Sukses

Setahun Merger, IOH Targetkan Integrasi Jaringan Kelar di Kuartal 1 2023

Setahun setelah merger, Indosat Ooredoo Hutchison menargetkan integrasi jaringan akan selesai pada awal tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Genap setahun sudah Indosat Ooredoo merger dengan Tri Indonesia (Hutchison 3 Indonesia) menjadi Indosat Ooredoo Hutchison. Salah satu hal yang dilakukan perusahaan telko ini pasca merger adalah mengintegrasikan jaringan keduanya, sehingga menjadi lebih kuat dan memberi manfaat bagi pelanggan.

Diungkapkan oleh Director & Chief Regulatory Officer PT Indosat Ooredoo Hutchison M. Danny Buldansyah, saat ini integrasi jaringan Indosat Ooredoo dan Tri hampir selesai.

Ia menyampaikan, target 100 persen selesainya integrasi jaringan dari dua operator bakal dicapai pada akhir kuartal 1 2023.

"Ada percepatan (capaian) dari awal merger. Ketika awal merger, integrasi jaringan ditargetkan selesai 9 kuartal setelah merger. Tetapi setelah dilakukan integrasi, ternyata bisa diselesaikan di kuartal pertama 2023," kata Danny, dalam acara update media setahun Indosat Ooredoo Hutchison, di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Danny juga menjelaskan integrasi jaringan IM3 dan Tri dimaksudkan agar memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan kedua produk.

"Dengan integrasi, pertama coverage-nya makin besar. Kemudian, tentunya kualitas jaringan lebih baik karena penetrasi (jaringan) in building jadi lebih baik dan speed juga lebih cepat," ia menuturkan.

Setahun setelah merger, IOH juga mengungkap capaian lainnya, yakni keberhasilan menghadirkan jaringan 5G di sejumlah kota di Tanah Air.

Menurut Danny, hingga akhir Desember 2022, Indosat Ooredoo Hutchison telah membawa 5G ke 8 kota di seluruh Indonesia. Ke depannya, perusahaan akan menggulirkan 5G di lebih banyak kota.

"Kota-kotanya di mana saja, tunggu tanggal mainnya," ia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Integrasi Jaringan IM3 dan Tri

Sebelumnya, PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) atau IOH mengintegrasikan lebih dari 43 ribu pemancar jaringan (sites) di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan salah satu komitmen merger IOH untuk melakukan integrasi jaringan Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

Integrasi 43 ribu sites sebagian besar ditargetkan akan selesai pada akhir 2022 untuk memberikan pengalaman digital kepada pelanggan. Indosat Ooredoo Hutchison juga berkolaborasi dengan beberapa mitra strategis antara lain Huawei, Ericsson, dan Nokia dalam melakukan proyek yang diberi nama Supernova ini.

Keahlian dan pengalaman global dari masing-masing mitra berkontribusi dalam pencapaian target proyek yang termasuk integrasi jaringan dengan periode tercepat yang pernah ada untuk jaringan berskala besar ini.

3 dari 3 halaman

Apresiasi Mitra

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengapresiasi para mitra strategis yang telah mewujudkan integrasi jaringan IOH.

"Kami mengapresiasi para mitra strategis yang telah bekerja keras mewujudkan target bersama mengintegrasikan jaringan IOH dalam waktu satu tahun. Pencapaian yang sudah mencapai 50 persen ini menunjukkan bahwa dengan semangat gotong royong, tujuan besar dapat tercapai," kata Vikram dalam keterangan resminya, Selasa (20/9/2022).

Vikram berharap komitmen ini dapat terus terjaga untuk mempercepat misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia,menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.