk model iPhone 15 Ultra, dan diungkap oleh LeaksApplePro dan Howtoisolve.

Sebelumnya, LeaksApplePro sempat mengungkap harga material untuk iPhone 15 Ultra--nama baru varian Pro Max--akan naik hingga USD 100 dibandingkan iPhone 14 Pro Max.

Kini, LeaksApplePro menyebutkan Apple akan mematok harga iPhone 15 Ultra mulai dari USD 1299 atau sekitar Rp 20 jutaan.

"Ini akan menjadi iPhone lebih mahal, meskipun untuk pasar Amerika Serikat," ungkap LeaksApplePro sebagaimana dikutip dari Forbes, Rabu 14/12/2022).

 

4 dari 4 halaman

Harga iPhone 15

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Lalu bagaimana dengan varian iPhone 15 lainnya, LeaksApplePro tidak mengungkap secara pasti apakah model selain Ultra akan mengalami kenaikan harga.

Dengan harga awal US 1299, maka kita berpotensi melihat banderol iPhone 15 Ultra dengan memori 1TB bisa mencapai USD 1799 atau Rp 28 jutaan.

iPhone 15 Ultra bakal dilengkapi dengan memori 256GB--paling standar, dual kamera selfie, dan menggunakan USB-C dengan Thunderbolt 4 (40Gbps) sebagai pengganti port Lightning.

Dalam hal bodi, Apple bakal menggunakan material titanium agar membuat ponsel barunya ini lebih tahan banting.

Seperti Apple Watch Ultra, Apple mempertimbangkan iPhone 15 Ultra ini dengan satu pilihan warnya, yakni Silver atau perak.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.