Sukses

Piala Dunia 2022: Teknologi Bola Al Rihla Pastikan Ronaldo Tak Cetak Gol ke Gawang Uruguay

Liputan6.com, Jakarta - Gol Portugal ke gawang Uruguay dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar sempat menjadi perbincangan di kalangan penggemar sepak bola dan warganet.

Pasalnya, beberapa menyebut bahwa Cristiano Ronaldo yang mencetak gol tersebut, padahal sebenarnya adalah Bruno Fernandes.

Hal ini karena di layar, bola terlihat seakan menjebol gawang Uruguay lewat sundulan dari Ronaldo. Apalagi, ia sempat melakukan selebrasi di matchday kedua grup H tersebut.

Fakta di lapangan juga langsung diperjelas dengan tayangan lambat, dan terlihat kalau bola tidak menyentuh kepala Ronaldo. Alhasil, pencetak gol jatuh pada Bruno Fernandes.

Adidas pun mengatakan bahwa teknologi mereka mengonfirmasi Cristiano Ronaldo tidak melakukan kontak dengan bola. Hal ini seperti diungkapkan oleh perusahaan usai perdebatan terjadi.

Adidas mengatakan, dengan Connected Ball Technology di bola pertandingan resmi Adidas Al Rihla, mereka "secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam permainan."

"Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir," kata Adidas, dikutip dari The Athletic, Rabu (30/11/2022).

"Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis kami," kata mereka dalam pernyataan resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Teknologi dalam Bola Al Rihla

Bola pertandingan Al Rihla sendiri berisi sensor yang ditangguhkan di tengahnya, untuk membantu mendeteksi sentuhan yang tidak jelas dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan VAR.

Ini menjadikannya sebagai bola Piala Dunia pertama yang menampilkan inovasi semacam ini.

Bola pertandingan resmi buatan Adidas yang berjuluk Al Rihla itu memiliki sensor gerak di dalamnya, tersemat teknologi bernama Adidas Suspension System.

Sensor tersebut mencakup sensor gerak unit pengukuran inersia 500Hz, melaporkan data lokasi yang tepat pada bola 500 kali per detik.

Adidas mengklaim, teknologi ini membantu wasit membuat keputusan yang lebih tepat. Demikian sebagaimana dikutip dari Washington Post, Kamis (24/11/2022). Sederhananya teknologi bola ini disebut juga Semi-Automated Offside Technology (SAOT).

Selain itu, bola Al Rihla ditenagai baterai yang dapat diisi ulang. Teknologi sensor canggih ini diklaim tidak mencolok bagi pemain dan tak memengaruhi performa bola.

 

3 dari 3 halaman

Portugal Bungkam Uruguay 2-0

 

Timnas Portugal sendiri meraih hasil positif ketika menghadapi Timnas Uruguay pada matchday kedua grup H Piala Dunia 2022. A Selecao das Quinas menang 2-0, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Bruno Fernandes menjadi kunci kemenangan Portugal. Gelandang Manchester United tersebut memborong dua gol dalam laga di Lusail Stadium.

Terlepas dari dua golnya, Bruno Fernandes memang tampil bagus kontra Uruguay. Dia layak didapuk sebagai man of the match berkat kontribusinya untuk Portugal.

Selain Bruno Fernandes, ada sejumlah pemain yang juga punya pengaruh di balik kemenangan A Selecao das Quinas, seperti kiper Diogo Costa dengan penyelamatannya.

Termasuk Bruno Fernandes dan Diogo Costa, berikut 5 pemain terbaik Portugal saat membungkam Uruguay 2-0. Pemilihan berdasarkan rating tertinggi di laman WhoScored.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS