Sukses

Elon Musk Marah, Apple Dituding Ancam Tangguhkan Twitter di App Store

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk menuding Apple telah mengancam akan menangguhkan Twitter dari App Store. Hal itu seperti diungkapkan pemilik baru platform media sosial itu melalui akun Twitter-nya.

"Apple juga mengancam akan menangguhkan Twitter dari App Store mereka, tetapi tidak memberitahu kami mengapa," kata Musk, dikutip Selasa (29/11/2022).

Musk tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Apple mau menahan pembaruan atau update untuk Twitter, atau mengancam akan menghapus aplikasi dari toko aplikasinya sama sekali.

Dalam cuitan lainnya, Musk juga menentang "pajak" 30 persen Apple untuk pembelian dalam aplikasi. Ia juga mengklaim pemilik App Store itu telah melakukan sensor pengembang lain.

Elon Musk juga mengatakan kalau Apple "sebagian besar telah berhenti beriklan di Twitter." CEO Tesla itu pun mempertanyakan apakah produsen iPhone itu "membenci kebebasan berbicara di Amerika."

Sejauh ini, belum ada tanggapan dari Apple maupun sang CEO Tim Cook, yang akunnya juga di-mention oleh Elon Musk di Twitter soal hal tersebut.

Dikutip dari Engadget, ini bukan pertama kalinya Apple mempermasalahkan Twitter.

Dalam sebuah op-ed yang diterbitkan di The New York Times, Yoel Roth, mantan Head of Trust and Safety, Twitter mengungkapkan, peninjau App Store sering menandai konten di Twitter selama proses peninjauan aplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apple Permasalahkan Konten di Twitter

"Selama saya bekerja di Twitter, perwakilan toko aplikasi secara teratur mengemukakan kekhawatiran tentang konten yang tersedia di platform kami," tulis Roth.

Roth mencontohkan, peninjau aplikasi telah menandai contoh penghinaan rasial dan ketelanjangan di platform tersebut.

"Meski tampaknya sebagian besar didorong pemeriksaan dan anekdot manual, prosedur peninjauan ini punya kekuatan menggagalkan rencana perusahaan dan memicu krisis semua pihak selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sekaligus," katanya.

Apple diketahui memiliki aturan yang ketat, jika ditegakkan secara tidak merata, yang mengatur konten yang dapat muncul di toko aplikasinya.

Parler misalnya, sempat dihapus dari App Store selama berbulan-bulan karena aturan moderasi kontennya yang longgar. Aplikasi ini dikembalikan setelah merilis sistem moderasi berbasis kecerdasan buatan.

Pada 2018, Tumblr juga melarang konten dewasa setelah penghapusan singkat dari App Store.

3 dari 4 halaman

Elon Musk Bakal Bikin Ponsel Jika Hal Ini Terjadi

Sebelumnya, Elon Musk mengungkapkan dirinya akan mempertimbangkan pembuatan smartphone pesaing Apple dan Android jika dibutuhkan.

Rencana ponsel alternatif iPhone dan Android ini terungkap saat komentator politik konservatif Amerika, Liz Wheeler, bertanya ke Elon Musk di Twitter.

Liz bertanya, apa yang akan dilakukan oleh bos Tesla bila Twitter didepak dari toko aplikasi milik Google dan Apple.

"Saya tentu berharap tidak sampai seperti itu, tapi, ya, jika tidak ada pilihan lain, saya akan membuat ponsel alternatif," kutip cuitan Elon, Sabtu (26/11/2022).

Informasi, kabar tentang "Tesla Pi Phone" telah lama beredar di internet dan tidak berdasar. Tetapi, dengan cuitan baru-baru ini bisa jadi dorongan bagi Elon Musk untuk mewujudkan sebuah ponsel pesaing iPhone dan Android.

Kabar tentang HP Tesla memang sudah lama jadi perbincangan--walau awalnya hanya sebatas rumor. Kala itu, beredar foto atau gambar render diyakini adalah smartphone pertama Tesla. Dari bentuknya, ponsel ini terlihat seperti smartphone gaming.

Walau foto render HP Tesla itu tidak memperlihatkan bagian depannya, kita dapat mengetahui seperti apa bagian belakang, bentuk modul kamera, dan ada berapa lensa terpasang.

 

4 dari 4 halaman

Desain HP Tesla

Dilansir Gizchina, bodi belakang smartphone Tesla ini didominasi oleh warna biru langit, dan sebuah logo Tesla "T" seperti yang terpasang di beberapa lini mobil perusahaan.

Di bagian atas bodi belakang ponsel, tampak tiga lensa horizontal--seperti yang bisa kamu temukan di Google Pixel 6 series.

Bedanya, modul kamera di ponsel Tesla ini berukuran kurang dari setengah bodi belakang smartphone.

Dari segi desain, smartphone Tesla ini memang memperlihatkan ciri khas perusahaan di setiap produk buatannya, dan tidak mengikuti bentuk konvensional ponsel saat ini.

Lebih lanjut, muncul laporan yang mengatakan smartphone ini akan diberi nama Model Phone. Ini mengikuti karakteristik penamaan produk-produk Tesla lainnya.

Beberapa mengatakan, ponsel ini akan tampil dengan kamera 108MP, layar 4K, prosesor Snapdragon 898, dan memori internal hingga 2TB.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS