Sukses

Samsung Hadirkan Fitur Bixby Text Call di One UI 5, Apa Itu?

Deretan fitur baru telah diperkenalkan Samsung melalui One UI 5, salah satunya adalah Bixby Text Call.

Liputan6.com, Jakarta - Sederet fitur baru telah dihadirkan Samsung melalui pembaruan One UI 5. Salah satu yang menarik perhatian dalam pembaruan One UI ini adalah Bixby Text Call.

Secara umum, Bixby Text Call memungkinkan pengguna perangkat Samsung membalas panggilan telepon dengan teks. Fitur ini dihadirkan untuk membantu pengguna tetap dapat berkomunikasi. meski tidak bisa menjawab panggilan telepon secara langsung.

Menurut Head of Framework R&D Mobile eXperience Business Samsung Electronics, Sally Jeong, fitur ini dirilis untuk memaksimalkan produktivitas pengguna.

Pengguna dapat pakai fitur ini di situasi ketika mereka tidak bisa menjawab telepon secara langsung, seperti di perjalanan dengan subway atau di tengah rapat.

Ia menuturkan, sebelumnya hanya ada dua pilihan apabila pengguna tidak bisa menjawab panggilan telepon, yakni mengangkat atau menolaknya. Namun dengan Bixby Text Call, pengguna dimungkinkan untuk memiliki opsi lain.

"Kami juga memperkenalkan fitur Bixby Text Call yang memungkinkan Anda melanjutkan percakapan melalui pesan teks, bahkan ketika Anda benar-benar tidak bisa menerimanya," tutur Sally.

Untuk diketahui, fitur ini nantinya akan memfungsikan Bixby melakukan transkip panggilan suara dari penelpon ke teks. Selanjutnya, penerima dapat membalas transkip tersebut dengan teks, dan Bixby akan membahasakan kembali teks tersebut menjadi suara pada pihak yang melakukan panggilan telepon. 

Dengan kata lain, fitur ini akan menggabungkan fungsi panggilan suara dengan pesan teks.  

Fitur ini disebut sepenuhnya akan berjalan dalam perangkat, sehingga percakapan tersebut tidak akan diproses melalui cloud. Transkrip percakapan pun akan disimpan dalam aplikasi Call Samsung, dan audio akan langsung dihapus begitu proses pengenalan sudah dilakukan.

Saat ini, fitur Bixby Text Call baru tersedia untuk pengguna di Korea Selatan. Kendati demikian, Sally menuturkan, Samsung berencana mengembangkan fitur ini agar bisa mendukung lebih banyak bahasa di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederet Fitur Baru di Samsung One UI 5

Seperti diketahui, Samsung sudah mulai menggulirkan One UI 5 secara bertahap ke para pengguna smartphone Galaxy mereka di seluruh dunia. Dikutip dari siaran persnya, Jumat (18/11/2022), ada beberapa pembaruan yang dihadirkan Samsung melalui One UI 5.

Pertama adalah fitur Bixby Text Call yang baru, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Dengan Bixby Text Call, pengguna dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan.

Platform pintar Bixby, mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon mewakili pengguna, menunjukkan kepada pengguna apa yang dikatakan penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Samsung mengatakan, fitur ini sangat cocok untuk saat-saat ketika pengguna butuh berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising.

Sebagai catatan, versi bahasa Inggris dari Bixby Text Call direncanakan akan tersedia di awal 2023 melalui software update One UI.

Fitur baru lainnya adalah Routines, di mana pengguna bisa membuat urutan tindakan pada perangkat berdasarkan aktivitas. Selain itu ada juga Modes yang membuat pengguna dapat membuat setting yang dikustomisasi, untuk berbagai bagian yang berbeda dari kehidupan.

Sebagai contoh saat berolahraga, prioritas pengguna mungkin mematikan notifikasi untuk tetap fokus olahraga dan memutar musik. Lalu saat tidur, mematikan suara dan menurun kecerahan layar dapat membantu untuk rileks.

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru untuk membuat pengalaman lebih ramah dan mulus, mulai dari ikon aplikasi yang lebih menonjol dan sederhana, hingga skema warna yang disederhanakan.

3 dari 4 halaman

Personalisasi dan Kemampuan Mengekspresikan Diri

Notifikasi di One UI 5 juga lebih intuitif sehingga lebih mudah untuk dibaca sekilas. Ditawarkan juga tombol jawab dan tolak yang lebih jelas, untuk menerima panggilan telepon melalui pop-up call display yang didesain ulang.

Samsung juga mengatakan "personalisasi dan kemampuan untuk mengekspresikan diri juga merupakan bagian penting dari pengalaman seluler setiap orang." Untuk itu, One UI 5 mendukung kustomisasi yang mudah dan beragam secara langsung di dalam lock screen.

Dengan beberapa ketukan, pengguna bisa memangkas video untuk mengubah momen-momen menjadi kilasan di ponsel. Pengguna dapat membuat lock screen ini terasa lebih dikustomisasi dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi dari satu layar.

Widget di One UI 5 juga hadir dengan opsi baru yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home Screen tetap rapi dengan Stack Widget terbaru.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain, dan swipe kiri atau kanan untuk menggulirkan setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan efisien.

One UI 5 juga dilengkapi dengan Smart Suggestion untuk widget. Berdasarkan pola penggunaan dan konteks aktivitas seluler, fitur ini secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan yang membuat pengalaman lebih personal. Enam

4 dari 4 halaman

Di Sektor Keamanan

Di One UI 5, Samsung juga mengatakan pengguna bisa lebih mudah untuk mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke catatan, melalui ekstraksi teks cerdas.

Connected devices menu baru juga akan membantu pengguna untuk mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone. Pengguna akan bisa mengakses semua fitur yang bekerja dengan perangkat lain seperti Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.

Ada juga akses mudah ke menu Auto switch Buds, memungkinkan pengguna secara otomatis mengalihkan Buds dari satu perangkat ke perangkat lain untuk pengoperasian antar perangkat yang lebih lancar.

Di sektor keamanan, terdapat Security and privacy dashboard baru yang dirancang sesederhana mungkin, untuk mempermudah dan memahami status perangkat dengan cepat dan mudah.

Untuk memastikan informasi pribadi tetap terjaga, One UI 5 punya notifikasi di Share Panel baru yang memperingatkan pengguna jika akan tanpa sengaja membagikan foto berisi informasi yang berpotensi sensitif, seperti gambar kartu kredit atau debit, SIM, atau paspor. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.